Minggu, 29 Oktober 2017

Silabus Akutansi SMK Kelas 10 Semester 1

  Guru Kelas       Minggu, 29 Oktober 2017
Silabus Akutansi Kelas 10 (X) Semester 1 akan Admin share pada kesempatan kali ini Akses Guru untuk membantu Bapak dan Ibu dalam melengkapi perangkat pembelajaran silabus untuk jenjang SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Download silabus menjadi sebuah file yang lengkap yang dapat Anda gunakan dalam kegiatan pembelajaran di karena silabus merupakan perangkat/ program pembelajaran yang utam yang dapat menjadi landasan untuk pembuatan perangkat pembelajaran dan Administrasi Guru lainnya seperti salah satunya RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran).

Contoh Silabus Akutansi SMK Kelas 10 Semester 1

KOMPETENSI DASAR
1. Mengidentifikasi  sektor dan tanggung jawab industri
2. Menerapkan pedoman, prosedur dan aturan kerja
3. Mengelola informasi
4. Merencana kan pekerjaan dengan mempertimbang kan waktu dan sumber daya
5. Mengelola kompetensi personal

INDIKATOR
- Aspek-aspek eksternal yang mempengaruhi profesi teknisi akuntansi diidentifikasi dan dipertimbangkan dalam menjalankan pekerjaan 
- Peran dan tanggung jawab berbagai pihak yang terlibat dalam profesi teknisi akuntansi diidentifikasi dan dipertimbangkan dalam menjalankan pekerjaan
- Informasi yang berhubungan dengan hukum, peraturan, dan kode etik dikumpulkan dan dianalisa
- Informasi yang berhubungan dengan hukum, peraturan dan kode etik dalam kaitannya dengan pihak yang bersangkutan di tempat kerja ditentukan
- Ketentuan tentang praktik kerja yang relevan dipergunakan sebagai dasar untuk menjalankan pekerjaan dan pengambilan keputusan secara beretika
- Dokumen dan laporan yang relevan dibaca, dipahami dan apabila terdapat pengaruhanya didiskusikan dengan pihak-pihak terkait
- Dokumen, laporan, data dan kalkulasi-kalkulasi dianalisa, diperiksa ulang, dievaluasi dan diorganisir untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan/atau organisasi
- Informasi disajikan dalam format yang sesuai dengan kebutuhan pengguna informasi
- Tugas yang harus diselesaikan dan kondisi yang relevan
- Pekerjaan direncanakan secara mandiri maupun secara tim
- Pekerjaan direncakan untuk periode tertentu dengan mempertimbangkan sumber daya, waktu dan skala prioritas 
- Perubahan teknologi dan organisasi dapat diadaptasi
- Kebutuhan dan pengembangan profesional dan sasaran profesional diidentifikasi dan dikaji ulang secara periodik
- Kebutuhan kompetensi, otorisasi dan lisensi diidentifikasi
- Kesempatan pengembangan profesional yang menggambarkan kebutuhan dan sasaran diselesaikan dalam jangka waktu tertentu

MATERI PEMELAJARAN
- Pengaruh aspek-aspek eksternal bagi profesi teknisi akuntansi
- Pengaruh aspek-aspek eksternal  dalam pelaksanaan kerja teknisi akuntansi
- Peran dan tanggung jawab pihak yang terlibat dalam profesi akuntansi
- Pengaruh peran serta tanggung jawab dari teknisi akuntansi
- Kode etik bagi setiap pegawai
- Undang-undang dan peraturan kedinasan
- Hukum jabatan dalam pelaksanaan kerja
- Tingkat dan jenis hukuman bagi PNS
- Peraturan hukuman bagi PNS
- Kode etik PNS
- Ketentuan prosedur kerja dalam bentuk tata tertib kerja (code of conduct)
Contoh dari tata tertib kerja
- Lampiran jenis-jenis dokumen dan laporan
- Arti surat
- Administrasi surat
- Sirkulasi surat
- Pemeriksaan surat
- Pengarsipan surat
- Format dokumen 
- Tugas yang harus diselesaikan dan kondisi yang relevan
- Pekerjaan direncanakan secara mandiri maupun secara tim
- Pekerjaan direncakan untuk periode tertentu dengan mempertimbangkan sumber daya, waktu dan skala prioritas 
- Perubahan teknologi dan organisasi dapat diadaptasi
- Perencanaan  jenis tugas
- Kondisi dalam penyelesaian tugas
- Prinsip kerja sama tim
- Manfaat dan tujuan kerjasama tim
- Tugas dan tanggung jawab tim
- Arti perencanaan
- Ciri-ciri perencanaan
- Penentuan rencanaan
- Manfaat rencana
- Proses rencana
- Faktor-faktor  perencanaan
- Hubungan teknologi dan SDM
- Efisiensi,efektivitas, produktivitas pada SDM
- Menentukan tahapan rencana jenis tugas yang harus diselesaikan
- Menentukan kondisi yang relevan dalam menyelesaikan tugas
- Mengidentifikasi Prinsip bekerja sama dalam satu tim
- Menjelaskan manfaat dan tujuan bekerja sama dalam tim
- Menentukan tugas dan tanggung jawab dalam tim
- Menjelaskan pengertian perencanaan
- Mengidentifikasi ciri-ciri perencanaan
- Menentukan rencana yang baik
- Menjelaskan manfaat rencana
- Menjelaskan proses perencanaan
- Menjelaskan faktor-faktor perencanaan
- Menjelaskan hubungan teknologi dan kualitas SDM
- Menjelaskan efisiensi, efektivitas, produktivitas dan hubungannya dengan SDM
- Kebutuhan dan pengembangan profesional dan sasaran profesional diidentifikasi dan dikaji ulang secara periodik
- Kebutuhan kompetensi, otorisasi dan lisensi diidentifikasi
- Kesempatan pengembangan profesional yang menggambarkan kebutuhan dan sasaran diselesaikan dalam jangka waktu tertentu
- Pengembangan profesionalisme
- Pihak pihak yang berkepentingan dalam profesionalisme kerja
- Kompentensi pada lingkungan kerja
- Otorisasi dan lisensi pada lingkup kerja
- Standard Operating Procedures (SOP)
- Hubungan SOP dan profesionalisme
- Menjelaskan cara pengembangan profesionalisme
- Mengidentifikasi pihak-pihak yang berkepentingan dalam peningkatan profesionalisme
- Menyebutkan kompetensi yang diperlukan pada lingkup kerja
- Menjelaskan perlunya otorisasi dan lisensi pada lingkup kerja
- Menjelaskan Standard Operating Procedures (SOP)
- Menjelaskan hubungan SOP dengan pengembangan profesionalisme

KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Menyebutkan aspek-aspek eksternal yang mempengaruhi profesi teknisi akuntansi
- Menguraikan pengaruh aspek-aspek eksternal tersebut dalam menjalankan pekerjaan sebagai teknisi akuntansi
- Menyebutkan peran dan tanggung jawab pihak-pihak yang terlibat dalam profesi teknisi akuntansi
- Menguraikan pengaruh peran serta tanggung jawab dari teknisi akuntansi dalam profesi teknisi akuntansi
- Menguraikan kode etik bagi setiap jenis profesi kerja
- Menguraikan peraturan perundang-undangan dan peraturan kedinasan yang berlaku
- Menguraikan hukum jabatan dalam pelaksanan aturan kerja
- Menyebutkan tingkat dan jenis hukuman disiplin yang diterapkan bagi lingkungan pegawai negari sipil
- Menyebutkan peraturan hukuman bagi pegawai negeri sipil
- Menyebutkan kode etik yang dirumuskan dalam Panca Prasetya Kopri
- Menjelaskan ketentuan prosedur kerja  yang dituangkan dalam bentuk tata tertib kerja (code of conduct)
- Menyebutkan beberapa contoh dari tata tertib kerja guna kelancaran pekerjaan dan pengambilan keputusan
- Mendiskusikan setiap dokumen dan laporan yang relevan dari pengumpulan dan pengelolan informasi
- Menyebutkan pengertian surat
- Melakukan administrasi surat menyurat
- Menguraikan sirkulasi surat
- Melakukan pemeriksaan surat
- Melakukan  pengarsipan surat
- Menyajikan format dokumen yang sesuai dengan kebutuhan pengguna informasi
- Menentukan tahapan rencana jenis tugas yang harus diselesaikan
- Menentukan kondisi yang relevan dalam menyelesaikan tugas
- Mengidentifikasi Prinsip bekerja sama dalam satu tim
- Menjelaskan manfaat dan tujuan bekerja sama dalam tim
- Menentukan tugas dan tanggung jawab dalam tim
- Menjelaskan pengertian perencanaan
- Mengidentifikasi ciri-ciri perencanaan
- Menentukan rencana yang baik
- Menjelaskan manfaat rencana
- Menjelaskan proses perencanaan
- Menjelaskan faktor-faktor perencanaan
- Menjelaskan hubungan teknologi dan kualitas SDM
- Menjelaskan efisiensi, efektivitas, produktivitas dan hubungannya dengan SDM
- Menjelaskan cara pengembangan profesionalisme
- Mengidentifikasi pihak-pihak yang berkepentingan dalam peningkatan profesionalisme
- Menyebutkan kompetensi yang diperlukan pada lingkup kerja
- Menjelaskan perlunya otorisasi dan lisensi pada lingkup kerja
- Menjelaskan Standard Operating Procedures (SOP)
- Menjelaskan hubungan SOP dengan pengembangan profesionalisme
- Menentukan tahapan rencana jenis tugas yang harus diselesaikan
- Menentukan kondisi yang relevan dalam menyelesaikan tugas
- Mengidentifikasi Prinsip bekerja sama dalam satu tim
- Menjelaskan manfaat dan tujuan bekerja sama dalam tim
- Menentukan tugas dan tanggung jawab dalam tim
- Menjelaskan pengertian perencanaan
- Mengidentifikasi ciri-ciri perencanaan
- Menentukan rencana yang baik
- Menjelaskan manfaat rencana
- Menjelaskan proses perencanaan
- Menjelaskan faktor-faktor perencanaan
- Menjelaskan hubungan teknologi dan kualitas SDM
- Menjelaskan efisiensi, efektivitas, produktivitas dan hubungannya dengan SDM
- Menjelaskan cara pengembangan profesionalisme
- Mengidentifikasi pihak-pihak yang berkepentingan dalam peningkatan profesionalisme
- Menyebutkan kompetensi yang diperlukan pada lingkup kerja
- Menjelaskan perlunya otorisasi dan lisensi pada lingkup kerja
- Menjelaskan Standard Operating Procedures (SOP)
- Menjelaskan hubungan SOP dengan pengembangan profesionalisme

PENILAIAN
  • Tes Tertulis
  • Tes Praktik
  • Tugas-Tugas
Demikian sekilas yang dapat Admin sampaikan mengenai Silabus SMK Mata Pelajaran Akutansi Kelas 10, dan untuk lebih lengkap mengenai hal tersebut Bapak dan Ibu dapat mendownloadnya secara lengkap pada link yang telah Admin sediakan di bawah ini secara lengkap.
logoblog
Klik Bagikan sebelum Download

Thanks for reading Silabus Akutansi SMK Kelas 10 Semester 1, Silahkan Share dulu sebelum Anda Download file lengkapnya di bawah ini!

SILAHKAN SHARE/BAGIKAN DAHULU SEBELUM MENDOWNLOAD FILE LENGKAPNYA DI BAWAH INI !
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar