Minggu, 15 Oktober 2017

Silabus Bahasa Indonesia Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Tahun 2017

  Guru Kelas       Minggu, 15 Oktober 2017
Silabus Bahasa Indonesia Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Tahun 2017
Download Silabus Bahasa Indonesia Kelas 7 8 9 (VII, VIII, IX) Kurikulum 2013 Tahun 2017 SMP/ MTs atau dapat di katakan sebagai Revisi K13 ini merupakan acuan bagi guru dalam melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia agar siswa mampu mengembangkan kepercayaan diri sebagai komunikator, pemikir (termasuk pemikir imajinatif), dan menjadi warga negara Indonesia yang melek literasi dan informasi. Silabus ini bersifat fleksibel. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia secara leluasa dapat membina dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap berkomunikasi yang diperlukan siswa dalam menempuh pendidikan, hidup di lingkungan sosial, dan berkecakapan di dunia kerja.

Silabus ini (Bahasa Indonesia Kelas VII, VIII, IX Kurtilas) disusun dengan format dan penyajian/ penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable); bermakna (meaningfull); dan bermanfaat untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.

Silabus Bahasa Indonesia Kelas 7 8 9 K13 Tahun 2017

Berikut Gambaran untuk Silabus Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Tahun 2017.
Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata,tempat berse-jarah, suasana pentas seni daerah, dll) yang didengar dan dibaca.

Materi Pokok dan Materi Pembelajaran
  • Teks deskripsi
  • Pengertian teks deskripsi
  • Isi teks deskripsi
  • Ciri umum teks deskripsi
  • Struktur teks deskripsi
  • Kaidah kebahasaan (kata umum, kata khusus, makna denotasi konotasi, kata sifat,)
Kegiatan Pembelajaran
  • Mengamati modelmodel teks deskripsi.
  • Merumuskan pengertian dan menjelaskan isi teks deskripsi
  • Mendaftar ciri umum teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya.
  • Mengerjakan sejumlah kegiatan secara berkelompok dan individual untuk menentukan isi dan ciri-cirinya berdasarkan struktur dan kaidah-kaidahnya.
  • Mengidentifikasi model teks deskripsi lainnya dari berbagai sumber untuk menentu-kan isi dan ciri-cirinya.
Penilaian
Jenis tes:
1. Tulis
2. Lisan
Bentuk tes:
1. Uraian
2. Pilihan ganda
Instrumen tes:
1. Soal
2. Lembar observasi
3. Skala penilaian
4. Portofolio

Demikian yang dapat Admin tuliskan pada artikel ini mengenai Silbus Kurikulum 2013 dan untuk lebih lengkap mengenai Silabus tersebut dan silabus lainnya untuk kelas VII VIII dan IX SMP MTs K13 Tahun 2017 Bapak dan Ibu dapat langsung mendownload file lengkapnya pada link yang telah Admin sediakan di bawah ini.
logoblog
Klik Bagikan sebelum Download

Thanks for reading Silabus Bahasa Indonesia Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Tahun 2017, Silahkan Share dulu sebelum Anda Download file lengkapnya di bawah ini!

SILAHKAN SHARE/BAGIKAN DAHULU SEBELUM MENDOWNLOAD FILE LENGKAPNYA DI BAWAH INI !
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar