Maka daritu senantiasanya setiap Guru membuatkan dengan baik dan benar di sesuaika dengan materi dan bahan ajar yang di miliki. Nah di kesempatan tulisan artikel ini Admin Akses Guru akan membagikan Download RPP PPKn Kelas 10 11 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017 beserta Hasil Analisis Kompetensi nya secara lengkap.
RPP PPKn Kelas 10 11 12 K13 Tahun 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/Satu
Kelompok Mapel : Wajib Kelompok A
MateriPokok : Pelanggaran HAM
AlokasiWaktu : 3 x 2 JP
KompetensiInti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
Bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
KompetensiDasar
1.3 Menghayati nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat.
1.2 Menghayati isi dan makna pasal 28E dan 29 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2.1 Menghayati nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2.3 Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam pasal-pasal Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam berbagai aspek kehidupan idiologi, politik, ekonomi, sosial budaya.
3.9 Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM dalam rangka pelindungan dan pemajuanHAM sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
4.9 Menyaji kasus–kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan dan pemajuanHAM sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Indikator
• Menyebutkan beberapa kasus pelanggaran HAM
• Menjelaskan pengertian HAM
• Menguraikan penggolongan HAM
• menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM ditinjau Piagam HAM sedunia, nilai-nilai Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, UU No. 39 Tahun 1999
• Menghubungkan pelanggaran HAM dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan masyarakat Indonesia
• Mengungkapkan sebab terjadinya kasus-kasus pelanggaran HAM
• Mengamati data kasus-kasus pelanggaran HAM
• Mengolah data berkaitan dengan kasus pelanggaran HAM
• Menyajikan hasil laporan
TujuanPembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi Peserta didik dapat:
• Menjelaskan pengertian HAM
• Menguraikan penggolongan HAM
• Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM ditinjau Piagam HAM sedunia, nilai-nilai Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, UU No. 39 Tahun 1999
• Menghubungkan pelanggaran HAM dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan masyarakat Indonesia
• Mengungkapkan sebab terjadinya kasus-kasus pelanggaran HAM
• Menghayati dan mengamalkan ajaran agamanya
• Menghargai keyakinan Pemeluk agama lain
• Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan Peserta didik dapat:
• Mengamati data kasus-kasus pelanggaran HAM
• Mengolah data berkaitan dengan kasus pelanggaran HAM
• Menyajikan hasil laporan
MateriPembelajaran
Fakta
• Kasus pelanggaran HAM di Indonesia (contoh kasus 12 Mei 1998
• Kasus pelanggaran HAM di lingkungan setempat (contoh: kasus Kedung Ombo, Tanah Merah, TanjungPriok)
Konsep
• Pengertian HAM
• Penggolongan HAM
• Pelanggaran HAM
Prinsip
• Piagam HAM sedunia(The Universal Declaration of Human Rights)
• Nilai-nilai Pancasila
• UUD NRI Tahun 1945
• UU No. 39/1999 tentang HAM ()
MetodePembelajaran
1. Strategi : PBL
2. Pendekatan : Saintifik
3. Metode :
• Pengamatan
• Dikusi kelompok
• Presentasi
• Penugasan
Alat/Media/Bahan
• Alat : LCD proyektor, Jaringan Internet, dan computer.
• Media : Vidio Pembelajaran tentang kasus pelanggaran HAM
• Bahan ajar : Buku PPKn kelas X, UUD NRI tahun 1945, UU no 39/1999, dan The Universal Declaration of Human Rights
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Rincian Kegiatan
Pendahuluan
• Bertanya pada Peserta didik contoh kasus pelanggaran HAM yang diketahui
• Menjelaskan pelanggaran HAM juga bertentangan dengan ketentuan berbagai agama
• Menyampaikan tujuan pembelajaran
• Melaksanakan pretes lisan tentang Pelanggaran HAM
Kegiatan Inti:
Mengamati
• Membaca berbagai kasus pelanggaran HAM di Indonesia dari berbagai literatur dan media cetak
• Menyaksikan penayangan Video awal reformasi tahun 1998
Menanya
• Menanyakan sebab-sebab kasus pelanggaran HAM di Indonesia
• Menanyakan intisari dari tayangan video
Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
• Menentukan sumber data akurat yang ada di lingkungannya terkait dengan kasus pelanggaran HAM di Indonesia
• Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang kasus pelanggaran HAM di Indonesia
• Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang sebab-sebab terjadinya kasus pelanggaran HAM di Indonesia
Mengasosiasikan
• Mencari hubungan pelanggaran HAM dengan aspek social budaya da lam kehidupan masyarakat Indonesia
• Mencari hubungan pelanggaran HAM dengan nilai-nilai Pancasila dan pasal-pasal UUD NRI 1945, dan UU No. 39/1999
• Mencari hubungan pelanggaran HAM dengan Piagam HAM Internasional ( The Universal Declaration of Human Rights)
Mengkomunikasikan
• Mempresentasikan hasil analisis tentang berbagai kasus pelanggaran HAM di Indonesia
• Menyampaikan hasil temuan tentang kasus pelanggaran HAM dalam bentuk lisan, tulisan, gambar atau media lainnya
Penutup
• Bersama Peserta didik menyimpulkan Kasus pelanggaran HAM di Indonesia
• Memberikan tugas mengamati kasus pelanggaran HAM di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya
• Melaksanakan pos tes lisan
Penilaian
1. Tugas
- Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang berbagai kasus pelanggaran HAM di Indonesia, di lingkungan sekolah dan sekitarnya, dan di dunia Internasional dalam rangka kehidupan berbangsa dan bernegara
- Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan dan penugasan
- Membuat laporan hasil pengamatan dan penugasan
- Mempresentasikan hasil penugasan dan pengamatan di depan kelas
(format presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya-jawab dengan nara sumber berkaitan contoh kasus pelanggaran HAM dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya
3. Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia, dalam kehidupan lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya serta di dunia internasional dalam rangka kehidupan berbangsa dan bernegara(format portofolio terlampir)
4. Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang Kasus pelanggaran HAM
Itulah Sekilas yang dapat Admin tuliskan pada kesempatan kali ini mengenai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas X, XI, XII K13 SMA MA SMK MAK. Dan untuk lebih lengkapnya Bapak dan Ibu dapat mendownloadnya secara lengkap pada link di bawah ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar