Jumat, 10 November 2017

Analisis Kompetensi dan RPP PPKn Kelas 10 11 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017

  Guru Kelas       Jumat, 10 November 2017
Analisis Kompetensi dan RPP PPKn Kelas 10 11 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017
Analisis Kompetensi dan RPP PPKn Kelas 10 11 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017 SMA MA SMK MAK merupakan program/ perangkat pembelajaran yang harus setiap Guru miliki agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan baik dan benar. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kelas X, XI, XII K13 merupakan perkiraan atau proyeksi mengenai tindakan apa yang akan dilakukan pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran. RPP mengambarkan prosedur dan pengoraginasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan telah dijabarkan dalam silabus.dengan tujuan untuk memberikan landasan pokok bagi guru dan siswa dalam mencapai kompetensi dasar dan indikator, memberi gambaran mengenai acuan kerja jangka pendek, karena disusun dengan menggunakan pendekatan sistem, memberi pengaruh terhadap pengembangan individu siswa, karena dirancang secara matang sebelum pembelajaran, berakibat terhadap nurturant effect.

Maka daritu senantiasanya setiap Guru membuatkan dengan baik dan benar di sesuaika dengan materi dan bahan ajar yang di miliki. Nah di kesempatan tulisan artikel ini Admin Akses Guru akan membagikan Download RPP PPKn Kelas 10 11 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017 beserta Hasil Analisis Kompetensi nya secara lengkap.

RPP PPKn Kelas 10 11 12 K13 Tahun 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/Satu 
Kelompok Mapel : Wajib Kelompok A
MateriPokok : Pelanggaran HAM
AlokasiWaktu : 3 x 2 JP

KompetensiInti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
Bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

KompetensiDasar
1.3 Menghayati nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat.
1.2  Menghayati isi dan makna pasal 28E dan 29 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2.1  Menghayati nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2.3  Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam pasal-pasal Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam berbagai aspek kehidupan idiologi, politik, ekonomi, sosial budaya.

3.9 Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM dalam rangka pelindungan dan pemajuanHAM sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
4.9 Menyaji kasus–kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan dan pemajuanHAM sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Indikator
• Menyebutkan beberapa kasus pelanggaran HAM
• Menjelaskan pengertian HAM
• Menguraikan penggolongan HAM
• menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM ditinjau Piagam HAM sedunia, nilai-nilai Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, UU No. 39 Tahun 1999
• Menghubungkan pelanggaran HAM dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan masyarakat Indonesia
• Mengungkapkan sebab terjadinya kasus-kasus pelanggaran HAM
• Mengamati  data kasus-kasus pelanggaran HAM
• Mengolah data berkaitan dengan kasus pelanggaran HAM
• Menyajikan hasil laporan



TujuanPembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi  Peserta didik  dapat:
• Menjelaskan pengertian HAM
• Menguraikan penggolongan HAM
• Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM ditinjau Piagam HAM sedunia, nilai-nilai Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, UU No. 39 Tahun 1999
• Menghubungkan pelanggaran HAM dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan masyarakat Indonesia
• Mengungkapkan sebab terjadinya kasus-kasus pelanggaran HAM
• Menghayati dan mengamalkan ajaran agamanya 
• Menghargai keyakinan Pemeluk agama lain
• Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan   Peserta didik  dapat:
• Mengamati  data kasus-kasus pelanggaran HAM
• Mengolah data berkaitan dengan kasus pelanggaran HAM
• Menyajikan hasil laporan

MateriPembelajaran
Fakta
• Kasus pelanggaran HAM di Indonesia (contoh kasus 12 Mei 1998
• Kasus pelanggaran HAM di lingkungan setempat (contoh: kasus Kedung Ombo, Tanah Merah, TanjungPriok) 

Konsep
• Pengertian HAM
• Penggolongan HAM
• Pelanggaran HAM

Prinsip 
• Piagam HAM sedunia(The Universal Declaration of Human Rights)
• Nilai-nilai Pancasila
• UUD NRI Tahun 1945
• UU No. 39/1999 tentang HAM ()

MetodePembelajaran
1. Strategi : PBL
2. Pendekatan : Saintifik 
3. Metode :
• Pengamatan 
• Dikusi kelompok
• Presentasi
• Penugasan

Alat/Media/Bahan
• Alat  : LCD proyektor, Jaringan Internet, dan computer.
• Media  : Vidio Pembelajaran tentang kasus pelanggaran HAM
•   Bahan ajar : Buku PPKn kelas X, UUD NRI tahun 1945, UU no 39/1999, dan The Universal Declaration of Human Rights 
Kegiatan Pembelajaran 
Pertemuan pertama
Rincian Kegiatan
Pendahuluan
• Bertanya pada  Peserta didik  contoh kasus pelanggaran HAM yang diketahui
• Menjelaskan pelanggaran HAM juga bertentangan dengan ketentuan berbagai agama
• Menyampaikan tujuan pembelajaran
• Melaksanakan pretes lisan tentang Pelanggaran HAM

Kegiatan Inti:

Mengamati
• Membaca berbagai kasus pelanggaran  HAM di Indonesia dari berbagai literatur dan media cetak
• Menyaksikan penayangan Video awal reformasi tahun 1998

Menanya
• Menanyakan sebab-sebab kasus pelanggaran  HAM di Indonesia 
• Menanyakan intisari dari tayangan video

Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
• Menentukan sumber data akurat yang ada di lingkungannya terkait dengan kasus pelanggaran  HAM di Indonesia 
• Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang kasus pelanggaran HAM di Indonesia
• Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang sebab-sebab terjadinya kasus pelanggaran HAM di Indonesia

Mengasosiasikan
• Mencari hubungan pelanggaran HAM dengan aspek social budaya da lam kehidupan masyarakat Indonesia
• Mencari hubungan pelanggaran HAM dengan nilai-nilai Pancasila dan pasal-pasal UUD NRI 1945, dan UU No. 39/1999
• Mencari hubungan pelanggaran HAM dengan Piagam HAM Internasional ( The Universal Declaration of Human Rights)

Mengkomunikasikan
• Mempresentasikan hasil analisis tentang berbagai kasus pelanggaran HAM di Indonesia 
• Menyampaikan hasil temuan tentang kasus pelanggaran HAM dalam bentuk lisan, tulisan, gambar atau media lainnya

Penutup
• Bersama  Peserta didik  menyimpulkan  Kasus pelanggaran HAM di Indonesia
• Memberikan tugas mengamati kasus pelanggaran HAM di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya
• Melaksanakan pos tes lisan

Penilaian

1. Tugas
- Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang berbagai kasus pelanggaran  HAM di Indonesia, di lingkungan sekolah dan sekitarnya, dan di dunia Internasional dalam rangka kehidupan berbangsa dan bernegara
- Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan dan penugasan
- Membuat laporan hasil pengamatan dan penugasan
- Mempresentasikan hasil penugasan dan pengamatan di depan kelas
(format presentasi terlampir)

2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya-jawab dengan nara sumber berkaitan contoh kasus pelanggaran HAM dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya

3. Portofolio, 
Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia, dalam kehidupan lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya serta di dunia internasional dalam rangka kehidupan berbangsa dan bernegara(format portofolio terlampir)

4. Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang Kasus pelanggaran HAM  

Itulah Sekilas yang dapat Admin tuliskan pada kesempatan kali ini mengenai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas X, XI, XII K13 SMA MA SMK MAK. Dan untuk lebih lengkapnya Bapak dan Ibu dapat mendownloadnya secara lengkap pada link di bawah ini.
logoblog
Klik Bagikan sebelum Download

Thanks for reading Analisis Kompetensi dan RPP PPKn Kelas 10 11 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017, Silahkan Share dulu sebelum Anda Download file lengkapnya di bawah ini!

SILAHKAN SHARE/BAGIKAN DAHULU SEBELUM MENDOWNLOAD FILE LENGKAPNYA DI BAWAH INI !
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar