Rabu, 08 November 2017

RPP Matematikan Wajib Kelas 10, 11, 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017

  Guru Kelas       Rabu, 08 November 2017
RPP Matematikan Wajib Kelas 10, 11, 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017
RPP Matematikan Wajib Kelas 10, 11, 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017 merupakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 Kelas X, XI, XII bagian dari Program/ Perangkat Pembelajaran yang harus di miliki oleh setiap Guru yang akan melaksankan kegiatan pembelajaran.
RPP yang Admin bagikan ini dapat di katakan sebagai Contoh RPP Matematikan Wajib Kelas 10, 11, 12 K13 di karenakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran harus di buat sendiri oleh Guru yang bersangakutan sesuai dengan kondisi dan materi yang akan di berikan dan di laksankan pada kegiatan pembelajaran.

Dalam pembuat RPP Matatika Kelas X, XI, XII K13 Tahun 2017 seorang Guru harus membuatnya secara sistematis sehingga perkiraan atau proyeksi mengenai tindakan apa yang akan dilakukan pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran. RPP mengambarkan prosedur dan pengoraginasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan telah dijabarkan dalam silabus.dengan tujuan untuk memberikan landasan pokok bagi guru dan siswa dalam mencapai kompetensi dasar dan indikator, memberi gambaran mengenai acuan kerja jangka pendek, karena disusun dengan menggunakan pendekatan sistem, memberi pengaruh terhadap pengembangan individu siswa, karena dirancang secara matang sebelum pembelajaran, berakibat terhadap nurturant effect.

RPP Matematikan Wajib Kelas 10, 11, 12 Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Metematika
Peminatan : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Materi Pokok : Grafik Fungsi Eksponensial dan Logaritma
Alokasi Waktu : 18 x 45 menit (6 kali pertemuan)
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
Pertemuan Kompetensi Dasar
1 3.1 Mendeskripsikan dan menganalisis berbagai konsep dan prinsip fungsi eksponensial dan logaritma serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah 2-5 3.2 Menganalisis data sifat-sifat grafik fungsi eksponensial dan logaritma dari suatu permasalahan dan menerapkannya dalam pemecahan masalah. 4.1 Menyajikan grafik fungsi eksponensial dan logaritma dalam memecahkan masalah nyata terkait pertumbuhan dan peluruhan.
4.2 Mengolah data dan menganalisis  menggunakan variabel dan menemukan relasi berupa fungsi eksponensial dan logaritma dari situasi masalah nyata serta menyelesaikannya.
6 Ulangan Harian Indikator Pencapaian Kompetensi
Menjelaskan pengertian fungsi eksponensial
Menjelaskan pengertian fungsi logaritma
Menggambar grafik fungsi eksponensial
Menggambar grafik fungsi logaritma
Mengidentifikasi sifat-sifat fungsi eksponensial dari sutau grafik
Mengidentifikasi sifat-sifat fungsi logaritma dari suatu grafik
Menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan sifat-sifat fungsi eksponensial dan fungsi logaritma

Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I:
Melalui proses pengamatan, bertanya, bernalar, dan diskusi  peserta didik dapat:
Menjelaskan pengertian fungsi eksponensial
Menjelaskan pengertian fungsi logaritma
Menunjukkan ketelitian, mandiri, dan tanggung jawab
Menunjukkan kerjasama dan komunikasi dalam kerja kelompok
Pertemuan II:
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan peserta didik dapat:
Menggambar grafik fungsi eksponensial
Pertemuan III:
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan peserta didik dapat:
Menggambar grafik fungsi logaritma
Pertemuan IV:
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan peserta didik dapat:
Mengidentifikasi sifat-sifat dari grafik fungsi eksponensial
Mengidentifikasi sifat-sifat dari grafik fungsi logaritma
Pertemuan V:
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan peserta didik dapat:
Menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan sifat-sifat fungsi eksponensial dan fungsi logaritma
Pertemuan VI:
Ulangan

Materi Pembelajaran
Fakta
Masalah kontekstual yg berkaitan dengan eksponen dan logaritma (pertumbuhan dan peluruhan) seperti soal-soal Ujian Nasional yang setiap tahun selalu keluar atau soal-soal masuk Perguruan tinggi, dll
Grafik Fungsi eksponensial
Grafik Fungsi Logaritma
Konsep
Sifat-sifat fungsi eksponensial
Sifat-sifat fungsi logaritma
Prinsip
Fungsi y =a(bcx), Jika c 0 maka kecenderungannya disebut pertumbuhan eksponensial
Fungsi y =a(bcx), Jika c 0 maka kecenderungannya disebut peluruhan eksponensial
Prosedur
Langkah-langkah menggambar grafik fungsi eksponensial dan logaritma
Langkah-langkah menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan sifat-sifat fungsi eksponensial dan fungsi logaritma 
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model Pembelajaran : inquiry
Metode : Ceramah, diskusi kelompok,tanya jawab, dan penugasan

Alat/Media/Bahan
Alat/media : Model grafik fungsi
Bahan ajar : Buku Matematika pegangan guru, Buku Matematika pegangan siswa
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi waktu
Pendahuluan  
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
Siswa menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
Siswa menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran  serta metode yang akan dilaksanakan
Melaksanakan pre tes tentang eksponensial dan logaritma 15 menit
Inti Mengamati
Mengamati dan mencermati gambar dalam kehidupan nyata seperti mainan pperosotan, atap rumah gadang, dll secara berkelompok (yang disiapkan)
Siswa memperhatikan karakteristik gambar yang disajikan.
Menanya
Siswa mendiskusikan tentang karakteristik gambar yang diamati.
Menalar
Siswa mencari contoh lain permasalahan nyata yang berkaitan dengan fungsi eksponensial dan fungsi logaritma
Siswa membandingan karakteristik gambar dan permasalahan kehidupan nyata
Mencoba
Setiap kelompok mendeskripsikan pengertian tentang fungsi eksponensial
Setiap kelompok mendeskripsikan pengertian tentang fungsi logaritma
Mengasosiasi
Siswa menghubungkan antara pengertian fungsi eksponensial dan fungsi logaritma dari masing-masing kelompok.
Siswa menyimpulkan pengertian fungsi eksponensial dan fungsi logaritma
Guru membimbing/menilai kemampuan siswa dalam melakukan aktifitas  dan merumuskan kesimpulan
Mengomunikasikan
Siswa menyampaikan kesimpulan tentang pengertian fungsi ekponensial
Siswa menyampaikan kesimpulan tentang pengertian fungsi logaritma
Guru memberi penguatan terhadap kesimpulan yang disampaikan siswa
Guru menilai kemampuan siswa berkomunikasi lisan
Penutup  
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
Siswa merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
Siswa melakukan evaluasi pembelajaran.
Siswa saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan fungsi eksponen dan logaritma
Melaksanakan postes
Siswa mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
Penilaian
Penilaian proses
No Aspek yang dinilai Teknik Penilaian Waktu Penilaian Instrumen Penilaian Keterangan
1. Ketelitian Pengamatan Proses
Lembar Pengamatan (terlampir) Hasil penilaian nomor 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi bagi Guru Agama dan Guru PPKn
2. Kejujuran 3. Kedisiplinan 4. Kemandirian 5. Rasa ingin tahu 6. Tanggung jawab Penilaian Hasil
Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Penilaian Instrumen
Siswa dapat menjelaskan pengertian fungsi eksponensial  
Tes lisan Penugasan  
Berdasarkan pengertian fungsi eksponensial, carilah satu permasalahan nyata yang dapat digambarkan sebagai fungsi eksponensial
Siswa dapat menjelaskan pengertian fungsi logararitma  
Tes lisan
Penugasan   
Berdasarkan pengertian fungsi eksponensial, carilah satu permasalahan nyata yang dapat digambarkan sebagai fungsi logaritma
Pedoman Penskoran
Sumber Belajar
Buku Matematika pegangan siswa Kemendikbud Tahun  2013
Buku Matematika pegangan guru Kemendikbud Tahun  2013 
Demikian yang Admin dapat tuliskan mengenai RPP Matematika Kelas X, XI, XII K13 dan untuk lebih lengkap mengenai RPP tersebut untuk semua kelas Bapak dan Ibu dapat mendownload secara lengkap pada link di bawah ini.
logoblog
Klik Bagikan sebelum Download

Thanks for reading RPP Matematikan Wajib Kelas 10, 11, 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017, Silahkan Share dulu sebelum Anda Download file lengkapnya di bawah ini!

SILAHKAN SHARE/BAGIKAN DAHULU SEBELUM MENDOWNLOAD FILE LENGKAPNYA DI BAWAH INI !
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar