Kamis, 09 November 2017

Silabus Penjasorkes Kelas 10 11 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017 SMA/ MA/ SMK/ MAK

  Guru Kelas       Kamis, 09 November 2017
Silabus Penjasorkes Kelas 10 11 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017 SMA/ MA/ SMK/ MAK
Silabus Penjasorkes Kelas 10 11 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017 SMA/ MA/ SMK/ MAK Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan merupakan perangkat pembelajaran utama yang harus di miliki oleh setiap Guru karena fungsinya sangat berbagam bagi kegiatan pembelajaran dan pembuatan perangkat serta Administrasi Guru.
Silabus merupakan dasar dari pembuatan program/ perangkat pembelajaran seperti Promes, RPP dan lainnya, maka dari itu senantiasanya kita memlikinya sesuai dengan kelas yang kita Ampu yaitu kelas X, XI, XII K13.
Download Silabus Penjasorkes Kelas 10 11 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017 merupakan file yang akan Akses Guru bagikan pada kesempatan artikel ini secara lengkap, untuk membantu Bapak dan Ibu yang mungkin pada saat ini sedang mencari dan membutuhkan perangkat pembelajaran untuk mamaksimalkan kegiatan pembelajaran yang sedang di laksankan.

Silabus Penjasorkes Kelas 10 11 12 K13 Tahun 2017 

Mata Pelajaran :  Penjasorkes
Kelas :  X
Kompetensi Inti  : 
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.
3.1  Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompatdan lempar) untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) dengan koordinasi gerak yang baik.

MATERI POKOK
Sepakbola
Bolavoli
Bolabasket

PEMBELAJARAN
Mengamati
• Mencari dan membaca informasi variasi dan kombinasi teknik teknik permainan sepak bola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik, dan 
• Mengamati pertandingan sepak bola secara langsung dan atau di TV/Video dan membuat catatan tentang variasi dan kombinasi teknik dasar (mengumpan, mengontrol, menggiring, , dan menembak bola ke gawang) dan membuat catatan hasil pengamatan, atau
• Bermain sepak bola dan yang lainnya mengamati pertandingan tersebut, dan membuat catatan tentang kekuatan dan kelemahan variasi dan kombinasi (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) yang dilakukan oleh temannya selama bermain. 
Menanya
• Secara bergantian saling bertanya tentang teknik dasar sepak bola, misalnya : bagaimana jalannya bola jika (mengumpan, mengontrol, menggiring, dan menembak bola ke gawang) dengan menendang pada bagian bawah/dasar bola “bagaimana pergerakan bola?”, apa yang akan terjadi bila menendang pada titik tengah bola, berpakah kekuatan yang diberikan kepada bola untuk sampai pada titik sasaran yang akan di tuju.
• Secara bergantian saling bertanya tentang manfaat permainan sepak bola terhadap kesehatan dan otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan sepak bola.

Eksplorasi
• Mengumpan bola dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri di tempat dan sambil bergerak secara indual, berpasangan, atau berkelompok dengan menunjukkan nilai kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain 
• Mengontrol bola dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri secara indual, berpasangan, atau berkelompok dengan menunjukkan bertanggung jawab dan disiplin 
• Mengontrol bola dengan berbagai bagian tubuh 
• Menggiring bola dengan berbagai variasi menggungkan satu kaki secara individual dengan menunjukkan bertanggung jawab dan disiplin
• Menggiring bola dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri secara individual dengan menunjukkan bertanggung jawab dan disiplin
• Menembak bola dengan berbagai variasi dari berbagai sudut gawang
• Mengkombinasikan gerakan mengontrol dengan gerakan menendang menggunakan kaki kanan dan kiri 
• Mendiskusikan setiap teknik dasar keterampilan gerak sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
• Mendiskusikan kekuatan dan kelemahan  yang sering dilakukan saat melakukan variasi teknik dasar  permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
• Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan teknik dasar   permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) dengan benar dan membuat  kesimpulannya.

Mengasosiasi
• Membandingkan hasil pengamatan pertandingan sepak bola (langsung atau TV) dengan penampilan gerak di kelas dalam (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) hingga menemukan pola yang paling sesuai untuk diterapkan di dalam permainan.
• Menemukan variasi pola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) yang paling sesuai untuk kebutuhan sendiri
• Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain., merobah posisi/bagian kaki yang berkenaan dengan bola.

Mengkomunikasikan 
• Melakukan permainan sepakbola dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menerapkan variasi dan kombinasi teknik menendang, menahan, menggiring, dan menembak bola ke gawang serta menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain. 
• Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
• Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan

Mengamati
• Mencari dan membaca informasi berkaiatan dengan tentang variasi dan kombinasi teknik dasar permaian bola voli dari berbagai sumber media cetak atau elektronik 
• Peserta didik mengamati pertandingan bola voli secara langsung dan atau di TV dan membuat catatan tentang variasi dan kombinasi teknik dasar bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash).
• Peserta didik bermain bola voli dan yang lainnya mengamati pertandingan tersebut, dan membuat catatan tentang tentang variasi dan kombinasi (passing bawah, passing atas, servis, dan smash) yang dilakukan oleh temannya selama bermain. 

Menanya
• Peserta didik secara bergantian saling bertanya tentang teknik variasi dan kombinasi teknik dasar bola voli, misalnya : bagaimana jalannya bola jika (passing bawah, passing atas, servis, dan smash)  dengan cara 1, apa yang akan terjadi bila menggunakan cara 2 untuk  (passing bawah, passing atas, servis, dan smash), manakah yang lebih hasilnya, bagaiman pergerakan bola bila merobah titik perkenaan bola dengan tangan, bagaimana pergerakan bola bila merobah posisi togok dalam melakukan gerakan (passing bawah, passing atas, servis, dan smash)?
• Peserta didik saling bertanya tentang manfaat permainan bola voli terhadap kesehatan 
• Peserta didik saling bertanya tentang otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan bola voli
• Peserta didik saling bertanya tentang bagaimana bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan variasi dan kombinasi permainan bola voli

Eksplorasi
• Melakukan passing bawah dengan berbagai variasi secara individual, berpasangan, dan berkelompok dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
• Melakukan passing atas dengan berbagai variasi secara individual, berpasangan, dan berkelompok dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
• Melakukan servis dengan berbagai variasi secara individual dan berpasangan dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
• Melakukan smesh dengan berbagai variasi secara individual, berpasangan, dan berkelompok dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
• Mengkombinasikan gerak melompat dan memukul bola
• Mendiskusikan setiap teknik dasar variasi teknik permaian bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash)  dengan benar dan membuat kesimpulannya.
• Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan teknik variasi permaian bola voli permainan bola  voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash)  dengan benar dan membuat kesimpulannya.
• Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi teknik dasar permaian bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash)  dengan benar dan membuat  kesimpulannya.

Mengasosiasi
• Menemukan hubungan perkenaan bola dengan tangan dengan jalannya/pergerakan bola saat melakukan passing
• Menemukan hubungan posisi togok dengan jalannya/pergerakan bola 
• Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam variasi dan kombinasi teknik  permaian bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash) dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.

Mengkomunikasikan 
• Melakukan permainan bola voli dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menerapkan variasi dan kombinasi teknik permainan bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash)  serta menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain. 
• Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
• Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan

Mengamati
• Mencari dan membaca informasi tentang teknik variasi dan kombinasi teknik permainan bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik dan membuat laporannya. 
• Peserta didik mengamati pertandingan bola basket secara langsung dan atau di TV dan membuat catatan tentang teknik variasi dan kombinasi teknik permainan bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket).
• Peserta didik bermain bola basket dan yang lainnya mengamati pertandingan tersebut, dan membuat catatan tentang teknik variasi dan kombinasi teknik permainan bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket) yang dilakukan oleh temannya selama bermain. 

Menanya
• Peserta didik secara bergantian saling mempertanyakan dalam kegiatan praktik tentang teknik dasar bola basket, misalnya : bagaimana jalannya bola jika (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket)   dengan cara 1, apa yang akan terjadi bila menggunakan cara 2 untuk  (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket) manakah yang lebih hasilnya?
• Peserta didik saling bertanya tentang manfaat permainan bola basket terhadap kesehatan 
• Peserta didik saling bertanya tentang otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan bola basket
• Peserta didik saling bertanya tentang bagaimana bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan variasi dan kombinasi permainan bola basket

Eksplorasi
Variasi dan kombinasi bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket) 
• Memantulkan bola dengan berbagai variasi menggunakan tangan kanan dan tangan kiri dalam posisi di tempat dan bergerak secara individu dengan menunjukkan nilai percaya diri dan disiplin.
• Melemparkan bola dengan berbagai varisi menggunakan satu tangan dan dua tangan ke berbagai arah dalam posisi di tempat dan sambil bergerak secara individu dengan menunjukkan nilai percaya diri dan disiplin.
• Menembakan bola ke jaring dengan berbagai variasi menggunakan satu atau dua tangan dalam posisi diam dan bergerak secara individu dengan menunjukkan nilai percaya diri dan disiplin.
• Melakukan gerakan lay up dengan berbagai variasi menggunakan tangan kanan dan tangan kiri secara individu dengan menunjukkan nilai percaya diri dan disiplin.
• Melemparkan dan menangkap bola menggunakan satu atau dua tangan dengan berbagai variasi dalam posisi diam dan bergerak secara berpasangan atau berkelompok dengan menunjukkan nilai kerjasaman, percaya diri, disiplin dan toleransi.
• Mendiskusikan setiap teknik dasar keterampilan gerak bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket)  dengan benar dan membuat kesimpulannya.
• Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan teknik dasar  permainan bola  basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket)  dengan benar dan membuat kesimpulannya.
• Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan teknik dasar   permainan bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket) dengan benar dan membuat  kesimpulannya.

Mengasosiasi
• Membandingkan hasil pengamatan pertandingan bola basket (langsung atau TV) dengan penampilan gerak di kelas dalam (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket).
• Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket) dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.  

Mengkomunikasikan 
• Melakukan permainan bola voli dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menerapkan variasi dan kombinasi teknik permainan bola basket ( melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket) yang telah dipelajari serta menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
• Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
• Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan

PENILAIAN
Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor
Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas
Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan gerak
Tes:
Prinsp dan  konsep keterampilan gerak
Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor
Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas
Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan geak
Tes:
Prinsp dan  konsep keterampilan gerak
Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor
Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas
Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan geak
Tes:
Prinsp dan  konsep keterampilan gerak

ALOKASI WAKTU
5 X 3 JP

SUMBER BELAJAR
• Bola sepak
• Lapangan sepakbola
• Tiang gawang
• Tiang pancang
• Peluit
• TV
• Video
• Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI, 
• Bola voli
• Lapangan bolavoli
• Net/jaring 
• Peluit
• Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI
• Bola basket
• Lapangan bola basket
• Ring/basket 
• Peluit
Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

Itulah sekilas gambaran yang dapat Admin tuliskan untuk salah satu Silabus Penjasorkes Kelas X XI XII K13 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Dan untuk lebih lengkap mengenai Silabus tersebut Bapak dan Ibu dapat mendownloadnya secara lengkap pada link yang telah Admin sediakan di bawah ini untuk semua kelas.
logoblog
Klik Bagikan sebelum Download

Thanks for reading Silabus Penjasorkes Kelas 10 11 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017 SMA/ MA/ SMK/ MAK, Silahkan Share dulu sebelum Anda Download file lengkapnya di bawah ini!

SILAHKAN SHARE/BAGIKAN DAHULU SEBELUM MENDOWNLOAD FILE LENGKAPNYA DI BAWAH INI !
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar