Kamis, 09 November 2017

Silabus PPKn Kelas X, XI, XII K13 Tahun 2017

  Guru Kelas       Kamis, 09 November 2017
Silabus PPKn Kelas X, XI, XII K13 Tahun 2017
Silabus PPKn Kelas X, XI, XII / 10, 11, 12 K13 Tahun 2017 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan bagian dari Program/ Perangkat Pembelajaran yang harus di miliki oleh Ada Bapak dan Ibu yang mengapu mata pelajara tersebut pada jenjang SMA/ MA/ SMK/ MAK Kurikulum 2013.
Silabus PPKn Kelas 10 11 12 Kurikulum 2013 merupakan landasan untuk membuat perangkat pembelajaran lainnya, maka dari itu dalam pembuatnya silabus selalu di dahulukan agar yang lainnya dapat segera di buat/ di kerjakan.

Download Silabus PPKn Kelas X, XI, XII K13 Tahun 2017 akan Admin Akses Guru bagikan untuk melengkapi perangkat pembelajaran yang mungkin belum Anda miliki atau membutuhkan yang terbaru. Silabus yang Admin bagikan ini bersumber dari rekan kerja yang tentunya dapat di rekomendasikan untuk Bapak dan Ibu gunakan.

Silabus PPKn Kelas 10 11 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017

Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Kelas : X (sepuluh)
Kompetensi Inti   

1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan 
bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat.
1.2 Menghayati isi dan makna pasal 28E dan 29 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 
2.1 Menghayati nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
2.2 Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
2.3 Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam berbagai aspek kehidupan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan (ipoleksosbudhankam).

2.4 Mengamalkan sikap toleransi antarumat beragama dan kepercayaan dalam hidup   bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara..
2.5 Mengamalkan perilaku toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.
2.6 Mengamalkan nilai dan budaya demokrasi dengan mengutamakan prinsip musyawarah mufakat dalam kehidupan sehari-hari dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
3.1 Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM dalam rangka pelindungan dan pemajuan HAM sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
4.1 Menyaji kasus–kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan dan pemajuan HAM sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara


3.2 Memahami pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.2 Menyaji hasil telaah pokok-pokok pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.3 Memahami bentuk dan kedaulatan Negara sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3 Menyaji hasil telaah bentuk dan kedaulatan negara sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.4 Memahami hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.4 Menyaji hasil telaah hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 
4.9.1 Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender 
3.5 Memahami sistem hukum dan peradilan nasional dalam lingkup NKRI.
4.5 Menyaji hasil telaah sistem hukum dan peradilan nasional dalam lingkup NKRI
3.6 Menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
4.6 Menyaji analisis penanganan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
3.7 Menganalisis indikator ancaman terhadap negara dalam membangun integrasi nasional dengan bingkai BhinnekaTunggal Ika. 
4.7 Menyaji hasil analisis tentang indikator ancaman terhadap negara dalam membangun integrasi nasional dengan bingkai Bhinneka Tunggal Ika. 
4.9.2  Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional
3.8 Memahami pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari konteks sejarah dan geopolitik Indonesia.
4.7 Menyaji analisis tentang pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari konteks sejarah dan geopolitik Indonesia

Materi Pokok
1. Kasus Pelanggaran HAM      
2. Upaya-Upaya Penegakan HAM di Indonesia
1. Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
1. Makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
1. Bentuk Negara dan Pemerin-tahan
2. Sistem Pemerinta-han Negara
3. Kedaulatan Negara
1. Hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2. Otonomi daerah 
1. Sistem hukum dalam NKRI
2. Sistem peradilan Indonesia 
1. Pelanggaran hak
2. Pengingkaran kewajiban 
1. Ancaman terhadap negara Indonesia 
Kesadaran berbangsa dan bernegara 

Pembelajaran
Mengamati
Membaca berbagai  kasus pelanggaran  HAM di Indonesia dari berbagai media cetak
Mengamati berbagai  kasus pelanggaran  HAM yang terjadi dilingkungan masyarakat sekitar 
Mendengar dan menyimak berbagai  kasus pelanggaran  HAM yang terjadi di Indonesia dari berbagai media elektronik 
Menanya
Mempertanyakan contoh- contoh kasus pelanggaran HAM yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
Menentukan sumber data akurat yang ada di lingkungannya berkaitan dengan kasus-kasus pelanggaran HAM 
Mengumpulkan data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang kasus pelanggaran HAM di Indonesia
Mengasosiasikan
Mencari hubungan pelanggaran HAM dengan aspek sosial–budaya dalam masyarakat Indonesia
Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan kasus pelanggaran HAM di Indonesia 
Mengomunikasikan
Mempresentasikan berbagai kasus pelanggaran HAM di wilayahnya berdasarkan hasil temuannya di lapangan
Menyampaikan hasil temuan  tentang kasus pelanggaran HAM dalam bentuk lisan, tulisan, gambar atau media lainnya
Mengamati
Membaca dari berbagai sumber tentang pemajuan,penghormatan dan  penegakan  dan Pengadilan HAM di Indonesia
Menanya
Mempertanyakan  proses pemajuan, penghormatan dan penegakan HAM  di wilayahnya serta hambatan yang ditemukan 
Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
Mengumpulkan data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang upaya pemajuan, penghormatan dan penegakan HAM  di Indonesia 
Mengasosiasikan
Mencari hubungan upaya penegakkan HAM dan berbagai tantangannya di Indonesia 
Mengomunikasikan
Membuat kesimpulan tentang pemajuan, penghormatan dan penegakan HAM  .
Mempresentasikan hasil pengumpulan data tentang penanganan beberapa kasus pelanggaran HAM di Indonesia
Menyampaikan  beberapa tokoh dan lembaga yang bergerak dalam penegakan HAM
Mengamati
Membaca dan menganalisa Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 
Menanya
Bertanya jawab tentang Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
Mengumpulkan data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengasosiasikan
Mencari hubungan  alinea satu sampai alinea empat  dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengomunikasikan
Mempresentasikan hasil diskusi tentang Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengamati
Menyimak makna  pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 
Menanya
Menanyakan makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
Mengumpulkan data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengasosiasikan
Mencari hubungan makna pokok pikiran yang  terkandung dari  alinea satu sampai empat dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengomunikasikan
Mempresentasikan makna pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengamati
Membaca dari berbagai sumber tentang bentuk negara dan pemerintahan yang sesuai dengan UUD NRI tahun 1945
Menanya
Menanya tentang bentuk negara dan pemerintahan yang  sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945
Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
Mengumpulkan data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang bentuk Negara dan pemerintah yang sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945
Mengasosiasikan
Mencari hubungan antara bentuk Negara dan pemerintah Republik Indonesia dengan 
Mengomunikasikan
Menyimpulkan hasil diskusi tentang bentuk Negara dan pemerintahan Indonesia sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945
Meyajikan hasil diskusi tentang bentuk Negara dan pemerintahan Indonesia sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945
Mengamati
Membaca dari berbagai literatur tentang sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia
Menanya
Menanya tentang sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia
Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
Mengumpulkan data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia 
Mengasosiasikan
Mencari hubungan antara sistem pemerintahan  Indonesia yang ada di Indonesia dengan sistem pemerintah yang sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945 
Mengomunikasikan
Mempresentasikan sistem pemerintahan Indonesia yang sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945
Mengamati
Mencari dari berbagai sumber tentang pengertian kedaulatan dan macam-macam kedaulatan negara
Menanya
Menanya  tentang kedaulatan Negara
Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
Mengumpulkan data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang kedaulatan Negara Republik Indonesia 
Mengasosiasikan
Mencari hubungan pasal-pasal UUD NRI tahun 1945 dengan  kedaulatan negara  
Mengomunikasikan
Menyimpulkan dasil diskusi tentang  kedaulatan negara Indonesia sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945
Mempresentasikan hasil pengumpulan data tentang kedaulatan negara Indonesia sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945
Mengamati
Membaca  dari berbagai sumber tentang hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Menanya
Menanya tentang hubungan structural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD NRI Tahun 1945
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
Mengumpulkan data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Mengasosiasikan
Mencari hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Mengomunikasikan
Menyimpulkan hasil pengumpulan data tentang pelaksanaan hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Mempresentasikan tentang pelaksanaan hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Mengamati
Membaca  berbagai media  mengenai  pelaksanaan otonomi daerah di wilayahnya 
Menanya
Menanya tentang pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia
Mengasosiasikan
Mencari hubungan antara pelaksanaan otonomi daerah dengan pembangunan yang dilakukan di daerahnya masing-masing
Mengomunikasikan
Mempresentasikan hasil kajian  pelaksanaan otonomi daerah di wilayahnya 
Mengamati
Membaca  tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan hukum, dan sumber serta urutan peraturan hukum di Indonesia 
Menanya
Menanya tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan hukum, dan sumber serta urutan peraturan hukum di Indonesia 
Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan hukum, dan sumber serta urutan peraturan hukum di Indonesia 
Mengasosiasikan
Mencari hubungan rasa keadilan masyarakat dengan  sistem hukum di Indonesia
Mengomunikasikan
Mempresentasikan  hasil diskusi tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan hukum, dan sumber serta urutan peraturan hukum di Indonesia 
Mengamati
Mencari informasi tentang pengertian, tujuan, macam-macam peradilan di Indonesia
Menanya
Menanya tentang sistem peradilan di Indonesia, perangkat lembaga peradilan, macam-macam lembaga peradilan, dan peran lembaga peradilan
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang sistem peradilan di Indonesia 
Mengasosiasikan
Mencari hubungan proses peradilan dengan putusan pengadilan yang berbeda-beda pada kasus yang sama
Mengomunikasikan
Mempresentasikan hasil diskusi tentang  sistem peradilan nasional dalam lingkup NKRI
Mengamati
Membaca  dari berbagai media (cetak dan elektronik)  tentang contoh kasus pelanggaran hak 
Menanya
Menanya  tentang berbagai bentuk contoh kasus pelanggaran hak 
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang berbagai contoh kasus pelanggaran hak 
Mengasosiasikan
Mencari hubungan antara pelanggaran hak dengan penanganan pelanggaran hak yang berbeda-beda pada kasus yang sama 
Mengomunikasikan
Mempresentasikan hasil diskusi tentang berbagai contoh kasus pelanggaran hak 
Mengamati
Membaca  dari berbagai media (cetak dan elektronik)  tentang contoh kasus pengingkaran kewajiban 
Menanya
Menanya  tentang berbagai  kasus pengingkaran kewajiban 
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang berbagai kasus pengingkaran kewajiban 
Mengasosiasikan
Mencari hubungan antara kasus pengingkaran kewajiban dengan rasa tanggungjawab pribadi 
Mengomunikasikan
Mempresentasikan hasil diskusi tentang berbagai bentuk kasus pengingkaran kewajiban 
Mengamati
Membaca  dari berbagai media (cetak dan elektronik)  tentang contoh kasus ancaman terhadap negara Indonesia 
Menanya
Menanya  tentang berbagai bentuk ancaman terhadap negara Indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang berbagai bentuk ancaman terhadap negara Indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Mengasosiasikan
Mencari hubungan antara ancaman yang dilakukan terhadap Indonesia dengan lemahnya rasa kebhinneka Tunggal Ikaan warganegara    
Mengomunikasikan
Mempresentasikan hasil diskusi tentang berbagai bentuk ancaman terhadap Negara kesatuan Republik Indonesia 
Mengamati
Membaca dari berbagai literature tentang bentuk-bentuk kesadaran berbangsa dan bernegara dalam  konteks sejarah dan geopolitik Indonesia 
Menanya
Menanya tentang kesadaran berbangsa dan bernegara dalam  konteks sejarah dan geopolitik Indonesia 
Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang kesadaran berbangsa dan bernegara dalam  konteks sejarah dan geopolitik Indonesia
Mengasosiasikan
Mencari hubungan antara kesadaran berbangsa dan bernegara dalam  konteks sejarah dan geopolitik Indonesia
Mengomunikasikan
Melaporkan hasil pengumpulan data berkaitan dengan kesadaran berbangsa dan bernegara dalam  konteks sejarah dan geopolitik Indonesia

Penilaian
1. Tugas: 
- Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang berbagai  kasus pelanggaran  HAM di Indonesia
- Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
- Membuat laporan hasil pengamatan 
- Mempresentasi-kan hasil laporan di depan kelas 
(format presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan contoh kasus pelanggaran HAM dalam kehidupan sehari-hari 
3. Portofolio, 
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang kasus pelanggaran HAM yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara (format portofolio terlampir)
4. Tes 
digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang 
kasus pelanggaran HAM  
1. Tugas: 
- Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang pemajuan,penghormatan dan  penegakan  dan Pengadilan HAM di Indonesia
- Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
- Membuat laporan hasil pengumpulan data
- Mempresentasi-kan hasil laporan di depan kelas 
   (format presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan upaya penegakkan HAM dan berbagai tantangannya di Indonesia 
3. Portofolio, 
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang upaya penegakkan HAM dan berbagai tantangannya di Indonesia 
 (format portofolio terlampir)
4. Tes 
digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang upaya penegakkan HAM dan berbagai tantangannya di Indonesia 
1. Tugas: 
- Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
- Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
- Membuat laporan hasil pengumpulan data
- Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas 
(format presentasi terlampir)
5. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
6. Portofolio, 
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang Pembukaan UUD NRI Tahun 1945  (format portofolio terlampir)
7. Tes 
digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang 
Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
1. Tugas: 
- Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
- Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
- Membuat laporan hasil pengumpulan data
- Mempresentasi-kan hasil laporan di depan kelas 
(format presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
3. Portofolio, 
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945  (format portofolio terlampir)
4. Tes 
digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang makna pokok-pokok yang terkandung dalam 
Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
1. Tugas: 
- Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang bentuk negara dan pemerintahan yang sesuai dengan UUD NRI tahun 1945
- Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
- Membuat laporan hasil pengumpulan data
- Mempresentasi-kan hasil laporan di depan kelas 
(format presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan bentuk negara dan pemerintahan yang sesuai dengan UUD NRI tahun 1945
3. Portofolio, 
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang bentuk negara dan pemerintahan yang sesuai dengan UUD NRI tahun 1945 (format portofolio terlampir)
4. Tes 
digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang bentuk negara dan pemerintahan yang sesuai dengan UUD NRI tahun 1945
1. Tugas: 
- Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia 
- Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
- Membuat laporan hasil pengumpulan data
- Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas 
(format presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia 
3. Portofolio, 
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia (format portofolio terlampir)
4. Tes 
digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia 
1. Tugas: 
- Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang kedaulatan dan macam-macam kedaulatan negara
- Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
- Membuat laporan hasil pengumpulan data
- Mempresentasi-kan hasil laporan di depan kelas 
(format presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan kedaulatan dan macam-macam kedaulatan negara 
3. Portofolio, 
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang kedaulatan dan macam-macam kedaulatan negara (format portofolio terlampir)
4. Tes 
digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang kedaulatan dan macam-macam kedaulatan negara 
1. Tugas: 
- Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
- Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
- Membuat laporan hasil pengumpulan data
- Mempresentasi-kan hasil laporan di depan kelas 
(format presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan hubungan structural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD NRI Tahun 1945
3. Portofolio, 
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang hubungan structural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD NRI Tahun 1945 (format portofolio terlampir)
4. Tes 
digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang hubungan structural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD NRI Tahun 1945
1. Tugas: 
- Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang pelaksanaan otonomi daerah  
- Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
- Membuat laporan hasil pengumpulan data
- Mempresentasi-kan hasil laporan di depan kelas 
(format presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan pelaksanaan otonomi daerah di wilayahnya 
3. Portofolio, 
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang pelaksanaan otonomi daerah di wilayahnya (format portofolio terlampir)
4. Tes 
digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang pelaksanaan otonomi daerah di wilayahnya 
1. Tugas: 
- Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan hukum, dan sumber serta urutan peraturan hukum di Indonesia 
- Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
- Membuat laporan hasil pengumpulan data
- Mempresentasi-kan hasil laporan di depan kelas 
(format presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan hukum, dan sumber serta urutan peraturan hukum di Indonesia 
3. Portofolio, 
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan hukum, dan sumber serta urutan peraturan hukum di Indonesia 
 (format portofolio terlampir)
4. Tes 
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan hukum, dan sumber serta urutan peraturan hukum di Indonesia 
1. Tugas: 
- Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan hukum, dan sumber serta urutan peraturan hukum di Indonesia 
- Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
- Membuat laporan hasil pengumpulan data
- Mempresentasi-kan hasil laporan di depan kelas 
(format presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan sistem peradilan di Indonesia, perangkat lembaga peradilan, macam-macam lembaga peradilan, dan peran lembaga peradilan
3. Portofolio, 
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang sistem peradilan di Indonesia, perangkat lembaga peradilan, macam-macam lembaga peradilan, dan peran lembaga peradilan
 (format portofolio terlampir)
4. Tes 
digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang sistem peradilan di Indonesia, perangkat lembaga peradilan, macam-macam lembaga peradilan, dan peran lembaga peradilan
1. Tugas: 
- Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang contoh kasus pelanggaran hak 
- Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
- Membuat laporan hasil pengumpulan data
- Mempresentasi-kan hasil laporan di depan kelas 
(format presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan contoh kasus pelanggaran hak 
3. Portofolio, 
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang contoh kasus pelanggaran hak 
 (format portofolio terlampir)
4. Tes 
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang contoh kasus pelanggaran hak 
1. Tugas: 
- Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang contoh kasus pengingkaran kewajiban 
- Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
- Membuat laporan hasil pengumpulan data
- Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas 
(format presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan contoh kasus pengingkaran kewajiban 
3. Portofolio, 
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang contoh kasus pengingkaran kewajiban 
 (format portofolio terlampir)
4. Tes 
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang contoh kasus pengingkaran kewajiban 
1. Tugas: 
- Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang contoh kasus ancaman terhadap negara Indonesia
- Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
- Membuat laporan hasil pengumpulan data
- Mempresentasi-kan hasil laporan di depan kelas 
(format presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan contoh kasus ancaman terhadap negara Indonesia 
3. Portofolio, 
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang contoh kasus ancaman terhadap negara Indonesia
 (format portofolio terlampir)
4. Tes 
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang contoh kasus ancaman terhadap negara Indonesia 
1. Tugas: 
- Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang bentuk-bentuk kesadaran berbangsa dan bernegara dalam  konteks sejarah dan geopolitik Indonesia 
- Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
- Membuat laporan hasil pengumpulan data
- Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas 
(format presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan bentuk-bentuk kesadaran berbangsa dan bernegara dalam  konteks sejarah dan geopolitik Indonesia 
3. Portofolio, 
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang bentuk-bentuk kesadaran berbangsa dan bernegara dalam  konteks sejarah dan geopolitik Indonesia  (format portofolio terlampir)
4. Tes 
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang bentuk-bentuk kesadaran berbangsa dan bernegara dalam  konteks sejarah dan geopolitik Indonesia 

Alokasi Waktu
3 minggu x JP
2 minggu x JP

Sumber Belajar
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya 
Media cetak dan elektronik

Itulah Sekilas yang dapat Admin tuliskan pada kesempatan artikel ini mengenai Silabus PPKn Kelas X, XI, XII K13 Tahun 2017 SMA MA SMK MAK, dan untuk lebih lengkap mengenai Silabus tersebut untuk semua Kelas, Bapak dan Ibu dapat mendownloadnya secara lengkap pada link di bawah ini.
logoblog
Klik Bagikan sebelum Download

Thanks for reading Silabus PPKn Kelas X, XI, XII K13 Tahun 2017, Silahkan Share dulu sebelum Anda Download file lengkapnya di bawah ini!

SILAHKAN SHARE/BAGIKAN DAHULU SEBELUM MENDOWNLOAD FILE LENGKAPNYA DI BAWAH INI !
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar