Kamis, 02 November 2017

Silabus Sastra dan Bahasa Inggris SMA/ MA Kelas 10 11 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017

  Guru Kelas       Kamis, 02 November 2017
Silabus Sastra dan Bahasa Inggris SMA MA Kelas 10 11 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017
Silabus Sastra dan Bahasa Inggris SMA/ MA Kelas 10 11 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017 ini Admin bagikan sebagai pelengkap Perangkat Pembelajaran bagi Anda Bapak dan Ibu yang mengajar pada mata pelajaran B.Inggris Peminat untuk Kelas X XII XII K13. Secara umum kompetensi Bahasa Inggris Umum di SMA/MA adalah kemampuan berkomunikasi dalam tiga jenis teks, (1) interpersonal, (2) transaksional, dan (3) fungsional, secara lisan dan tulis, pada tataran literasi informasional, untuk melaksanakan fungsi sosial, dalam konteks kehidupan personal, sosial budaya, akademik, dan profesi, dengan menggunakan berbagai bentuk teks, dengan struktur yang berterima secara koheren dan kohesif  serta unsur-unsur kebahasaan secara tepat.

Download Silabus Mata Pelajaran Sastra dan Bahasa Inggris Kelas 10 11 12 Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017 bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal.  Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan peserta didik.

Dengan didasarkan pada pengajaran berbasis teks, silabus Sastra dan Bahasa Inggris menekankan pada peningkatan kemampuan peserta didik untuk menggunakan bahasa Inggris dalam berbagai jenis teks. Teks dipelajari bukan sebagai sasaran akhir, tetapi sebagai alat untuk melakukan berbagai aktivitas dalam kehidupan nyata. Pada tingkat menengah ini, materi ajar terdiri atas teks-teks sederhana.

Silabus Sastra dan Bahasa Inggris SMA/ MA Kelas 10 11 12 K13 Tahun 2017

Berikut Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran, Dan  Kegiatan Pembelajaran Silabus Sastra dan Bahasa Inggris SMA/ MA Kelas X XI XII Kurikulum 2013 Tahun 2017.
Berikut Admin gambarkan Sekilas Kelas 10 Kurikulum 2013 Tahun 2017.
Kompetensi Dasar
3.1. Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/ bank/instansi lain, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan informasi yang relevan, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1. Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/bank/instansi lain, terkait jati diri dan informasi yang relevan
3.2. Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should+(simple), should+(continuous), should+(perfect))
4.2. Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
3.3. Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan will+(simple), will+(continuous), will+(perfect))
4.3. Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
3.4. Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan setara antara dua benda/tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan both ... and; not only ... but also; either ... or; neither ... nor)
4.4. Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi yang mengandung hubungan setara antara dua benda/tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

3.5. Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recount lisan dan tulis dalam bentuk biografi dengan memberi dan meminta informasi terkait tokoh terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.5. Teks recount dalam bentuk biografi
4.5.1. Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks recount lisan dan tulis, dalam bentuk biografi terkait tokoh terkenal
4.5.2. Menyusun teks recount lisan dan tulis, dalam bentuk biografi, terkait tokoh terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
3.6. Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan/menjadi sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan too ... to ..., ... enough to...)
4.6. Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan/menjadi sesuatu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
3.7. Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk iklan dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan (event), sesuai dengan konteks penggunaannya
4.7. Iklan kegiatan (event)
4.7.1. Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk iklan kegiatan (event)
4.7.2. Menyusun teks khusus dalam bentuk iklan kegiatan (event), lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
3.8. Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X sesuai dengan konteks penggunaannya
4.8. Teks report
4.8.1. Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks report lisan dan tulis, terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X
4.8.2. Menyusun teks report lisan dan tulis, terkaitteknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
3.9. Menafsirkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk proverb dan riddle, dengan memberi dan meminta informasi terkait kehidupan remaja sesuai dengan konteks penggunaannya
4.9. Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus proverb dan riddle terkait kehidupan remaja
3.10. Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA

4.10. Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA

Materi Pembelajaran
Fungsi sosial 
Memberikan data dan informasi yang tepat dan pada tempat yang tepat
Struktur teks
Struktur formulir dapat mencakup
- informasi yang digunakan di perusahaan, bank, dan instansi lainnya.
- informasi rinci dan informasi tertentu dari formulir isian yang digunakan di perusahaan, bank, dan instansi lainnya

Unsur kebahasaan
- Ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan formulir isian yang digunakan di perusahaan, bank, dan instansi lainnya.
- Pola pertanyaan yang lazim dalam formulir isian.
- Kata kerja dalam bentuk past tense, simple present tense, dan future untuk mengisi formulir isian tentang pengalaman masa lalu, sekarang, dan yang akan dilakukan.
- Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dan sebagainya dalam frasa nominal
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
Topik
Data dan informasi nasabah bank, persahaan, instansi, dan lain-lain,  yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
Multimedia
Layout dan dekorasi yang membuat tampilan masing-masing teks dalam formulir dan formulir secara keseluruhan lebih menarik.
Fungsi sosial 
Menyarankan, mengingatkan, menyampaikan himbauan, mentaati aturan, dsb.
Struktur teks
- Memulai 
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
Unsur kebahasaan
- Pernyataan dan pertanyaan terkait dengan keharusan yang menggunakan: should+(simple), should+(continuous), should+(perfect))
- Ucapan, tekanan kata, intonasi
- Ejaan dan tanda baca
- Tulisan tangan.
Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
Fungsi sosial 
Menjelaskan, meyakinkan, mengarahkan, menjanjikan, dsb.
Struktur teks
- Memulai 
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
Unsur kebahasaan
- Pernyataan dan pertanyaan terkait tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang, menggunakan (will+(simple), will+(continuous), will+(perfect))
- Ucapan, tekanan kata, intonasi
- Ejaan dan tanda baca
- Tulisan tangan
Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
Fungsi sosial 
Mendiskripsikan, melaporkan, dan sebagainya 
Struktur teks
- Memulai 
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
Unsur kebahasaan
- Pernyataan dan pertanyaan terkait dengan hubungan setara antara dua benda yang menggunakan:
- Both ... and; not only ... but also; either ... or; neither ... nor 
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, 
- Ejaan dan tanda baca
- Tulisan tangan
Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
Fungsi sosial 
Melaporkan, meneladani, membanggakan, mengagumi, dsb.
Struktur teks
- Struktur mencakup jati diri tokoh
- Pengalaman tokoh yang patut diteladani.
Unsur kebahasaan
- Kata kerja dalam Simple Past tense, Past Continuous, Past Perfect 
- Kata kerja untuk menunjukkan kegiatan (material verbs) ; kata kerja untuk mengungkapkan perasaan (mental verbs)
- Adverbia penunjuk dan penghubung waktu.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
Topik
Peristiwa, kejadian, pengalaman yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai pelajar dan remaja, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
Fungsi sosial 
Menyarankan, mengingatkan, menjelaskan, dsb.
Struktur teks
- Memulai 
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
Unsur kebahasaan
- Pertanyaan dan pernyataan terkait kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan/menjadi sesuatu menggunakan Adverbial too dan enough
- frasa nominal 
- Ucapan, tekanan kata, intonasi
- Ejaan dan tanda baca
- Tulisan tangan.
Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
Fungsi sosial 
Membujuk orang lain untuk mengikuti kegiatan (event).
Struktur teks
Struktur dapat mencakup
- Judul/tujuan iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa.
- Informasi tertentu dari iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa.
Unsur kebahasaan
- Ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa
- Penggunaan nominal singular dan plural grup. 
- Ejaan dan tanda baca
- Tulisan tangan
Topik
Barang, jasa, dan kegiatan (event) yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan peserta didik SMA,  yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
Multimedia:
Layout dan dekorasi yang membuat tampilan masing-masing teks dalam iklan kegiatan (event).
Fungsi sosial 
Memperoleh gambaran umum tentang hal yang terkait teknologi secara objektif dan ilmiah.
Struktur teks
   Struktur teks mencakup
- Menyebutkan jenis atau definisi obyek yang dipaparkan.
- Deskripsi obyek termasuk nama, bagian-bagian, sifat dan perilaku  yang umum ditemukan/ dilihat.
Unsur kebahasaan
- Kosa kata tentang teknologi yang diamati: banyak peristilahan ilmiah
- Kata kerja keadaan be, have, look, need, breed, dll., dalam Simple Present Tense, atau Simple Past Tense jika sudah punah atau tidak ada lagi
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan tanda baca
- Tulisan tangan
Topik
Teknologi terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas X, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.

Fungsi sosial
Melatih kehalusan budi; teka-teki mengasah pikiran, untuk menjalin pergaulan dengan lingkungannya  dsb.
Struktur Teks 
- Peribahasa (Proverb) 
- Struktur teks spesifik untuk peribahasa:
- Teka-teki (Riddle)
- Struktur teks spesifik untuk teka-teki:
Unsur kebahasaan
- Tata bahasa: Simple Present Tense, Kalimat imperatif positif dan negatif, kalimat tanya.
- Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, kata tanya secara tepat, dan kata kerja bantu dalam pertanyaan dan pernyataan secara tepat. 
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, 
- Ejaan dan tanda baca
- Tulisan tangan.
Topik
Berbagai hal terkait dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan peserta didik SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
Fungsi sosial 
Menghibur dan menyampaikan pesan moral lagu dan menghargai lagu sebagai karya seni 
Unsur kebahasaan
- Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi
- Ejaan dan tanda baca.
- Tulisan tangan
Topik
     Hal-hal yang memberikan keteladanan dan inspirasi.

Kegiatan Pembelajaran
Menyimak dan menirukan beberapa model formulir isian yang digunakan di perusahaan/bank/ instans, dan lain-lain.
Membaca dengan cermat formulir isian yang digunakan di perusahaan/bank/ instansi, dan lain-lain dengan intonasi, ucapan, dan ejaan yang benar.
Bertanya dan mempertanyakan tentang hal-hal lain yang belum dipahami terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari formulir isian yang sedang dipelajari.
Membaca dan mendiskusikan contoh tabel analisis isi formulir isian yang sedang dipelajari.
Membahascara mempresentasikan hasil analisis tersebut.
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan dalam kelompok masing-masing.
Membaca dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa formulir isian yang digunakan di perusahaan/bank/ instansi, dari sumber lain.
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan di depan kelompok lain.
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
Menyimak dan menirukan percakapan tentang keharusan melakukan suatu tindakan/ kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau sesuai dengan konteks penggunaannya.
Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan komunikatif tentang keharusan melakukan suatu tindakan/ kegiatan pada waktu yang akandatang, saat ini, atau waktu lampau sesuai dengan konteks yang berbeda.
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
Menyimak dan menirukan percakapan tentang tindakan/ kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang sesuai dengan konteks penggunaannya.
Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain. 
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan komunikatif memberi dan meminta informasi terkait tindakan/ kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang sesuai dengan konteks yang berbeda
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
Menyimak dan menirukan percakapan tentang hubungan setara antara dua benda/tindakan sesuai dengan konteks penggunaannya.
Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain. 
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan komunikatif memberi dan meminta informasi terkait hubungan setara antara dua benda/tindakan sesuai dengan konteks yang berbeda.
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
Menyimak guru membacakan beberapa teks recount tentang biografi tokoh terkenal.
Menirukan guru membaca teks tersebut secara bermakna, dengan intonasi, ucapan, dan tekanan kata yang benar.
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks tersebut.
Membaca dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recount  tentang biografi tokoh terkenal dari sumber lain.
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan di depan kelompok lain.
Membuat proyek menulis teks recount tentang biografi tokoh terkenal dan memajangnya di majalah dinding kelas.
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
Menyimak dan menirukan percakapan tentang memberi dan meminta informasi terkait menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks penggunaannya.
Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain. 
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
Secara tertulis, melakukan tindakan komunikatif terkait menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks.
Bermain peran memberi dan meminta informasi menggunakan ungkapan yang telah dipelajari secara kontekstual.
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
Menyimak dan menirukan beberapa model teks khusus dalam bentuk iklan terkait kegiatan (event) di media masa.
Menanyakan informasi terkait isi teks yang sedang dipelajari.
Bertanya dan mempertanyakan tentang hal-hal lain yang belum dipahami terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks khusus yang sedang dipelajari.
Membaca dan mendiskusikan contoh tabel analisis isi iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa yang sedang dipelajari. 
Membahas cara mempresentasikan hasil analisis tersebut.
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan dalam kelompok masing-masing.
Membuat, mempresentasikan, menerbitkan, bertanya jawab tentang teks iklan terkait kegiatan (event) di media massa yang ada di sekitar kehidupan peserta didik dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
Menyimak guru membacakan beberapa teks reporttentang teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X.
Menirukan guru membaca teks tersebut secara bermakna, dengan intonasi, ucapan, dan tekanan kata yang benar.
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks tersebut.
Membaca dan mendiskusikan contoh tabel analisis isi teks yang sedang dipelajari. 
Membahas cara mempresentasikan hasil analisis tersebut.
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan dalam kelompok masing-masing.
Membaca dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks report dari sumber lain.
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan di depan kelompok lain.
Menulisteks report tentang teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X secara kontekstual.
Melaporkan secara lisan, mengenai teks report tentang teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X.
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
Membaca, menyimak, menirukan teks khusus dalam bentuk proverb dan riddle. 
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan dari teks khusus dalam bentuk proverb dan riddle, secara kontekstual.
Mengidentifikasi dan menalar tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan bagian-bagian tertentu dari teks khusus dalam bentuk proverb dan riddle.
Membaca dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk proverb dan riddle dari sumber lain.
Membahas pengalaman belajar tentang teks khusus dalam bentuk proverb dan riddle.
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
Membaca, menyimak, dan menirukan lirik lagu secara lisan. 
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan dari lirik lagu, yang sedang dipelajari secara kontekstual.
Membacakan dan menyalin lirik lagu yang telah dipelajari dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan. 
Menanyakan 
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.

Demikian Sekilas yang Admin Akses Guru dapat tuliskan pada kesempatan artikel ini, dan untuk lebih lengkap mengenai Silabus B. Inggri dan Sastra SMA/ MA tersebut, Bapak dan Ibu dapat mendownloadnya secara lengkap pada link di bawah ini.

Untuk Silabus Lainnya pada jenjang SMA MA SMK MAK 2017 Bapa dan Ibu dapat mendownloadnya pada link berikut ini.
logoblog
Klik Bagikan sebelum Download

Thanks for reading Silabus Sastra dan Bahasa Inggris SMA/ MA Kelas 10 11 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017, Silahkan Share dulu sebelum Anda Download file lengkapnya di bawah ini!

SILAHKAN SHARE/BAGIKAN DAHULU SEBELUM MENDOWNLOAD FILE LENGKAPNYA DI BAWAH INI !
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar