Sabtu, 30 Desember 2017

RPP Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan 2 Literasi, PPK, 4c

  Guru Kelas       Sabtu, 30 Desember 2017
Rencana Pelaksaan Pembelajaran yang Admin Akses Guru bagikan ini merupakan update terbaru yang tentunya harus Guru Sekolah Dasar miliki terutama bagi Anda Bapak dan Ibu yang mengajar pada Kelas V K13. RPP Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan 2 Literasi, PPK, 4c di buat sesuai dengan Permendikbud yang tentunya sangat di rekomendasikan untuk di gunakan. File yang akan Admin bagikan pada akhir artikel ini hanyalah sebagai sebuah contoh yang bisa Bapak dan Ibu tiru dalam pembuatan RPP yang baik dan benar. Mengapa demikian? karena RPP yang di sajikan tentunya berbeda dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang akan Anda laksanakan, baik dalam bentuk materi, sumber belajar, bahan ajar, dan lainnya.
RPP Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan 2 Literasi, PPK, 4c

RPP merupakan file penting yang harus di buat dengan baik dan benar sesuai dengan program dan rencana kegiatan pembelajaran yang akan di laksankan. dan untuk pengguna Kurikulum 2013 mengingat Revisi Tahun 2017 yang mewajibkan dalam pembuatan Rencana Pelaksaan Pembelajaran harus memasukan unsur literasi, 4C dan PPK tentunya Bapak dan Ibu harus lebih teliti dan seksama dalam pembuatan RPP tersebut.

RPP Kelas 5 K13 Revisi 2017 Semester 1 dan 2

Maka dari itu penting rasanya untuk Bapak dan Ibu memiliki file RPP Kelas 5 yang Admin bagikan ini. Berikut secara lengkap Admin bagikan link download RPP Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan 2 Literasi, PPK, 4c melalui link di bawah ini.
RPP kelas 5 k13 Revisi 2017 - PEMBELAJARAN 1 (Link)
RPP kelas 5 k13 Revisi 2017 - PEMBELAJARAN 2 (Link)
RPP kelas 5 k13 Revisi 2017 - PEMBELAJARAN 3 (Link)
RPP kelas 5 k13 Revisi 2017 - PEMBELAJARAN 4 (Link)
RPP kelas 5 k13 Revisi 2017 - PEMBELAJARAN 5 (Link)
RPP kelas 5 k13 Revisi 2017 - PEMBELAJARAN 6 (Link)
Sebagai gambaran dari RPP tersebut berikut akan Admin tuliskan sekilas mengenai RPP Kelas 5 Kurikulum Revisi 2017 Semester 1 dan 2 Literasi, PPK, 4c untuk Pembelajaran 1.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 
KURIKULUM 2013 

Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 5 /1
Tema : Organ Gerak Hewan Dan Manusia(Tema 1)
Sub Tema : Organ Gerak Hewan (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari



A. KOMPETENSI INTI
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.



B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR



Muatan : IPA


No

Kompetensi

Indikator


3.1

Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara

memelihara kesehatan alat gerak manusia.

3.1.1 Mengetahui fungsi alat gerak pada

manusia dan hewan.



3.1.2 Menunjukan cara menjaga

kesehatan alat gerak.




4.1

Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.

4.1.1 Menciptakan alat peraga dari bahan bekas.








Muatan : Bahasa Indonesia


No

Kompetensi

Indikator


3.1

Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.

3.1.1 Menunjukan ide pokok pada sebuah

paragraf

3.1.2 Mencari pokok pikiran pada sebuah

percakapan.




4.1

Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran

4.1.1 Mengindentifikasi pokok pikiran yang

terdapat pada sebuah teks.






C. TUJUAN
Dengan membaca teks tentang organ gerak hewan dan manusia, siswa dapat menyebutkan alat gerak hewan dan manusia secara benar.
Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara tepat.
Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara runtut.
Dengan berdiskusi, siswa dapat menebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.



D. MATERI
Bacaan organ gerak hewan dan manusia
Bacaan beberapa paragarap.
Gambar dan percakapan.



E. PENDEKATAN & METODE

Pendekatan : Scientific

Strategi : Cooperative Learning

Teknik : Example Non Example

Metode : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah



F. KEGIATAN PEMBELAJARAN




Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu


Pembukaan
Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:

· Apa yang tergambar pada sampul buku.

· Apa judul buku

· Kira-kira ini menceritakan tentang apa

· Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini



15 menit


Inti

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

· Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.

· Siswa mengamati gambar dan percakapan tentang organ gerak hewan dan manusia.

· Biarkan siswa mengamati dan menganalisa gambar dan percakapan secara cermat.



Catatan:

1) Eksplorasi: Ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar secara cermat untuk menggali informasi.

2) Pengumpulan Data: Ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna melalui konsep pelaporan tertulis.

3) Komunikasi: Rangsang keingintahuan siswa dengan dialog interaktif.



Hasil yang Diharapkan

1. Siswa terangsang untuk ingin tahu dan mempelajari lebih lanjut tentang organ gerak hewan dan manusia.

2. Siswa memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap organ gerak.



A. Ayo Membaca

· Siswa membaca bacaan berjudul Organ Gerak Manusia dan Hewan.

Alternatif kegiatan membaca:

1. Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta dalam hati.

2. Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.

3. Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.

Hasil yang diharapkan

- Siswa gemar membaca.

- Siswa memiliki keterampilan untuk menggali informasi dari sebuah bacaan.

- Melalui bacaan, siswa dapat mengetahui organ gerak manusia dan hewan.

· Selesai membaca, siswa mencari dan menentukan ide pokok tiap paragraf dari bacaan yang telah dibacanya.

Alternatif jawaban

1. Paragraf 2: Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ geraktersusun dalam sistem gerak.

2. Paragraf 3: Organ gerak manusia dan hewan memiliki kesamaan yakni tulang dan otot.

3. Paragraf 4: Tulang merupakan alat gerak pasif.

4. Paragraf 5: Otot merupakan alat gerak aktif.

Hasil yang diharapkan

- Siswa memiliki keterampilan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar khususnya dalam memahami bacaan dan menentukan ide pokok bacaan.

- Siswa mampu menentukan ide pokok bacaan.

B. Ayo Menulis

· Pada kegiatan: Ayo Menulis, secara mandiri siswa mencoba membuat paragraf berdasarkan ide pokok yang telah ditentukan.
Alternatif Jawaban

1. Paragraf 1: Organ gerak manusia dan hewan terdiri dari dua macam. Ada organ gerak pasif, yakni tulang. Ada juga organ gerak aktif, yakni otot. Tulang dan otot memiliki fungsi masing-masing dalam sistem gerak manusia dan hewan.

2. Paragraf 2: Organ gerak banyak sekali fungsinya. Dengan organ gerak, kita dapat melakukan gerakan-gerakan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya, berjalan, berlari, memanjat, memegang, berenang, menggenggam, menoleh, dan lain-lain.

3. Paragraf 3: Tanpa organ gerak manusia tidak akan bisa melakukan gerakan apa-apa. Manusia tidak akan bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan organ gerak adalah sistem yang meneruskan perintah dari otak dalam mengendalikan gerakan-gerakan, baik gerakan-gerakan spontan karena adanya rangsangan dari luar maupun gerakan-gerakan terencana.

Hasil yang diharapkan

- Siswa memiliki keterampilan mengembangkan ide pokok menjadi

- sebuah paragraf.

- Siswa mengetahui fungsi organ gerak.

- Siswa dapat mandiri, bertanggung jawab, serta tekun dalam mengerjakan tugas.



C. Ayo Berdiskusi

· Siswa membentuk kelompok untuk berdiskusi tentang pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan.



Alternatif Pelaksanaan Diskusi

1. Guru menciptakan suasana interaktif dan atraktif dengan mengajak siswa melaksanakan diskusi secara klasikal.

2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih para petugas diskusi, seperti pembawa acara, sekretaris/notulis, dan lain-lain. Sementara anak-anak yang lain bertindak sebagai peserta diskusi.

3. Pembawa acara bertanggung jawab atas jalannya diskusi. Pembawa acara juga bertugas untuk membacakan pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan oleh peserta.

4. Notulis bertugas untuk mencatat kejadian-kejadian yang terjadi saat diskusi berlangsung, seperti pendapat-pendapat yang disampaikan oleh peserta diskusi. Notulis juga bertugas untuk membuat laporan dan kesimpulan hasil diskusi.

5. Setiap peserta diskusi berhak mengemukakan pendapatnya berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembawa acara.

6. Setelah siswa memberikan pendapatnya, guru mengonfirmasi pendapat-pendapat siswa. Kemudian guru memandu siswa untuk menarik kesimpulan.

7. Masing-masing siswa menulis jawaban sesuai pertanyaan pada buku siswa berdasarkan hasil diskusi

Alternatif Jawaban

- Ide Pokok: Ide/gagasan yang menjadi dasar atau pokok pengembangan sebuah paragraf.

- Fungsi Ide Pokok: Menjadi dasar pengembangan paragraf.

- Cara menetukan ide pokok: Membaca kalimat dalam paragraf satu demi satu, menentukan inti paragraf tersebut. Inti paragraf itulah yang disebut ide pokok/pikiran utama.

Hasil yang diharapkan

§ Siswa memahami pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok dari sebuah bacaan.

§ Siswa mampu mengembangkan sikap kerja sama dalamkelompok serta menghargai pendapat orang lain.



· Pada kegiatan Ayo Berdiskusi, secara mandiri siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.

· Cara membuat kesimpulan dengan mencatat dan memerhatikan semua pendapat yang disampaikan dalam diskusi kemudian membandingkan pendapat tersebut.

· Setelah membandingkan, carilah pendapat yang banyak didukung oleh peserta diskusi dan yang dirasa mendekati kebenaran.

· Siswa meminta penguatan kepada guru mengenai kesimpulan yang telah diambil.

· Siswa diberikan kesempatan untuk bertaya dan memberikan tanggapan.

Hasil yang diharapkan

- Siswa memahami konsep dan memiliki ketrampilan untuk menyimpulkan suatu kejadian atau peristiwa.

- Kemandirian dalam mengerjakan tugas serta kepekaan dan berpikir kritis.

Hasil yang diharapkan

- Kemandirian dan ketekunan dalam mengerjakan tugas.

- Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan organ gerak manusia dan hewan.

Catatan :

· Kegiatan ini merupakan media untuk mengukur seberapa banyak materi yang sudah dipelajari dan dipahami siswa.

· Pada ativitas ini lebih ditekankan pada sikap siswa setelah mempelajari materi.

· Sebagai tindaklanjut dari kegiatan ini, guru dapat memberikan REMEDIAL dan PENGAYAAN sesuai dengan tingkat pencapaian masing-masing siswa.

Hasil yang diharapkan

- Siswa meningkatkan kegiatan belajarnya sesuai dengan tingkat pencapaian yang dicapainya.



C. Keja Sama Dengan Orang Tua

· Dengan bantuan orang tuanya, siswa mengamati hewan-hewan yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Siswa mengidentifikasi organ gerak hewan-hewan tersebut.

Hasil yang diharapkan

- Mengetahui organ gerak hewan.

- Menambah rasa ingin tahu.

- Kerja sama.

- Keterampilan mengumpulkan dan mengolah data atau informasi melalui kegiatan pengamatan.

140 menit

Penutup

1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

3. Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya

4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.

5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

15 menit

G. PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut



Teknik Penilaian:

1. Penilaian Sikap: Percaya diri, peduli, tanggung jawab, disiplin

a) Disiplin

b) Tanggung Jawab

c) Peduli

d) Percaya Diri

2. Penilaian Pengetahuan: tes tertulis

Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, remedial, dan pengayaan pada buku siswa.

Format Penilaian

3. Penilaian Keterampilan: uji unjuk kerja

Penilaian Unjuk Kerja

a) Rubrik Menulis Berdasarkan Pengamatan Gambar

b) Mencari ide pokok bacaan

c) Menuliskan Ide Pokok dari Bacaan
H. REMEDIAL DAN PENGAYAAN

a. Remedial
b. Pengayaan

Coba amati kegiatanmu sehari-hari.

1. Tunjukkan gerakan dalam kegiatanmu sehari-hari yang memanfaatkan organ gerak:

..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2. Apakah yang akan terjadi jika organ gerakmu tidak dapat bekerja sebagai mestinya?

........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



I. SUMBER DAN MEDIA

1. Buku, teks bacaan organ gerak hewan dan manusia, gambar tentang organ gerak hewan dan manusia

2. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).

3. Buku Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.

4. Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 5 semester 1 dari JGC/SCi Media.

5. Slide/gambar tentang organ gerak hewan dan manusia.

6. Slide materi

Refleksi Guru

Catatan Guru

1. Masalah :……….

2. Ide Baru :………..

3. Momen Spesial :………….

logoblog
Klik Bagikan sebelum Download

Thanks for reading RPP Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan 2 Literasi, PPK, 4c, Silahkan Share dulu sebelum Anda Download file lengkapnya di bawah ini!

SILAHKAN SHARE/BAGIKAN DAHULU SEBELUM MENDOWNLOAD FILE LENGKAPNYA DI BAWAH INI !
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar