Permainan Pramuka Siaga ini sangatlah mudah untuk di laksanakan berikut cara agar kegiatan permainan ini dapat dilaksanakan dengan baik dan menyenangkan.
Kepiting Berjalan
Sasaran :Keterampilan dan melatih panca indera
Alat :
Sapu tangan, Sal atau Setangan Leher
Kegiatan :
- Yanda/Bunda menentukan jarak garis Start (mulai) dan garis Finish (berhenti).
- Setiap Barung diwakili satu orang anggotanya.
- Para peserta ditutup matanya dengan sapu tangan, sal atau setangan leher.
- Peserta bersiap-siap pada garis start dengan posisi berderet kesamping dalam keadaan merangkap kaki (kaki dan tangan bertumpu pada tanah)
- Bila Yanda/Bunda memberikan aba-aba mulai, para peserta harus berjalan merangkak kesamping layaknya seekor kepiting berjalan hingga garis finish.
- Peserta diusahakan jangan salah arah, peserta yang lebih dulu mencapai finish, dinyatakan sebagai pemenang.
Menjala Ikan
Sasaran :
Mencairkan Kebekuan dan melatih kerjasama kelompok
Alat :
Tali Pramuka/Rapia
Kegiatan :
- Arena permainan dibatasi dengan membuat lingkaran ataupun persegi empat.
- Salah satu barung berperan sebagai penjala ikan, sedangkan barung yang lain sebagai ikannya.
- Setelah Yanda/Bunda memberikan aba-aba mulai, penjala ikan merentangkan tali sebagai jalanya dan berusaha menangkap ikan-ikan yang berenang (berlari) kesana kemari untuk meghindari jala. Barung yang menjadi ikan harus terus berlarian untuk menghindari jala, tetapi tidak boleh keluar dari batas-batas yang telah ditentukan
- Bagi peserta yang terkena jaring dinyatakan mati dan harus keluar dari permainan.
Penutup :
- Yanda atau Bunda bertanya kepada masing-masing siaga untuk memberikan tanggapan bagaimana menjadi nelayan.
- Yanda atau Bunda memberikan rangsangan kepada siaga untuk mengungkapkan hikmah dari permainann
- anda dan Bunda menerangkan cara menangkap ikan yang baik ( tidak boleh menggunakan peledak, racun kimia dsb)
Buat Barisan
Tujuan : Agar seluruh peserta bisa berkenalan lebih jauh, fisik maupun sifat-sifat mereka, sekaligus melatih mereka bekerja sama dalam kelompok.
Langkah-langkah :
- Peserta dibagi dalam dua kelompok yang sama banyak (bila jumlah peserta ganjil, seorang pemandu bias masuk dalam salah satu kelompok). Pemandu menjelaskan aturan permainan, sebagai berikut;
- Ketua kelompok akan berlomba menyusun barisan, barisan disusun berdasarkan aba-aba pemandu; tinggi badan, panjang rambut, usia, dst.
- Pemandu akan menghitung sampai 10, kemudian ke 2 kelompok, selesai atau belum harus jongkok.
- Setiap kelompok secara bergantian harus memeriksa apakah kelompok lawan melaksanakan tugasnya dengan benar.
- Kelompok yang menang adalah kelompok yang melaksanakan tugasnya dengan benar dan cepat (bila kelompok dapat menyekesaikan tugasnyasebelum hitungan ke 10 mereka boleh langsung jongkok untuk menunjukan bahwa mereka telah selesai melakukan tugas).
Sebelum pertandingan dimulai bisa dicoba terlebih dahulu untuk memastikan apakah aturan mainnya sudah dipahami dengan benar.
Itulah Sekilas permainan yang dapat di gunakan/di praktekan dalam kegiatan pramuka dengan tujuan untuk memeriahkan dan meramaikan suasana agar semuanya dapat bersemangat dalam mengikuti kegiatan tersebut. Untuk lebih lengkap silahkan Bapak dan Ibu untuk mendownloadnya dalam bentuk doc yang telah Admin sediakan secara lengkap pada link di bawah ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar