Minggu, 27 Agustus 2017

Buku Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi Guru Tahun 2017

  Guru Kelas       Minggu, 27 Agustus 2017
Buku Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi Guru Tahun 2017
Download Buku Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi Guru (PLPG) Tahun 2017 ini merupakan buku kedua (2) dalam penginformasian bagi kegiatan sertifikasi Guru yang sebentar lagi akan segera dilaksanakan oleh Anda Bapak dan Ibu yang telah memenuhi syarat untuk mengikutinya. Berikut Buku Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Tahun 2017:

  • Buku 1 Pedoman Penetapan Peserta
  • Buku 2 Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi Guru
  • Buku 3 Rambu-Rambu Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG)
  • Buku 4 Pedoman Pengelolaan Dana Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2017

Pelaksanaan Sertifikasi Guru merupakan salah satu wujud implementasi dari Undang- Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Tahun 2017 merupakan tahun kesebelas pelaksanaan sertifikasi guru yang telah dilaksanakan sejak tahun 2007. Perbaikan penyelenggaraan sertifikasi guru terus dilakukan dari tahun ke tahun untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Perbaikan penyelenggaraan sertifikasi guru tahun 2017 lebih ditekankan pada perubahan mekanisme penyelenggaan, sedangkan penetapan calon peserta tahun ini tetap menggunakan batas minimal hasil uji kompetensi guru (UKG) yang dilaksanakan tahun 2015 dan perangkingan dilakukan oleh sistem yang terintegrasi dengan dapodik dan dipublikasikan secara online. Perubahan mekanime pelaksanaan PLPG dilakukan melalui penyempurnaan kurikulum, antara lain memasukkan pembekalan dalam bentuk belajar mandiri di bawah bimbingan mentor ke dalam struktur kurikulum PLPG dan perubahan jumlah jam tatapmuka untuk pendalaman materi, sehingga dengan perubahan ini diharapkan diperoleh guru yang memiliki kompetensi yang tinggi sesuai dengan tuntutan guru profesional.
Buku 2: Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Sertifikasi Guru di LPTK Rayon dan Subrayon ini merupakan revisi lebih lanjut dari Buku Petunjuk Teknis tahun 2016 yang berisi rasional dan dasar hukum, prosedur pelaksanaan sertifikasi guru melalui pendidikan dan latihan profesi guru dan deskripsi tugas masing-masing institusi yang terkait dengan sertifikasi guru. Buku 2 ini diharapkan sebagai acuan bagi LPTK Rayon, Subrayon, LPTK Mitra di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, dan Kementerian Agama, serta pihak lain yang berkepentingan.

Berkaitan dengan sertifikat pendidik yang harus dimiliki oleh guru profesional, amanat UUGD telah dilaksanakan sejak tahun 2007 melalui program sertifikasi guru dalam jabatan setelah diterbitkannya Peraturan Mendiknas Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi bagi Guru Dalam Jabatan. Mulai tahun 2009 landasan hukum pelaksanaan sertifikasi guru dalam jabatan adalah Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. Berdasarkan hasil kajian pelaksanaan sertifikasi guru dalam jabatan yang telah dilaksanakan dan kajian terhadap guru yang telah memperoleh sertifikat pendidik, mulai tahun 2016 pelaksanaan sertifikasi guru melalui Pendidikan dan latihan Profesi guru (PLPG) mengalami beberapa perubahan mekanisme pelaksanaan PLPG, diantaranya teknis pelaksanaan, kurikulum, syarat kelulusan, dan ujian kompetensi yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu ujian akhir PLPG, dan Uji Kompetensi Guru (UKG)/Ujian Tulis Nasional (UTN). Selanjutnya pada tahun 2017 ini dilakukan penyempurnaan kurikulum, antara lain memasukkan pembekalan peserta dalam bentuk belajar mandiri di bawah bimbingan mentor ke dalam struktur kurikulum PLPG dan perubahan jumlah jam pelajaran (JP) untuk pendalaman materi, sehingga dengan perubahan ini diharapkan diperoleh guru yang memiliki kompetensi yang tinggi sesuai dengan tuntutan sebagai guru profesional.

Pelaksanaan Sertifikasi Guru 2017

Pelaksanaan sertifikasi guru tahun 2017 dimulai dengan publikasi data calon peserta sertifikasi guru yang sudah diverifikasi dan memenuhi persyaratan. Agar seluruh pihak yang terkait dengan pelaksanaan sertifikasi guru, terutama LPTK penyelenggara mempunyai pemahaman yang sama tentang teknis penyelenggaraan sertifikasi guru, maka perlu disusun Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi Guru Tahun 2017.

Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi Guru disusun dengan tujuan untuk memberikan acuan kepada instansi terkait penyelenggaraan sertifikasi guru, yaitu Perguruan Tinggi Penyelenggara Sertifikasi Guru/Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, guru peserta sertifikasi, dan pihak-pihak lain yang terkait agar memperoleh kesamaan persepsi dan prosedur penyelenggaraannya di lapangan.

Itulah yang Admin dapat tuliskan beberapa bagian mengenai Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi Guru Tahun 2017 dan untuk lebih lengkap mengenai Informasi tersebut Bapak dan Ibu dalam mendownload Bukunya secara lengkap dalam bentuk pdf yang dapat di simpan di dalam HP atau Komputer/Notebook. Silahkan untuk mendownload filenya secara lengkap dibawah ini.
Download Buku Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi Guru Tahun 2017
logoblog
Klik Bagikan sebelum Download

Thanks for reading Buku Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi Guru Tahun 2017, Silahkan Share dulu sebelum Anda Download file lengkapnya di bawah ini!

SILAHKAN SHARE/BAGIKAN DAHULU SEBELUM MENDOWNLOAD FILE LENGKAPNYA DI BAWAH INI !
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar