Kamis, 12 Oktober 2017

Kerangka Pengembangan Kurikulum Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP/ MTs Tahun 2017

  Guru Kelas       Kamis, 12 Oktober 2017
Kerangka Pengembangan Kurikulum Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 7 8 9 SMP/ MTs Tahun 2017 - Pengembangan kurikulum sains dilakukan dalam rangka mencapai aspek kompetensi pengetahuan, kerja ilmiah, serta sikap ilmiah sebagai perilaku sehari-hari dalam berinteraksi dengan masyarakat, lingkungan dan pemanfaatan teknologi. Kerangka pengembangan Kompetensi Dasar (KD) Ilmu Alam mengacu pada Kompetensi Inti (KI) sebagai unsur pengorganisasi KD secara vertikal dan horizontal. Organisasi vertikal KD berupa keterkaitan KD antar-kelas harus memenuhi prinsip belajar, yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antar-kompetensi. Organisasi horizontal berupa keterkaitan antara KD suatu mata pelajaran dengan KD mata pelajaran lain dalam tingkat kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat dan memperkaya. Semua kompetensi dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai KI.

Kompetensi Inti terdiri atas 4 (empat) aspek, yaitu: KI-1 (sikap spiritual), KI-2 (sikap sosial), KI-3 (pengetahuan), dan KI-4 (keterampilan). Kompetensi Dasar Sikap Spiritual dan Kompetensi Dasar Sikap Sosial pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tidak dirumuskan, tetapi hasil pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) dari pengetahuan dan keterampilan, sehingga perlu direncanakan pengembangannya. KI-3 pengetahuan dan KI-4 keterampilan dirinci lebih lanjut dalam KD mata pelajaran. Pengembangan KD tidak dibatasi oleh rumusan Kompetensi Inti (KI), tetapi disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran, kompetensi, lingkup materi, psikopedagogi. Namun demikian, perumusan KD harus mengacu ke Kompetensi Inti.

Kerangka Pengembangan Kurikulum IIPA SMP/ MTs Tahun 2017

Pembahsan di atas merupakan sekilas gambaran dari Kerangka Pengembangan Kurikulum Ilmu Pengetahuan Alam SMP/ MTs Tahun 2017. Untuk lebih lengkap mengenai hal tersebut, Bapak dan Ibu dapat mendownload filenya secara lengkap pada link dibawah ini.
Download Kerangka Pengembangan Kurikulum Ilmu Pengetahuan Alam SMP/ MTs Tahun 2017 Lengkap pdf
logoblog
Klik Bagikan sebelum Download

Thanks for reading Kerangka Pengembangan Kurikulum Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP/ MTs Tahun 2017, Silahkan Share dulu sebelum Anda Download file lengkapnya di bawah ini!

SILAHKAN SHARE/BAGIKAN DAHULU SEBELUM MENDOWNLOAD FILE LENGKAPNYA DI BAWAH INI !
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar