Jumat, 13 Oktober 2017

Kompetensi Inti (KI) IPA SMP/MTs Kelas VII, VIII, dan IX K13 Tahun 2017

  Guru Kelas       Jumat, 13 Oktober 2017
Kompetensi Inti (KI) IPA SMP/MTs Kelas VII, VIII, dan IX K13 (kurikulum 2013) Tahun 2017  / 7 8 9 - Kompetensi Inti terdiri atas 4 (empat) aspek, yaitu: KI-1 (sikap spiritual), KI-2 (sikap sosial), KI-3 (pengetahuan), dan KI-4 (keterampilan). Kompetensi Dasar Sikap Spiritual dan Kompetensi Dasar Sikap Sosial pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tidak dirumuskan, tetapi hasil pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) dari pengetahuan dan keterampilan, sehingga perlu direncanakan pengembangannya. KI-3 pengetahuan dan KI-4 keterampilan dirinci lebih lanjut dalam KD mata pelajaran. Pengembangan KD tidak dibatasi oleh rumusan Kompetensi Inti (KI), tetapi disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran, kompetensi, lingkup materi, psikopedagogi. Namun demikian, perumusan KD harus mengacu ke Kompetensi Inti.

Kompetensi Inti (KI) IPA Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Tahun 2017

Berikut Kompetensi Inti Kelas VII IPA Kurikulum 2013 Tahun 2017.
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Kompetensi inti sikap spiritual dan sikap sosial pada mata pelajaran IPA tidak dirumuskan namun menjadi fondasi dalam pembelajaran IPA. Kompetensi spiritual dan sikap sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa. Pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung.

Kompetensi inti pengetahuan dan keterampilan dirinci lebih lanjut dalam KD mata pelajaran. Rumusan kata kerja ada KD mata pelajaran IPA disusun sebagai tingkatan kometensi yang disesuaikan dengan ruang lingkup materi Ilmu Pengetahuan Alam.

Demikian sekilas gambaran yang dapat Admin tuliskan untuk Kompetensi Inti (KI) IPA SMP/MTs Kelas VII, VIII, dan IX Kurikulum 2013 Tahun 2017, lebih lengkap mengenai KI IPA tersebut secara lengkap silahkan langsung saja Bapak dan Ibu untuk mendownload file lengkapnya pada link di bawah ini.
Download Kompetensi Inti (KI) IPA Kelas 7 8 9  K13 Tahun 2017
logoblog
Klik Bagikan sebelum Download

Thanks for reading Kompetensi Inti (KI) IPA SMP/MTs Kelas VII, VIII, dan IX K13 Tahun 2017, Silahkan Share dulu sebelum Anda Download file lengkapnya di bawah ini!

SILAHKAN SHARE/BAGIKAN DAHULU SEBELUM MENDOWNLOAD FILE LENGKAPNYA DI BAWAH INI !
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar