Rabu, 11 Oktober 2017

Kompetensi Dasar (KD), Materi, dan Pembelajaran PPKn Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017

  Guru Kelas       Rabu, 11 Oktober 2017
Bagi Anda Guru PPkn yang saat ini sedang mencari berbagai perangkat/program pembelajaran secara lengkap yang terbaru K13 Revisi tahun 2017 Admi Akses Guru akan membahasnya sekilas pada artikel ini dan juga akan membagikan file lengkapnya dalam bentuk pdf pada akhir tulisan ini. Pembahsan kali ini yaitu mengenai Kompetensi Dasar (KD), Materi, dan Pembelajaran PPKn Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang mana tentunya sangat di butuhkan oleh Anda Bapak dan Ibu Guru yang mengajar pada mata pelajaran tersebut untuk jenjang SMP/Mts. Berikut selengkapnya.
Kompetensi Dasar (KD), Materi, dan Pembelajaran PPKn Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Kompetensi Dasar (KD), Materi, dan Pembelajaran PPKn Kelas VII  Kurikulum 2013 Revisi 2017
Alokasi waktu 3 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran Siswa mampu: 1.1 Bersyukur kepada Tuhan YME atas semangat dan komitmen para pendiri Negara dalam merumuskan dan menetapkan Dasar Negara Pancasila 2.1 Mengembangkan sikap bertanggung jawab dan berkomitmen sebagai Warga Negara Indonesia seperti yang diteladankan para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara 3.1 Menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara
4.1 Menyaji hasil analisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara
Mensyukuri Perumusan dasar Negara yang berhasil dirumuskan oleh para pendiri negara dan disepakati mulai dari pidato Bung Karno, piagam Jakarta, sampai pada pengesahan 18 Agustus 1945
Menerima dengan sepenuh hati dan tanggungjawab hasil perumusan Pancasila sebagai dasar Negara yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 sehingga bangsa Indonesia bisa seperti ini dan sampai saat ini Bangsa Indonesia memiliki dasar negara Pancasila
Proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara:
-Sejarah perumusan Pancasila
-Pembentukan BPUPKI dan usulan dasar negara oleh tokoh perumus Pancasila
-Penetapan Pancasila sebagai dasar negara
-Komitmen kebangsaan para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila
-Nilai semangat dan komitmen para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara
-Membaca buku teks untuk kemudian mengamati video/film/gambar tentang sidang BPUPKI dengan penuh rasa syukur pada Tuhan YME dan mencatat hal-hal yang penting dari isi vidio tersebut termasuk tokoh pengusul dasar negara dan panitia sembilan BPUPKI
-Mengidentifikasi pertanyaan berkaitan dengan perumusan dan penetapan Pancasila serta sidang BPUPKI dengan penuh rasa tanggung jawab
-Mencari informasi dari berbagai sumber (buku, Koran, internet dsb) tentang proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar negara dan Sidang BPUPKI dengan rasa ingin tahu dan penuh percaya diri
-Melakukan diskusi dalam kelompok tentang hubungan atas berbagai informasi berkaitan dengan perumusan dan penetapan Pancasila yang diperolehnya dengan kerja sama dan penuh tanggung jawab
-Menyimpulkan hasil diskusi dan mempresentasikannya baik secara tertulis maupun lisan di depan kelas dengan rasa percaya diri
-Mensimulasikan atau memamerkan hasil proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara
Siswa mampu:
1.2 Menghargai norma-norma
Mensyukuri bangsa Indonesia
-Mengamati aktivitas

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
keadilan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa
2.2 Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
3.2 Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
4.2 Mengampanyekan perilaku sesuai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
sebagai bangsa besar yang memiliki norma-norma dalam masyarakat yang harus ditaati oleh seluruh masyarakat Indonesia diantaranya norma agama, kesusilaan, kesopananan, dan hukum
Melaksanakan dan menerapkan norma-norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat dengan tanggung jawab sehingga terwujud keadilan
Norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat
-Norma yang berlaku dalam masyarakat
-Arti penting norma dalam mewujudkan keadilan
-Perilaku sesuai norma yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
masyarakat (berdasarkan norma agama, kesopanan, kesusilaan, hukum) di lingkungan sekolah bedasarkan Kelompok Asal (Model JigSaw) terkait dengan kehidupan sehari-hari dengan mengedepankan sikap saling menghormati dan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas perbedaan yang ada
-Mengidentifikasikan berbagai pertanyaan dari hasil pengamatannya tentang norma-norma yang berlaku dalam aktivitas masyarakat tersebut
-Melakukan diskusi dengan kelompok asal tentang barbagai norma yang berlaku di masyarakat dengan penuh tanggung jawab
-Melakukan diskusi dengan kelompok ahli tentang berbagai norma yang ada di masyarakat dengan penuh percaya diri
-Menyimpulkan hasil diskusi dan mempresentasikannya di depan kelas dengan percaya diri dan kebersamaan kelompok asal
-Memperagakan atau mensimulasikan perilaku yang sesuai dengan norma dalam masyarakat, contoh:
Kelompok 1 norma agama
Kelompok 2 norma hukum
Kelompok 3 norma kesopanan
Kelompok 4 norma kesusilaan
Siswa mampu: 1.3 Menghargai nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman
2.3 Mengembangkan sikap bertanggung jawab yang mendukung nilai kesejarahan perumusan
Mensyukuri dan bangga memiliki Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945 sebagai konstitusi dengan melaksanakan dan menaati Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945 yang telah dirumuskan dan disahkan oleh para pendiri Negara
Kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang
-Membaca Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan naskah Proklamasi Kemerdekaan dengan cermat dan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya kedua naskah tersebut bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
dan pengesahan Undang-undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945
3.3 Menganalisis kesejarahan perumusan dan pengesahan undang-undang dasar negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.3 Menjelaskan proses kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Dasar negara Republik Indonesia Tahun 1945
-Perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
-Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
-Arti penting UUD Negara Republik Indonesia bagi bangsa dan negara Indonesia
-Peran Tokoh perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun1945
-Mengidentifikasi pertanyaan tentang sejarah perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai wujud sikap menghormati
-Menyusun pertanyaan yang terkait dengan sejarah perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan penuh tanggung jawab
-Mengumpulkan berbagai informasi terkait dengan pertanyaan dari buku penunjang dan internet
-Menghubungkan informasi yang diperoleh untuk menyimpulkan tentang sejarah perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
-Menyusun laporan dan menyajikan hasil telaah tentang sejarah perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 secara tertulis dengan bangga dan percaya diri
-Mensimulasikan kepatuhan terhadap tata tertib atau perundang-undangan
Siswa mampu:
1.4 Menghormati keberagaman norma-norma, suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai sesama ciptaan tuhan
2.4 Menghargai keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.4 Mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras dan antargolognan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.4 Mendemonstrasikan hasil identifikasi suku, agama, ras dan antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Bersyukur atas keberagaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia diantaranya keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan
Saling menghormati perbedaan keberagaman yang ada di Indonesia dan itu merupakan kekayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia
Keberagaman masyarakat Indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
-Makna Bhinneka Tunggal Ika
-Keberagaman dalam masyarakat Indonesia
-Arti penting memahami keberagaman dalam masyarakat Indonesia
-Perilaku toleran terhadap
-Mengamati gambar keanekaragaman norma, suku, agama, ras, yang berlaku dalam masyarakat di sekitar tempat tinggal secara adil sebagai sesama ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
-Mengidentifikasi pertanyaan berkaitan dengan keberagaman suku, agama, ras, antar golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai wujud sikap toleransi
-Mengumpulkan informasi tentang keberagaman suku, agama, ras, antar golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dengan penuh percaya diri
-Menghubung dengan saling menghormati

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
keberagaman norma, suku, agama, ras, dan antargolongan
jawaban dari teman kelompok berbagai informasi tentang arti penting dan perilaku toleran terhadap keberagaman masyarakat Indonesia
-Menyusun dan menyajikan laporan hasil pengamatan di depan kelas dengan penuh tanggung jawab tentang keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan
-Menerapkan saling menghormati dan bekerja sama terkait keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan
Siswa mampu:
1.5 Mensyukuri makna kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
2.5 Mendukung bentuk-bentuk kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
3.5 Menganalisis bentuk-bentuk kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
4.5 Menunjukkan bentuk-bentuk kerja sama di pelbagai bidang kehidupan masyarakat
Mensyukuri bahwa manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan YME yang paling sempurna yang terdiri dari dua yaitu sebagai makhluk pribadi dan makhluk sosial
Melaksanakan kerjasama dengan sesama manusia dalam berbagai kehidupan
Kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
-Makna kerja sama dalam hidup bermasyarakat
-Pentingnya kerja sama
-Bentuk-bentuk kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
-Mengamati tayangan video/gambar tentang kerja sama di berbagai bidang kehidupan di masyarakat yang tercipta atas dasar sikap saling menghargai
-Mengidentifikasi dan menyampaikan pertanyaan berkaitan dengan kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat dengan penuh tanggung jawab
-Mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang ada dengan kerja sama kelompok
-Menghubungkan berbagai informasi yang diperoleh dan menyimpulkan kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
-Menyajikan hasil telaah kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat dengan rasa percaya diri
-Melakukan gotong royong di sekolah
Siswa mampu:
1.6 Menghargai karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa
Mensyukuri bangsa Indonesia akhirnya menjadi Negara yang merdeka melalui perjuangan yang panjang dan luar biasa
Ikut serta menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan
-Mengamati gambar tentang Peta Indonesia dan sebaran budayanya sebagai wujud rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
-Mengidentifikasi

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
2.6 Bersikap antusias terhadap persatuan dan kesatuan dengan mempertimbangkan karakteristik daerah tempat tinggalnya
3.6 Mengasosiasikan karakteristik daerah dalam kerangka negara kesatuan republik indonesia
4.6 Melaksanakan penelitian sederhana untuk mengilustrasikan karakteristik daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan rancangan yang telah dibuat
sekitar di mana kita berada
Karakteristik daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI
-Makna Persatuan dan Kesatuan
-Arti penting Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya
-Mempertahankan persatuan dan kesatuan Indoneia
pertanyaan tentang karakteristik daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI dengan penuh rasa ingin tahu
-Mencari informasi untuk menjawab pertanyaan yang sudah disusun dengan kerja sama kelompok
-Menghubungkan informasi yang diperoleh dari beberapa teman kelompok dengan sikap saling menghargai untuk menyimpulkan karakteristik daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI
-Menyusun laporan dan menyajikan hasil telaah tentang karakteristik daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI dengan percaya diri dan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
-Mensimulasikan menghormati adat, kebiasaan masyarakat yang berbeda

Kompetensi Dasar (KD), Materi, dan Pembelajaran PPKn Kelas VIII Kurikulum 2013 Revisi 2017
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Siswa mampu:
1.1 bersyukur kepada tuhan yang maha esa atas konsensus nasional pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
2.1 Mengembangkan sikap yang mencerminkan nilai-nilai luhur pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.1 Menelaah pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
4.1 Menyaji hasil telaah nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari
Mensyukuri bangsa Indonesia memiliki Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
Melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
Kedudukan dan fungsi Pancasila bagi bangsa dan negara Indonesia
-Kedudukan, fungsi, dan arti penting Pancasila sebagai Dasar negara dan pandangan hidup bangsa
-Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar negara dan pandangan hidup
-Mengamati gambar tokoh pengusul Dasar negara dan Lambang Garuda Pancasila sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
-Mengidentifikasi berbagai pertanyaan dengan kerja sama kelompok tentang kedudukan dan fungsi Pancasila bagi bangsa dan negara Indonesia
-Mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dengan penuh percaya diri dan tanggung jawab sebagai anggota kelompok
-Mendiskusikan dengan sikap saling menghormati dan menghargai hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya dan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
bangsa
-Membiasakan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar negara dan pandangan hidup bangsa
menyimpulkan tentang kedudukan dan fungsi serta arti penting Pancasila sebagai dasar negara
-Menyusun dan menyajikan laporan hasil telaah kedudukan, fungsi, dan arti penting Pancasila sebagai dasar negara dengan penuh percaya diri dan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
-Mensimulasikan peran tokoh dalam merumuskan Pancasila
Siswa mampu:
1.2 Menghargai makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman dan bertakwa bertakwa
2.2 Mendukung makna, kedudukan dan fungsi undang-undang dasar negara republik indonesia tahun 1945, serta peraturan perundangan lainnya sesuai dengan undang-undang dasar negara republik indonesia 1945
3.2 Menelaah makna, kedudukan dan fungsi Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta peratuan perundangan-undangan lainnya dalam sistem hukum nasional
4.2 Menyajikan hasil telaah makna, kedudukan dan fungsi Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam penerapan kehidupan sehari-hari
Mensyukuri bangsa Indonesia memiliki Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945
Melaksanakan Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945 dan peraturan perundang-undangan dengan penuh tanggung jawab
Kedudukan dan fungsi UUD 1945 dalam sistem hukum nasional
-Makna UUD 1945 dalam sistem hukum nasional
-Fungsi dan Kedudukan UUD 1945 dalam sistem hukum nasional
-Kedudukan peraturan perundangan dalam sistem hukum nasional
-Sikap positif terhadap peraturan perundang-undangan nasional
-Membaca buku teks tentang kedudukan dan fungsi UUD 1945 dalam sistem hukum nasional sebagai wujud peduli dan syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
-Mengidentifikasi pertanyaan tentang makna UUD 1945 dan kedudukan serta fungsi UUD 1945 dalam sistem hukum nasional secara berkelompok dengan penuh rasa kekeluargaan
-Mencari informasi untuk menjawab pertanyaan yang sudah disusun terkait fungsi dan kedudukan UUD 1945 dalam sistem hukum nasional dengan rasa ingin tahu dan semangat tanggung jawab kelompok
-Menghubungkan informasi yang diperoleh dan mengambil kesimpulan berdasarkan informasi yang diperoleh dengan percaya diri
-Menyusun laporan dan menyajikan hasil telaah tentang makna, fungsi, dan kedudukan UUD 1945 dalam sistem hukum nasional juga peraturan – peraturan lainnya dengan percaya diri dan tanggung jawab
-Mensimulasikan peran tokoh dalam dalam merumuskan Undang-Undang Dasar negara Republik Indonesia Tahun 1945
Siswa mampu:
1.3 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk nilai dan semangat kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan republik
Mensyukuri rahmat Tuhan YME atas semangat kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan RI
-Mengamati gambar tentang urutan peraturan perundang-undangan dan membaca beragam peraturan perundang-undangan dan implementasinya sebagai wujud peduli dan syukur terhadap Tuhan Yang

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
indonsia
2.3 Menunjukkan sikap disiplin dalam menerapkan aturan sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam tata urutan peraturan perundanga-undangan nasional
3.3 Memahami tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum nasional di Indonesia
4.3 Mendemonstrasikan pola pengembangan tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum nasional nasional di Indonesia
Menceritakan sikap disiplin yang telah dilakukan dalam kehidupan sehari-hari
Tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum Nasional di Indonesia
-Makna tata urutan peraturan
-Proses pembentukan peraturan perundang-undangan
-Ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan
Maha Esa
-Mengidentifikasi berbagai pertanyaan dengan penuh rasa ingin tahu dan disiplin kelompok terhadap pengamatan yang telah dilakukannya
-Mencari informasi dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang sudah disusun dengan kerja sama kelompok
-Menghubungkan informasi yang diperoleh untuk menyimpulkan tentang makna tata urutan peraturan perundang-undangan dan mengambil kesimpulan secara jujur dan bertanggung jawab
-Menyusun laporan hasil telaah tentang makna tata urutan peraturan perundang-undangan secara tertulis dan menyajikan hasil telaah di kelas serta memajang hasil telaah (display) di dinding kelas dengan bangga dan penuh rasa tanggung jawab
-Mensimulasikan peran tokoh dalam menyusun tata urutan perundang-undangan
Siswa mampu:
1.4 Mensyukuri nilai dan semangat kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia secara tulus.
2.4 Bertanggung jawab terhadap makna dan arti penting kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan republik indonesia
3.4 Menganalisa makna dan arti kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan republik Indonesia
4.4 Menyaji hasil penalaran tentang tokoh kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan republik Indonesia
Kebangkitan Nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan
-Makna kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan
-Arti penting kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan
-Peran Tokoh kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan nasional
-Mengamati gambar tentang Kebangkitan Nasional 1908 dengan ikhkas sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
-Melakukan kerja sama kelompok mengidentifikasi pertanyaan tentang makna Kebangkitan Nasional 1908 bagi bangsa Indonesia
-Mencari informasi untuk menjawab pertanyaan tentang arti Kebangkitan Nasional 1908 bagi perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia dengan penuh rasa tanggung jawab
-Menghubungkan informasi yang diperoleh secara jujur untuk menyimpulkan tentang makna Kebangkitan Nasional 1908 bagi bangsa Indonesia
-Menyusun laporan dan menyajikan hasil telaah tentang makna Kebangkitan Nasional 1908 dengan percaya diri
-Mensimulasikan peran tokoh kejuangan kebangkitan nasional
Siswa mampu:

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
1.5 Menjalankan perilaku orang beriman sesuai nilai dan semangat Sumpah Pemuda Tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.5 Mengembangkan sikap toleransi sesuai nilai dan semangat sumpah pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 3.5 Memproyeksikan nilai dan semangat sumpah pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.5 Mengaitkan hasil proyeksi nilai-nilai dan semangat Sumpah Pemuda Tahun 1928 dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dengan kehidupan sehari-hari
Semangat sumpah pemuda yang harus dimiliki oleh pelajar
Sumpah Pemuda Tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
-Makna Sumpah Pemuda
-Arti penting Sumpah Pemuda bagi perjuangan Indonesia
-Semangat dan komitmen sumpah pemuda bagi bangsa dan Negara Indonesia
-Mengamati gambar tentang persitiwa Sumpah Pemuda dan keberagaman masyarakat Indonesia sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha esa
-Melakukan kerja sama dengan kelompok mengidentifikasi Pertanyaan-pertanyaan tentang makna Sumpah Pemuda 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
-Mencari informasi bersama dengan anggota kelompok yang beragam untuk menjawab pertanyaan tentang arti sumpah pemuda bagi perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
-Menghubungkan informasi yang diperoleh untuk menyimpulkan tentang makna sumpah pemuda bagi bangsa Indonesia dengan penuh rasa tanggung jawab
-Menyusun laporan hasil telaah tentang makna sumpah pemuda dan menyajikan hasil telaah di depan kelas dengan semangat saling menghargai dan menghormati
-Mensimulasikan peran tokoh Sumpah Pemuda
Siswa mampu:
1.6 Mensyukuri semangat dan komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat NKRI yang berketuhanan yang maha esa
2.6 Menunjukkan sikap gotong royong sebagai wujud nyata semangat dan komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia
3.6 Menginterpretasikan semangat dan komitmen kebangsaan kolektif untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kontek kehidupan siswa
4.6 Mengorganisasikan kegiatan lingkungan yang mencerminkan semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat negara kesatuan republik
Mensyukuri semangat yang dimiliki oleh para pejuang sehingga NKRI dapat terwujud
Semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
-Makna semangat dan komitmen kebangsaan
-Arti penting semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
-Peran tokoh masyarakat akan pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
-Mengamati gambar/ tayangan vidio sidang MPR dalam membuat keputusan/ komitmen dengan penuh bangga dan syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
-Mengidentifikasi pertanyaan-pertanyaan secara bekerja sama dengan kelompoknya terkait dengan pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
-Mencari informasi dari berbagai sumber secara bertanggung jawab untuk menjawab berbagai pertanyaan yang telah tersusun
-Menghubungkan berbagai informasi yang didapatkannya untuk membuat simpulan jawaban terhadap pertanyaan yang ada
-Menyusun laporan hasil telaah tentang semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI dengan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
indonesia
penuh rasa tanggung jawab
-Mensimulasikan peran tokoh masyarakat akan pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI

Kompetensi Dasar (KD), Materi, dan Pembelajaran PPKn Kelas IX Kurikulum 2013 Revisi 2017
Alokasi waktu : 3 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Siswa mampu:
1.1 Mensyukuri perwujudan pancasila sebagai dasar negara yang merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2 Menunjukkan sikap bangga akan tanah air sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara
3.1 Membandingkan antara peristiwa dan dinamika yang terjadi di masyarakat dengan praktik ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
4.1 Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang peristiwa dan dinamika yang terjadi di masyarakat terkait penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
Dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
-Penerapan Pancasila dari masa ke masa
-Dinamika nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan jaman
-Langkah-langkah perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dalam berbagai kehidupan
-Membaca buku teks/ berita/ artikel tentang dinamika Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup dan menyimak dari berbagai sumber tentang perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dengan penuh rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
-Mengidentifikasi pertanyaan tentang langkah-langkah untuk mewujudkan Pancasila sebagai dasar dengan penuh rasa ingin tahu dan kerja sama kelompok
-Mencari informasi dari berbagai sumber tentang arti penting mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dengan penuh rasa ingin tahu dan semangat gotong royong
-Menghubungkan berbagai informasi yang didapat untuk menjawab berbagai pertanyaan yang telah disusun dengan kerja sama kelompok
-Menyusun dan menyajikan hasil analisis tentang dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dengan penuh rasa tanggung jawab
-Mendemonstrasikan peran tokoh nasional dalam perwujudan Pancasila sebagai dasar negara
Siswa mampu:
1.2 Menghargai isi alinea dan
Pokok-pokok pikiran
-Mengamati vidio/ film/

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.2 Melaksanakan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.2 Mensintesiskan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.2 Menyajikan hasil sintesis isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
dalam Pembukaan UUD negara Republik Indonesia Tahun 1945
-Makna alinea Pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945
-Makna pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD negara Republik Indonesia Tahun 1945
-Sikap positif terhadap pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
gambar tentang makna pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
-Mengidentifikasi dan mengajukan pertanyaan tentang arti penting pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan penuh tanggung jawab
-Mencari informasi dari berbagai sumber tentang pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
-Menyimpulkan makna pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai hasil kerja sama kelompok
-Menyusun paparan dan mempresentasikan secara kelompok tentang pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD Negara Repuplik Indonesia dengan penuh disiplin dan tanggung jawab
-Menerapkan isi alinea dan pokok Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 di kelas
Siswa mampu:
1.3 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas bentuk dan kedaulatan Negara Republik Indonesia
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mendukung bentuk dan kedaulatan negara
3.3 Memahami ketentuan tentang bentuk dan kedaulatan negara sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.3 Memaparkan penerapan tentang bentuk dan kedaulatan negara sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia
-Hakekat dan teori tentang Kedaulatan
-Bentuk Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945
-Prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
-Melaksanakan prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-
-Mengamati dari vidio/film/gambar tentang kedaulatan Negara RI sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
-Mengidentifikasikan pertanyaan tentang hakekat kedaualatan dan kedaulatan menurut UUD 1945 serta prinsip-prinsip kedaulatan yang sesuai dengan UUD Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945 dengan penuh disiplin
-Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang Dasar negara Kesatuan Republik Indonesia

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Undang Dasar negara Republik Indonesia Tahun 1945
Tahun 1945 dengan penuh tanggung jawab
-Menyimpulkan tentang prinsip-prinsip kedaulatan dengan penerapan kedaulatan yang sesuai dengan UUD Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945
-Menyajikan hasil telaah tentang kedaulatan yang sesuai dengan UUD Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945 dengan penuh rasa tanggung jawab
-Mensimulasikan pemilihan ketua RT/Bupati
Siswa mampu:
1.4 Menghormati keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (sara) di masyarakat sebagai pemberian Tuhan Yang Maha Esa
2.4 Mengutamakan sikap toleran dalam menghadapi masalah akibat keberagaman kehidupan bermasyarakat dan cara pemecahannya
3.4 Menganalisis prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (sara), sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.4 Mendemonstrasikan hasil analisis prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (sara) dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Keberagaman masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
-Makna persatuan dalam kebangsaan
-Prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan
-Permasalahan yang muncul dalam keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan
-Upaya pencegahan konflik yang bersifat SARA
-Mengamati masalah-masalah yang terjadi di lingkungan sekitar dengan jujur
-Mengidentifikasi pertanyaan tentang masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat dengan kerja sama kelompok
-Mengajukan pertanyaan tentang berbagai masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat dan cara pemecahannya dengan saling menghormati
-Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang masalah-masalah dalam masyarakat yang dapat diselesaikan dengan cara kekeluargaan
-Menentukan hubungan berbagai masalah yang muncul dengan keberagaman masyarakat dan cara pemecahan serta pencegahan dengan kerja sama kelompok
-Menyajikan hasil telaah rencana tindakan dalam rangka menyelesaikan berbagai masalah dalam masyarakat dengan sikap saling menghargai
-Mensimulasikan peran mediator dalam menyelesaikan masalah SARA
Siswa mampu:
1.5 Mengapresiasi prinsip harmoni dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan
Harmoni Keberagaman Masyarakat Indonesia
-Makna harmoni
-Membaca dari berbagai sumber dan mendiskusikan tentang masalah yang muncul dalam keberagaman

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
(sara) sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.5 Menunjukkan sikap peduli terhadap masalah-masalah yang muncul dalam bidang sosial, budaya, ekonomi, dan gender di masyarakat dan cara pemecahannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.5 Menganalisis prinsip harmoni dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (sara) sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.5 Menyampaikan hasil analisis prinsip harmoni dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (sara) sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
keberagaman dalam bidang sosial, budaya, ekonomi dan gender dalam Bhinneka Tunggal Ika
-Permasalahan keberagaman masyarakat Indonesia
-Akibat yang ditimbulkan oleh terjadinya masalah yang muncul
-Upaya menyelesaikan masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat Indonesia
masyarakat dan cara pemecahannya sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
-Mengidentifikasi pertanyaan tentang masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat dan cara pemecahannya dengan sikap saling menghargai
-Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang masalah-masalah dalam masyarakat yang dapat diselesaikan dengan cara kekeluargaan
-Menentukan hubungan berbagai masalah yang muncul dengan keberagaman masyarakat dan cara pemecahannya dengan kerja sama kelompok
-Menyajikan hasil telaah rencana tindakan dalam rangka menyelesaikan berbagai masalah dalam masyarakat dengan penuh tanggung jawab
-Mensimulasikan peran mediator dalam menyelesaikan masalah sosial, budaya, ekonomi dan gender
Siswa mampu:
1.6 Menunjukkan perilaku orang beriman dalam mencintai tanah air dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
2.6 Mengutamakan sikap disiplin sebagai warga negara sejalan dengan konsep bela negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
3.6 Mengkreasikan konsep cinta tanah air/bela negara dalam konteks negara kesatuan republik indonesia
4.6 Mengorganisasikan kegiatan lingkungan yang mencerminkan konsep cinta tanah air dalam konteks kehidupan sehari-hari
Konsep cinta tanah air/ bela negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
a. Makna bela negara
b. Perundang-undangan yang mengatur bela negara
c. Perjuangan mempertahankan NKRI
d. Ancaman terhadap NKRI saat ini
e. Semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI
-Mengamati film/wacana dan mengkaji dari berbagai sumber informasi tentang sejarah perjuangan mempertahankan NKRI secara jujur sebagai wujud orang yang beriman
-Mengidentifikasi/ mengajukan pertanyaan tentang perjuangan mempertahankan NKRI dan ancaman terhadap NKRI saat ini dengan penuh disiplin
-Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang berbagai ancaman terhadap NKRI saat ini dengan semangat kerja sama kelompok
-Menghubungkan berbagai informasi untuk menjawab berbagai pertanyaan yang ada dengan semangat kebersamaan dan kekeluargaan menentukan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
hubungan
-Mencoba menyusun dan menyajikan gagasan penguatan komitmen mempertahankan NKRI sebagai wujud syukur terhadap Tuhan YME
-Mensimulasikan peran pahlawan dalam membela NKRI

Itulah sekilas yang dapat Admin sampaikan pada tulisan artikel ini, dan untuk lebih lengkap mengenai KD, Materi, dan Pembelajaran PPKn dalam bentuk table seperti pada gambar di atas yang tentunya lebih jelas dan lengkap, silahkan langsung saja untuk Bapak dan Ibu mendownloadnya pada link di bawah ini.
Download Kompetensi Dasar (KD), Materi, dan Pembelajaran PPKn Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 pdf
logoblog
Klik Bagikan sebelum Download

Thanks for reading Kompetensi Dasar (KD), Materi, dan Pembelajaran PPKn Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017, Silahkan Share dulu sebelum Anda Download file lengkapnya di bawah ini!

SILAHKAN SHARE/BAGIKAN DAHULU SEBELUM MENDOWNLOAD FILE LENGKAPNYA DI BAWAH INI !
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar