Rabu, 11 Oktober 2017

RPP PAI dan Budi Pekerti Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017

  Guru Kelas       Rabu, 11 Oktober 2017
Download RPP PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 7 8 9 (VII, VIII, IX) Kurikulum 2013 Revisi 2017 merupakan perangkat pembelajaran yang harus di miliki dan di buat oleh setiap Guru. Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.

Selanjutnya menurut Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, tahapan pertama dalam pembelajaran menurut standar proses adalah perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan peyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu mengacu pada silabus. Setiap pendidik pada suatu pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema dan dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
RPP PAI dan Budi Pekerti Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Contoh RPP PAI Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 

Berikut contoh RPP Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti KelasVII semester 1 Satu Kurikulum 2013.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama sekolah : SMP ....................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester : VII/Satu
Materi Pokok : Iman Kepada Allah Swt.
Alokasi Waktu : 6 JP (2 pertemuan)

A. Kompetensi Inti:
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya yang terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
NO KOMPETENSI DASAR INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1 1.3 meyakini bahwa Allah Maha Mengetahui, Maha Waspada, Maha Mendengar, dan Maha Melihat
1.3.1 Beriman kepada Allah sebagai implementasidari rukun iman yang pertama
2 2.3 menunjukkan perilaku percaya diri, tekun, teliti, dan kerja keras sebagai
implementasi makna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
2.3.1 berperilaku percaya diri, tekun, teliti, dan kerja keras sebagai implementasi makna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al- Bashir dalam kehidupan sehari-hari
3 3.3 memahami makna al- Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
3.3.1 Menjelaskan pengertian iman kepada Allah.
3.3.2 Menunjukkan dalil naqli tentang iman kepada Allah.
3.3.3 Menjelaskan pengertian al Asmaul Husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al- Bashir.
3.3.4 Menjelaskan makna al Asmaul Husna: Al- ’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
4 4.3 menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asma‘u al- Husna: al-’Alim, al- Khabir, as-Sami’, dan al- Bashir
4.3.1 Mencontohkan perilaku mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul Husna al ‘Alim.
4.3.2 Mencontohkan perilaku mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul Husna al Khabir.
4.3.3 Mencontohkan perilaku mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul Husna as Sami’.
4.3.4 Mencontohkan perilaku mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul Husna al Bashir

C. Tujuan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
a. Menjelaskan pengertian iman kepada Allah dengan benar.
b. Menunjukkan dalil naqli tentang iman kepada Allah dengan tepat,
c. Menjelaskan pengertian al Asmaul Husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dengan benar.
d. Menjelaskan makna al Asmaul Husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al- Bashir dengan tepat
2. Pertemuan 2
a. Mencontohkan perilaku mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul Husna al ‘Alim.
b. Mencontohkan perilaku mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul Husna al Khabir.
c. Mencontohkan perilaku mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul Husna as Sami’.
d. Mencontohkan perilaku mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul Husna al Bashir

D. Materi Pembelajaran
1. Pertemuan 1
a. Pengertian iman kepada Allah.
b. Dalil naqli tentang iman kepada Allah.
c. Pengertian al-Asmaul Husna: al ‘Alim, al Khabir, as Sami’, al Bashir.
d. Makna al-Asmaul Husna: al ‘Alim, al Khabir, as Sami’, al Bashir
2. Pertemuan 2
a. Contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul Husna al ‘Alim.
b. Contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul Husna al Khabir.
c. Contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul Husna as Sami’.
d. Contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul Husna al Bashir

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Metode : kooperatif
3. Teknik : jigsaw

F. Media pembelajaran
a. VCD Pembelajaran al-Asmaul Husna Interaktif .
b. Presentasi dengan aplikasi Power Point yang berjudul asmaul husna

G. Sumber Belajar
a. Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.
b. Mustahdi dan Sumiyati. 2013. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c. Mustahdi dan Sumiyati. 2013. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII/Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

H. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama:
1. Pendahuluan (12 menit)
2. Kegiatan Inti (90 menit)
3. Penutup (18 menit)

Pertemuan Kedua:
1. Pendahuluan (12 menit)
2. Kegiatan inti (90 menit)
3. Penutup (18 menit)

Demikian yang dapat Admin tuliskan untuk Rencan Pelaksanaan Pembelajaran K13 Revisi 2017, Lebih lengkap dan jelas mengenai RPP IPA Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 7 silahkan untuk langsung saja Bapak dan Ibu mendownlaod filenya yang telah di sediakan dibawah ini sesuai dengan kebutuhannya mengenai Topik dan Sub topik pada link berikut.
logoblog
Klik Bagikan sebelum Download

Thanks for reading RPP PAI dan Budi Pekerti Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017, Silahkan Share dulu sebelum Anda Download file lengkapnya di bawah ini!

SILAHKAN SHARE/BAGIKAN DAHULU SEBELUM MENDOWNLOAD FILE LENGKAPNYA DI BAWAH INI !
Previous
« Prev Post

2 komentar: