Rabu, 11 Oktober 2017

Silabus PAI Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017

  Guru Kelas       Rabu, 11 Oktober 2017
Download Silabus PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 7 8 9 (VII, VIII, dan IX) Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017 ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa. Silabus ini merupakan acuan bagi guru dalam melakukan pembelajaran agar siswa mampu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan sehari-hari. Upaya peningkatan keimanana dan ketakwaan tersebut dilakukan dengan memperhatikan nilai-nilai Islam rahmatan lilalamin yang mengedepankan prinsip prinsip Islam yang humanis, toleran, demokratis, dan multikultural.

Daftar isi Silabus PAI Kelas 7 8 9 K13 Revisi 2017
I. PENDAHULUAN
A. Rasional 1
B. Kompetensi yang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Pendidikan Dasar dan
Menengah 3
C. Kompetensi yng Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah
Tsanawiyah 3
D. Kerangka Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah 6
E. Pembelajaran dan Penilaian
1. Pembelajaran
2. Penilaian
8
F. Kontekstualisasi Pembelajaran Sesuai dengan Kondisi Lingkungan dan
Siswa 10
II. KOMPETENSI DASAR, MATERI POKOK, DAN PEMBELAJARAN 11
A. Kelas VII 11
B. Kelas VIII 23
C. Kelas IX 36
III. MODEL SILABUS SATUAN PENDIDIKAN 49
A. Kelas VII 49
B. Kelas VIII 51
C. Kelas IX 52
IV. MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 56
A. Kelas VII 56
B. Kelas VIII 64
C. Kelas IX

Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keunggulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan kemampuan siswa.
Silabus PAI Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Silabus PAI dan Budi Pekerti Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 

Kompetensi yag Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam hal keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan pendidikan ini kemudian dirumuskan secara khusus dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai berikut:

  • menumbuhkembangkan aqidah melalui pemberian, pembinaan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman siswa tentang Agama Islam sehingga menjadi muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah Swt; dan
  • mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam kehidupan sebagai warga masyarakat, warga negara, dan warga dunia.

Kompetensi yag Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kempetensi yang Diharapkan setelah siswa mempelajari Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP/MTs dapat dilihat pada Tabel Peta Kompetensi yang memberikan gambaran umum tentang capaian kompetensi mulai SD/MI sampai dengan SMA/MA/SMK/MAK.

Demikian sekilas yang dapat Admin tulisakan dari isi Silabus PAI dan Budi Pekerti Kelas VII, VIII, IX Kurikulum 2013 Revisi tahun 2017 dan untuk lebih lengkap, Bapak dan Ibu dapat langsung mendownload file lengkapnya dalam bentuk pdf yang telah Admin sediakan di bawah ini.
Download Silabus PAI Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017
logoblog
Klik Bagikan sebelum Download

Thanks for reading Silabus PAI Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017, Silahkan Share dulu sebelum Anda Download file lengkapnya di bawah ini!

SILAHKAN SHARE/BAGIKAN DAHULU SEBELUM MENDOWNLOAD FILE LENGKAPNYA DI BAWAH INI !
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar