Selasa, 17 Oktober 2017

Silabus Bahasa Inggris Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Tahun 2017 SMP/ MTs

  Guru Kelas       Selasa, 17 Oktober 2017
Silabus Bahasa Inggris Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Tahun 2017 SMP/ MTs
Download Silabus Bahasa Inggris Kelas 7 8 9/ VII VIII IX Kurikulum 2013 ZRevisi Tahun 2017 SMP/ MTs - Pengajaran bahasa Inggris K13 berfokus pada peningkatan kompetensi siswa untuk mampu menggunakan bahasa tersebut dalam mencapai tujuan komunikasi di berbagai konteks, baik lisan maupun tulis. Salah satu pendekatan yang berfokus pada peningkatan kompetensi siswa untuk menggunakan bahasa yang dipelajarinya dalam berbagai tujuan komunikasi adalah pengajaran berbasis teks. Pembelajaran ini adalah pembelajaran yang mengacu pada fungsi bahasa dan penggunaannya, yang merupakan satu kesatuan makna baik lisan maupun tulis. Adapun yang dimaksud dengan teks adalah kesatuan makna yang dapat terdiri atas satu kata seperti kata ‘stop’ dipinggir jalan, satu frase ‘no smoking’, satu kalimat berupa pengumuman sampai satu buku. Dengan demikian, pembelajaran berbasis genre sangat relevan untuk diterapkan.

Pembelajaran bahasa Inggris Kelas 7 8 9 Kurtilas Revisi Tahun 2017 berbasis teks mendukung pembelajaran pada mata pelajaran lain dalam kurikulum. Misalnya, pembelajaran teks deskriptif akan mengembangkan kemampuan siswa antara lain pada mata pelajaran Seni Budaya untuk mempromosikan wisata di Indonesia. Selain itu, pembelajaran jenis teks lain akan membantu siswa dalam memperluas wawasan keilmuannya tentang materi dalam mata pelajaran lain dalam skala
internasional.

Silabus Bahasa Inggris Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Tahun 2017 ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien,tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable); dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.

Silabus B.Inggris SMP/ MTs Kelas VII, VIII dan IX ini merupakan acuan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keunggulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan
kemampuan siswa.

Silabus Bahasa Inggris SMP MTs Kelas 7 8 9 K13 Tahun 2017

Berikut gambaran sekilas untuk Silabus Bahasa Inggris Kelas 7/ VII Kurikulum 2013 Tahun 2017 SMP/ MTs.
Alokasi Waktu : 8 Jam Pelajaran ( 4 Pertemuan)
Kompetensi Dasar
3.7 membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.7 Teks Deskriptif
4.7.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda
4.7.2 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

Materi Pokok dan Materi Pembelajaran
Fungsi sosial
- Membanggakan seseorang,
- mempromosikan benda tertentu,
- mengenalkan binatang kesayangan
Struktur teks
Mencakup:
- identifikasi
- deskripsi tentang sifat orang, tempat, binatang
- deskripsi tentang perilaku, fungsi manfaat, tindakan, kebiasaan yang menjadi penciri orang, tempat dan binatang, yang dibicarakan.
Unsur kebahasaan
- Kalimat deklaratif dalam simple present tense
- This is my teacher. His name is Mr ... He teaches us English.......
- I live in Cianjur.It’s not far from here. It’s popular for its rice.
- I have a pet. It’s a cat. It’s name is Pussy.......
- Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
Topik
- Orang, binatang, benda di sekitar satuan pendidikan

Kegiatan Pembelajaran
- Membaca beberapa teks deskriptif tentang orang, binatang-binatang dan benda di sekitar satuan pendidikan dengan atau tanpa media.
- Bertanya tentang informasi yang terkait di dalam teks tersebut (fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan)
- Mempelajari fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi yang telah dibaca secara lebih cermat dengan menggunakan a.l. alat analisis (misalnya tabel atau bagan mind-map)
- Mengumpulkan data tentang orang, binatang dan benda yang diperlukan untuk mendeskripsikan sesuai dengan tujuannya.
- Dalam kelompok membuat proyek kecil: dengan bantuan mindmap, membuat teks deskripsi tentang orang, benda dan binatang.
- Menempelkan teks di dinding kelas dan bertanya jawab dengan pembaca (siswa lain, guru) yang datang membacanya
- Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya

Penilaian
Cara menilai Penilaian dilakukan pada tiga unsur kompetensi, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan Sikap Observasi terhadap sikap yang menonjol selama proses pembelajaran, baik yang positif maupun yang negatif yang dicatat dalam buku jurnal. Pengetahuan penilaian lisan/tertulis yang mencakup: Fungsi social, Struktur teks dan Unsur kebahasaan Keterampilan Penilaian praktik atau proyek mendeskripsikan orang, binatang dan benda dengan memperhatikan ketepatan penggunaan Fungsi social, Struktur teks dan Unsur kebahasaan.

Itulah sekilas yang dapat Admin sampaikan pada kesempatan Artikel ini mengenai Silabus Bahasa Inggris Kelas SMP/ MTs K13 Revisi 2017. Dan untuk lebih lengkap mengenai Silabus tersebut sebagai sebuah perangkat/ program pembelajaran yang harus Bapak dan Ibu miliki, silahkan untuk mendownloadnya pada link di bawah ini.
Download Silabus Bahasa Inggris Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Tahun 2017 SMP/ MTs Lengkap
logoblog
Klik Bagikan sebelum Download

Thanks for reading Silabus Bahasa Inggris Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Tahun 2017 SMP/ MTs, Silahkan Share dulu sebelum Anda Download file lengkapnya di bawah ini!

SILAHKAN SHARE/BAGIKAN DAHULU SEBELUM MENDOWNLOAD FILE LENGKAPNYA DI BAWAH INI !
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar