Rabu, 25 Oktober 2017

Silabus PJOK SMP/ MTs Kurikulum 2013 Tahun 2017 Kelas 7 8 9

  Guru Kelas       Rabu, 25 Oktober 2017
Silabus PJOK Kurikulum 2013 Tahun 2017 Kelas 7 8 9
Silabus PJOK SMP/ MTs Kurikulum 2013 Tahun 2017 Kelas 7 8 9, Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) merupakan salah satu mata pelajaran pada K13. PJOK merupakan bagian integral dari program pendidikan nasional, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui pembekalan pengalaman belajar menggunakan aktivitas jasmani terpilih yang dilakukan secara sistematis yang dilandasi nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Silabus PJOK Kelas VII, VII, dan IX Kurtilas Tahun 2017 ini merupakan acuan bagi guru dalam melakukan pembelajaran agar siswa mampu mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih sesuai dengan tujuan. Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkannya lagi sesuai kebutuhan dan mengakomodasi keungulankeunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang untuk mencapai kompetensi dasar yang diharapkan. Kegiatan pembelajaran yang termuat di dalam silabus ini merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan tingkat perkembangan siswa.

Silabus PJOK Kelas 7 8 9 SMP/ MTs Kurikulum 2013 Tahun 2017 

Kompetensi Dasar
3.3 Memahami gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3 Mempraktikkan gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional.

Materi Pokok dan Materi Pembelajaran
Lari Jarak Pendek:
Start Jongkok :
a. Aba-aba “bersedia”
b. Aba-aba “siap”
c. Aba-aba “ ya”
Gerakan lari jarak pendek:
a. Ayunan lengan
b. Langkah kaki
c. Posisi tubuh
d. Pandangan
Memasuki garis finish

Kegiatan Pembelajaran
  • Siswa menyimak informasi dan peragaan materi tentang gerak spesifik lari jarak pendek yang terdiri atas gerak start jongkok pada saat aba-aba “bersedia”, “siap” dan “ya”, gerakan lari jarak pendek serta teknik memasuki garis finish
  • Siswa mencoba dan melakukan gerak spesifik lari jarak pendek yang terdiri atas gerak start jongkok yaitu pada saat aba aba “bersedia” siswa menempatkan diri pada start block dengan berat badan dibagi seimbang pada lutut belakang dan tangan. Lengan direntangkan selebar bahu dan tangan berada di belakang garis start. Ibu jari dan empat jari lainnya membentuk huruf “V”, bahu didorong ke depan sedikit melampaui tangan; abaaba “siap” siswa mengangkat pinggulnya sehingga sudut kaki depan sekitar 80-90 derajat pada lutut dan sudut kaki belakang 110-130 derajat pada lutut. Berat badan secara seimbang ditopang oleh kedua tangan dan kaki yang mnyentuh start block. Punggung dan kepala membentuk garis lurus dengan pandangan lurus ke depan; dan aba-aba “ya” siswa meluruskan kaki depan dengan kuat dan lutut kaki belakang digerakan ke depan. Lengan bergerak dengan cepat untuk mengimbangi gerakan kaki yang kuat, badan dicondongkan ke depan selama 5-6 meter pertama yang selanjutnya menggunakan posisi sprint dengan tubuh lebih tegak untuk sisa lomba; gerakan lari jarak pendek dimana lengan diayun ke depan dan ke belakang, tangan dan siku dibengkokkan, kaki  digerakkan cepat dengan lutut diangkat tinggi, berat badan terpusat pada pinggang, semua otot badan rileks dan pandangan ke depan, serta teknik memasuki garis finish dengan cara lari terus tanpa menurunkan kecepatan lari, merebahkan bahu ke depan atau memiringkan salah satu bahu ke depan
  • Siswa mendapatkan umpan balik dari diri sendiri, teman dalam kelompok, dan guru.
  • Siswa memperagakan hasil belajar gerak spesifik lari jarak pendek ke dalam permainan sederhana dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin, percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama
Penilaian
  • Penilaian kompetensi sikap melalui teknik observasi dalam bentuk jurnal
  • Penilaian kompetensi pengetahuan melalui tes lisan, tes tulis, penugasan dan atau portofolio tentang pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural
  • Penilaian kompetensi keterampilan melalui teknik kinerja dan atau portofolio dengan disertai rubrik
Demikian yang dapat Admin sampaikan mengenai Silabus PJOK SMP/ MTs Kurikulum 2013 Tahun 2017 Kelas 7 8 9, untuk lebih lengkap mengenai Silbus tersebut dan silabus lainnya untuk kelas VII, VII, dan IX Bapak dan Ibu dapat mendownload filenya secara lengkap pada link di bawah ini.
logoblog
Klik Bagikan sebelum Download

Thanks for reading Silabus PJOK SMP/ MTs Kurikulum 2013 Tahun 2017 Kelas 7 8 9, Silahkan Share dulu sebelum Anda Download file lengkapnya di bawah ini!

SILAHKAN SHARE/BAGIKAN DAHULU SEBELUM MENDOWNLOAD FILE LENGKAPNYA DI BAWAH INI !
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar