Rabu, 15 November 2017

Penilaian Kurikulum 2013 SMP MTs Tahun 2017-2018

  Guru Kelas       Rabu, 15 November 2017
Penilaian Kurikulum 2013 SMP MTs Tahun Pelajaran 2017-2018 merupakan bagian dari K13 yang menjadi sebuah kendala yang masih belum di pahami oleh setiap Guru di karenakan berbagai aspek yang di tilai sangatlah beragam. Maka dari itu Kemendikbud menguluarkan Panduan Penilaian ini dengan tujuan Merencanakan, mengembangkan instrumen, dan melaksanakan penilaian hasil belajar, Menganalisis dan menyusun laporan, termasuk mengisi rapor serta memanfaatkan hasil penilaian, Menerapkan program remedial bagi peserta didik yang belum mencapai KKM, dan program pengayaan bagi peserta didik yang telah mencapai KKM dan Melaksanakan supervisi penilaian.

Di dalam file ini pun telah di berikan Contoh Penilaian K13 SMP MTs Tahun 2017 sehingga setiap Guru akan terbantu dalam proses penilaian yang baik dan benar sesuai dengan ketentuannya mencakup konsep penilaian, penilaian oleh pendidik, dan penilaian oleh satuan pendidikan.Penilaian oleh pendidik meliputi penilaian aspek sikap, penilaian aspek pengetahuan, dan penilaian aspek keterampilan.Lingkup penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan mencakup aspek pengetahuan dan aspek keterampilan, sedangkan penilaian aspek sikap dilakukan oleh pendidik dan dilaporkan oleh satuan pendidikan.

Di kesempatan Artikel ini Admin Akses Guru akan membagikan link download Penilaian Kurikulum 2013 SMP/ MTs Tahun 2017 secara lengkap dalam betuk pdf.

Penilaian  SMP dan MTs Kurikulum 2013 Tahun 2017

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 ini diperuntukkan terutama bagi pihak-pihak berikut.
1. Pendidik SMP sebagai pedoman dalam merencanakan, melaksanakan penilaian, mengolah, memanfaatkan hasil penilaian, dan menyusun rapor;
2. Kepala sekolah dan pengawas untuk merancang program supervisi pendidikan yang berkaitan dengan penilaian oleh pendidik di sekolah; dan
3. Pihak-pihak lain yang terkait dengan penilaian pencapaian kompetensi peserta didik.

Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Pengumpulan informasi tersebut ditempuh melalui berbagai teknik penilaian, menggunakan berbagai instrumen, dan berasal dari berbagai sumber. Penilaian harus dilakukan secara efektif. Oleh karena itu, meskipun informasi dikumpulkan sebanyak-banyaknya dengan berbagai upaya, tapi kumpulan informasi tersebut tidak hanya lengkap dalam memberikan gambaran, tetapi juga harus akurat untuk menghasilkan keputusan.
Pengumpulan informasi pencapaian hasil belajar peserta didik memerlukan metode dan instrumen penilaian, serta prosedur analisis sesuai dengan karakteristiknya masing-masing. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dengan KD sebagai kompetensi minimal yang harus dicapai oleh peserta didik. Untuk mengetahui ketercapaian KD, pendidik harus merumuskan sejumlah indikator sebagai acuan penilaian. Pendidik atau sekolah juga harus menentukan kriteria untuk memutuskan apakah seorang peserta didik sudah mencapai KKM atau belum.

Penilaian tidak hanya difokuskan pada hasil belajar tetapi juga pada proses belajar. Peserta didik dilibatkan dalam proses penilaian terhadap dirinya sendiri dan penilaian antar teman sebagai sarana untuk berlatih melakukan penilaian. Di bawah ini diuraikan secara singkat berbagai pendekatan penilaian, prinsip penilaian, serta penilaian dalam Kurikulum 2013.

Itulah sekilas yang dapat Admin jelaskan pada kesempatan kali ini dari isi Penilaian K13 SMP MTs 2017-2018, untuk lebih lengkap mengenai hal tersebut Admin telah menyiapkan filenya secara lengkap untuk membantu Bapak dan Ibu dalam proses penilaian. Silahkan untuk mengunduh filenya secara gratis pada link di bawah ini.
logoblog
Klik Bagikan sebelum Download

Thanks for reading Penilaian Kurikulum 2013 SMP MTs Tahun 2017-2018, Silahkan Share dulu sebelum Anda Download file lengkapnya di bawah ini!

SILAHKAN SHARE/BAGIKAN DAHULU SEBELUM MENDOWNLOAD FILE LENGKAPNYA DI BAWAH INI !
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar