Silabus yang Admin Akses Guru bagikan pada kesempatan kali ini merupakan edisi revisi tersbaru untuk tahun 2016/ 2017. dan bagi Anda yang pada tahun ini baru melaskankan K13 untuk kelas III tentunya file terbaru ini sangatlah di butuhkan.
Perangkat Pembalajaran Silabus Tematik Kelas 3 K13 Revisi ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya
Berikut akan Admin berikan secara lengkap link Download Silabus Tematik Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2016-2017 SD/ MI beserta gambaran dari silabus tersebut di bawah ini.
Silabus Pembelajaran Kelas 3 K13 Revisi 2016-2017 SD/ MI Tematik
Berikut salah satu contoh Silabus Tematik Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2016-2017 Tema 1:
SILABUS TEMATIK KELAS III
Satuan Pendidikan : SD
Kelas : III (Tiga)
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Tema 1
Mata Pelajaran
- Bahasa Indonesia
- Pendidikan Pancasila dan Kewarganega raan
- Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
- Seni Budaya dan Prakarya
- Matematika
Kompetensi Dasar
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan sosial di daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.4 Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.5 Memiliki kepedulian terhadap kehidupan hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.2Menguraikan teks arahan/petun-juk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.5 Menggali informasi dari teks permainan/dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.2 Menerangkan dan mempraktik-kan teks arahan/petun-juk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.5 Mendemonstrasikan teks permainan/dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain
3.1 Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktik-kan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
3.1 Mengenal karya seni gaya dekoratif
4.1 Menggambar dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
4.3 Menghias benda gaya dekoratif dengan media yang ada di lingkungan sekitar
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.2 Memahami letak bilangan pada garis bilangan
3.5 Menyederhanakan kesamaan dua ekspresi dengan menggunakan penambahan/ pengurangan bilangan sampai dua angka
4.1 Mengurai sebuah bilangan bulat sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan bulat lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
Materi Pembelajaran
• Bentuk dan ciri teks genre faktual (teks arahan/petunjuk), genre cerita (teks permainan/dolanan daerah)
• Konteks budaya, norma, serta konteks sosial yang melatarbelakangi lahirnya jenis teks
• Satuan bahasa pembentuk teks:
kalimat sederhana pola SPO dan
SPOK, kata, dan kelompok kata
• Penanda kebahasaan dalam teks
• Bentuk luar tubuh hewan dan
Tumbuhan
• Daur hidup makhluk hidup
• Perkembangbiakan tanaman
Hak, kewajiban, dan tanggung jawab warga negara
• Pola gerak dasar lokomotor pada permainan bola, aktivitas atletik dan atau olahraga tradisional
• Aktivitas Ritmik: gerak lokomotor berirama dan harmonis serta terkoordi-nasi
• Apresiasi dan kreasi karya seni rupa (dua dimensi: gambar dekoratif)
• Apresiasi dan kreasi prakarya (kerajinan dari bahan alam/buatan)
• Bilangan bulat
Tema
Sayangi Hewan dan Tumbuh-an di Sekitar
Kegiatan Pembelajaran
Pembelajaran
• Mengamati kebun sekolah
• Mengamati cara merawat hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman
• Membaca cerita tentang “Menyayangi Hewan dan Tumbuhan”
• Membaca teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman
• Membaca teks tentang permainan/dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan
• Mengamati permainan/dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan
• Menyimak penjelasan guru bahwa bermain merupakan hak anak, menyayangi hewan dan tumbuhan merupakan kewajiban kita
• Menyimak cerita guru bahwa tidur dan istirahat untuk menjaga kesehatan merupakan hak
• Menyimak penjelasan dan contoh guru tentang cara meng gambar dekoratif dan montase dengan motif tumbuhan/hewan
• Menyimak penjelasan dan contoh guru tentang konsep persamaan antara pasangan ekspresi, menggunakan penambahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka
• Menyimak penjelasan dan contoh guru tentang cara menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dan memeriksa kebenarannya serta menyatakan kalimat matematikanya dan mengemukakan dengan kalimat sendiri
• Mengamati besar sudut pada beberapa bangun datar (tanpa satuan baku)
Menanya
• Tanya jawab tentang kebun sekolah dan cara menyayangi tumbuhan serta hewan
• Mengajukan pertanyaan tentang cara merawat hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman yang tidak terdapat pada saat observasi langsung dan teks bacaan
• Mengajukan pertanyaan tentang permainan/dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan yang tidak terdapat pada saat observasi langsung dan teks bacaan
• Mengajukan pertanyaan tentang hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
• Tanya jawab tentang kebutuhan tidur, istirahat , dan olahraga untuk menjaga kesehatan
• Mengajukan pertanyaan tentang letak bilangan pada garis bilangan
• Mengajukan pertanyaan tentang konsep persamaan antara pasangan ekspresi, menggunakan penambahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka
• Mengajukan pertanyaan tentang cara menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dan memeriksa kebenarannya serta menyatakan kalimat matematikanya dan mengemukakan dengan kalimat sendiri dan memeriksa kebenarannya serta menyatakan kalimat matematikanya dan mengemukakan dengan kalimat sendiri
• Tanya jawab tentang besar sudut pada beberapa bangun datar (tanpa satuan baku)
Mengeksplorasi
• Menyiram tanaman di kebun sekolah
• Mengumpulkan data/informasi tambahan tentang cara merawat hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dari berbagai sumber lain (buku, internet, nara sumber, dan lain-lain)
• Mengumpulkan data/informasi tambahan tentang permainan/dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan dari berbagai sumber lain (buku, internet, teman, nara sumber, dan lain-lain)
• Mengumpulkan data/informasi tambahan tentang hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
dari berbagai sumber lain (buku, internet, teman, nara sumber, dan lain-lain)
• Mengumpulkan data/informasi tambahan tentang kebutuhan tidur, istirahat , dan olahraga untuk menjaga kesehatan
dari berbagai sumber lain (buku, internet, teman, nara sumber, dan lain-lain)
• Melakukan permainan/dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan, misalnya permainan “kucing dan tikus atau menjala ikan”
• Mengunjungi perpustakaan sebagai bentuk hak anak di sekolah (membaca, meminjam buku)
• Melalui sosiodrama dalam kelompok peserta didik mempraktekan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
• Membiasakan tidur, istirahat , dan olahraga teratur untuk menjaga kesehatan (misalnya dengan olahraga bersama setiap hari Rabu)
• Berlatih menggambar dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
• Berlatih menghias benda dengan gambar dekoratif
• Menghitung jumlah hasil karya siswa dan menuliskan angkanya pada garis bilangan dengan bimbingan guru
• Berlatih menentukan letak bilangan pada garis bilangan
• Mencongak penambahan dan pengurangan
• Latihan mengurai sebuah bilangan bulat sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan bulat lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
• Berlatih tentang konsep persamaan antara pasangan ekspresi, menggunakan penambahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka
• Berlatih menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dan memeriksa kebenarannya serta menyatakan kalimat matematikanya dan mengemukakan dengan kalimat sendiri
• Membandingkan besar sudut pada beberapa bangun datar (tanpa satuan baku)
• Mengurutkan besar sudut pada beberapa bangun datar (tanpa satuan baku)
• Mengelompokkan besar sudut pada beberapa bangun datar (tanpa satuan baku)
Mengasosiasi
• Menyimpulkan tentang cara merawat hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman
• Menyimpulkan tentang permainan/dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan
• Menyimpulkan tentang hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
• Menyimpulkan tentang kebutuhan tidur, istirahat , dan olahraga untuk menjaga kesehatan
Mengkomunikasikan
• Menceritakan pengalaman merawat hewan/tumbuhan secara lisan dengan bahasa yang santun
• Menulis kalimat tentang hewan dan tumbuhan dengan bahasa yang benar
• Menuliskan cerita tentang “Menyayangi Hewan dan Tumbuhan”
• Menjelaskan manfaat merawat hewan dan tumbuhan
• Menceritakan akibat tidak peduli kepada hewan dan tumbuhan
• Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan sederhana secara lisan dan tertulis
• Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan sederhana secara lisan dan tertulis
• Mengkomunikasikan hasil pengamatan secara lisan dan tertulis
• Memajang hasil karya siswa yang sudah selesai
• Menyanyikan lagu “Kebunku” sambil melihat video lagu tersebut dan bergerak sesuai irama lagu
• Menggambar beberapa bangun datar dengan besar sudut yang berbeda (tanpa satuan baku)
Penilaian
Tertulis:
• Menulis Kalimat
• tentang hewan dan tumbuhan dengan bahasa yang benar
• Menuliskan cerita tentang “Menyayangi Hewan dan Tumbuhan”
Lisan :
• hasil kreativitas anak dalam menciptakan berbagai jenis pertanyaan dari mengobservasi objek tertentu
• menjawab
• pertanyaan yang diajukan guru
• Produk :
- hasil menggambar
- Laporan hasil pengamatan
• Performance:
- bercerita, membaca cerita dan teks sesuai tema
- sosio drama tentang hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
• Penilaian proses : pengamatan tentang keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan dengan mengguna
kan skala sikap
Alokasi Waktu
3 minggu (M) x 30 jam pelajaran (JP)
Sumber Belajar
• Gambar/model hewan dan tumbuh-an
• Cerita tentang “Menyaya-ngi Hewan dan Tumbuh-an”
• Media elektronik
• Buku sumber yang relevan
• Teks arahan/
petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuh-an, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman
• Teks tentang permainan/dolanan daerah tentang kehidup-an hewan dan tumbuh-an
• Gambar dekoratif
• Bangun datar
• Kartu bilangan
Demikian sekilas yang dapat Admin tuliskan pada artikel ini untuk Silabus Tematik Kelas III K13 Revisi 2016-2017 , bagi Bapak dan Ibu yang ingin memiliki file lengkap untuk Silabus tersebut dapat mendownloadnya pada link yang telah Admin sediakan di bawah ini dalam bentuk doc (Ms.Word)
Download Silabus Pembelajaran Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2016-2017 SD/ MI Tematik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar