Kamis, 16 November 2017

Silabus Bahasa Indonesia SMK Kelas 10, 11, 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017

  Guru Kelas       Kamis, 16 November 2017
Silabus Bahasa Indonesia SMK Kelas 10, 11, 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017 yang Akses Guru bagikan pada kesempatan artikel ini merupakan hasil revisi terbaru yang tentunya merupakan perangkat pembelajaran yang di rekomendasikan untuk Bapak dan Ibu gunakan untuk kegiatan pembelajaran.
Bagi Anda Bapak dan Ibu yang mengampu pada tingkat pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Mata Pelajaran B.Indonesia dan saat ini sedang membutuhkan Contoh Silabus Bahasa Indonesia SMK Kelas 10, 11, 12 K13 Tahun 2017 di akhir artikel ini Admin akan membagikan secara lengkap.

Download Silabus K13 Bahasa Indonesia SMK adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar.

Silabus Bahasa Indonesia Kelas 10, 11, 12 SMK K13 Tahun 2017

Nama Sekolah  : SMK Plus Assuyuthiyyah
Mata Pelajaran  : Bahasa Indonesia
Kelas   : X
Alokasi waktu   : 78 × 45 menit
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Semenjana                                      
Kompetensi Dasar
1.1 Menyimak untuk memahami lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak  
1.2  Menyimak untuk memahami informasi lisan dalam konteks bermasyara-kat
1.3 Membaca cepat untuk memahami informasi tertulis dalam konteks bermasyara-kat
1.4 Memahami informasi tertulis dalam berbagai bentuk teks
1.5 Melafalkan kata dengan artikulasi yang tepat)
1.6   Memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat
1.7 Menggunakan kalimat yang baik, tepat, dan santun
1.8 Mengucapkan kalimat dengan jelas, lancar, bernalar, dan wajar  
1.9 Menulis dengan memanfaatkan kategori/kelas kata 
1.10 Membuat berbagai teks tertulis dalam konteks bermasyara-kat dengan memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat 
1.11 Menggunakan kalimat tanya secara tertulis sesuai dengan situasi komunikasi 
1.12 Membuat parafrasa dari teks tertulis

Materi Pembelajaran

• Membedakan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda
• Menyimak wacana dialog
• Mencatat lafal, tekanan, intonasi, dan jeda dengan berlatih menyimak
• Mengenal ragam bahasa baku

• Mengenal informasi lisan sebagai sumber informasi
• Menyimak rekaman berita 
• Mencatat isi pokok informasi dan uraian lisan yang bersifat faktual, spesifik, dan rinci
• Memahami informasi yang menyatakan proses dan hasil
• Memahami ragam bahasa
• Berlatih menyimak wacana secara efektif

• Mengenal teknik membaca cepat permulaan
• Membaca cepat lanjutan dengan teknik skimming dan scanning
• Pemanfaatan kamus
• Mencatat pokok-pokok informasi dalam wacana
• Makna kata dan penggunaan-nya

• Membedakan jenis-jenis karangan
• Memilih fakta, opini, dan menyimpulkannya
• Mengungkapkan kembali informasi yang telah dibaca
• Mengomunikasikan informasi nonverbal ke dalam informasi verbal dan sebaliknya
• Teknik membuat simpulan induktif dan deduktif
• Melafalkan kata secara benar dan lancar dalam membawakan acara
• Memperbaiki penggunaan bahasa Indonesia yang terpengaruh bahasa daerah/asing

• Memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat
• Memanfaatkan sinonim dan parafrasa

• Menggunakan kalimat yang komunikatif
• Menggunakan kalimat yang cermat dan santun

• Menggunakan pola tekanan kalimat efektif
• Membaca Lirik lagu dan Pidato dengan kalimat yang tepat

• Mengenal kategori/kelas kata dan bentuk kata dalam bahasa Indonesia
• Menggunakan kelas kata dan bentuk kata dalam menulis cerita sederhana 

• Membuat beberapa teks tertulis dalam konteks bermasyarakat: menulis efektif dengan berlatih membuat paragraf
• Mengenali pikiran utama dan koherensi paragraf dalam wacana tulis
• Menggunakan kalimat tanya secara tertulis sesuai dengan situasi komunikasi
• Menggunakan kalimat tanya dalam ragam lisan sesuai dengan santun berbahasa 

• Mengenal parafrasa
• Menyusun parafrasa tertulis


Kegiatan Pembelajaran
• mencermati penggunaan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda dalam kalimat ragam lisan dan tulis.
• mempraktikkan pelafalan baku, penggunaan tekanan, intonasi, dan jeda yang tepat dan bervariasi melalui latihan soal.
• menyimak penggunaan tekanan, intonasi, dan jeda dari rekaman wawancara atau menyimak pembacaan transkrip oleh guru atau  menyimak materi rekaman wawancara  yang diperagakan oleh dua siswa.
• mengenal ciri-ciri, fungsi, dan berlatih memberi komentar mengenai penggunaan ragam bahasa baku.
• mengenal bentuk-bentuk informasi lisan di lingkungan sekitar
• menyimak rekaman berita mengenai perdagangan
• mencatat isi pokok informasi dan mengidentifikasinya ke dalam peristiwa, fenomena, gagasan, khayalan, dan harapan  
• berdiskusi mengenai unsur intrinsik drama dan melakonkannya
• menyimpulkan penggunaan kata-kata berimbuhan yang menyatakan proses dan hasil
• memahami variasi kebahasaan dengan membaca konsep-konsepnya ragam bahasa
• mendaftar istilah-istilah asing yang terdapat pada berita dan memberi makna dengan cara membuka kamus 
• berdiskusi kelompok untuk menganalis wacana yang berbeda yang menunjukkan keragaman/variasi berbahasa
• mengenali tata cara proses 
• menyimak secara efektif
• memahami konsep membaca cepat permulaan
• mengidentifikasi kebiasaan membaca yang dilakukan dengan konsep membaca cepat yang seharusnya dilakukan
• memahami konsep membaca cepat dengan teknik skimming dan scanning dan memahami kunci keberhasilannya
• berlatih menghitung kecepatan  membaca dengan rumus tertentu
• memahami cara-cara menggunakan kamus yang efektif.
• menggunakan kamus sebagai sumber informasi yang  membantu mencari makna kata yang tidak diketahui sebelumnya
• memahami konsep makna kata leksikal dan gramatikal dan contoh-contohnya
• mengidentifikasi deretan kata-kata berdasarkan maknanya
• memahami konsep jenis-jenis karangan yang meliputi narasi, deskripsi, eksposisi, dan argumentasi lengkap dengan contoh-contohnya
• mencermati wacana yang menyatakan fakta dan opini
• berlatih mengubah informasi verbal ke dalam informasi nonverbal dan sebaliknya  
• memahami teknik membuat simpulan deduktif dan induktif
• berlatih membuat simpulan dengan teknik menyimpulkan secara deduktif dan induktif    
• diperdengarkan pembawaan acara dalam pidato kemudian menganalisis penggunaan bahasanya mengenai pengulangan kata, penggunaan kata asing yang tidak tepat, tempo bicara, artikulasi yang tepat 
• berlatih membuat susunan acara sebuah kegiatan, kemudian mempraktikkannya

• Pengenalah bentuk-bentuk kata yang tepat dalam bahasa Indonesia
• berlatih menggunakan bentuk kata dan ungkapan yang efektif
• mendeskripsikan hasil analisis kesalahan berbahasa
• memperhatikan contoh-contoh penggunaan bahasa dengan memperhatikan struktur kalimatnya
• mencatat bentuk-bentuk kata baru yang ditemukan dalam wacana
• membuat daftar penggunaan kata,  bentuk kata dan   ungkapan dalam kalimat yang tepat
• memahami konsep sinonim dan parafrasa beserta contoh-contohnya
• mengaplikasikan sinonim dan parafrasa dalam kalimat
• memahami konsep penggunaan kalimat yang komunikatif lengkap dengan contoh
• berlatih menganalisis penggunaan kalimat yang komunikatif
• membuat daftar kalimat-kalimat dari wacana yang bersifat komunikatif
• memahami konsep penggunaan kalimat yang baik, cermat, dan santun
• menggunakan kalimat yang baik, cermat, dan santun 
• memperagakan “berwawancara” menggunakan kalimat yang baik, cermat, dan santun; menyimpulkannya dengan kalimat yang baik, cermat, dan santun pula
• memahami konsep penggunaan kalimat yang efektif lengkap dengan contoh
• berlatih menganalisis penggunaan kalimat yang efektif
• memahami  lirik lagu dan pidato secara efektif

• memahami konsep kelas kata dalam Bahasa Indonesia melalui ciri-cirinya
• berlatih menganalisis penggunaan kalimat dengan memperhatikan kelas kata
• menggunakan kelas kata dan bentuk kata dalam menulis cerita pendek
• mendata kelas kata yang digunakan dalam pembuatan cerita

• memahami konsep menulis dan langkah-langkahnya
• berlatih membuat kerangka karangan
• berlatih menggunakan koherensi dalam kalimat atau paragraf
• menganalisis ciri-ciri wacana
• memahami konsep penulisan kalimat tanya dan kriterianya
• berlatih membuat kalimat tanya
• berlatih menggunakan kalimat tanya dalam konteks paragraf/wacana
• berlatih menggunakan kalimat tanya dalam ragam lisan


• memahami konsep parafrasa
• mengenal langkah-langkah pembuatan parafrasa 
• berlatih menyusun parafrasa dari berbagai tuturan  

Indikator
• membedakan lafal, tekanan, intonasi, dan  jeda yang lazim/baku dan yang tidak   
• mencatat lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak dari wacana tulis mengenai lingkungan hidup
• mengidentifikasi ciri-ciri ragam bahasa baku
• memberi komentar terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
• membedakan sumber informasi 
• mengidentifikasi isi rekamanMampu mencatat isi pokok informasi dari naskah drama
• mengidentifikasi ciri-ciri informasi yang menyatakan proses dan hasil
• membedakan ragam bahasa lisan berkaitan dengan perdagangan
• menuliskan kembali kriteria informasi yang menyatakan proses dan hasil
• membedakan proses dan hasil dengan memperhatikan ciri penanda kata/kalimat berkaitan dengan bidang perdagangan
• mengidentifikasi ciri-ciri ragam bahasa lisan berkaitan dengan perdagangan
• mengungkapkan kembali hasil simakan
• mengidentifikasi kriteria membaca cepat permulaan
• membedakan teknik skimming dan scanning 
• mencari makna kata dalam kamus sesuai kebutuhan 
• membaca kamus secara efektif
• mencatat isi pokok informasi spesifik dan rinci berkaitan dengan olah raga dan kesehatan
• memahami makna kata dan penggunaannya 

• membedakan jenis-jenis karangan yang meliputi narasi, deskripsi, eksposisi, dan argumentasi
• membuat contoh fakta, opini, dan menyimpulkannya
• mengungkapkan informasi yang telah dibaca dengan bahasa sendiri
• membaca informasi verbal dan nonverbal secara tepat
• mengungkapkan kembali teknik membuat simpulan dari wacana yang tersedia
• mengidentifikasi bunyi-bunyi artikulasi dalam membawakan acara
• mencatat kesalahan pelafalan bahasa Indonesia dalam ragam lisan

• mengidentifikasi bentuk-bentuk kata dan ungkapan dalam kalimat
• mengidentifikasi sinonim dan menggunakannya dalam kalimat

• mengidentifikasi ciri-ciri kalimat efektif dan menggunakannya
• mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang santun dan menggunakannya
.
• mengidentifikasi ciri-ciri kalimat efektif 
• mengidentifikasi ciri-ciri kalimat efektif dalam ragam tulis 
• mengungkapkan ide dalam lirik lagu
• melafalkan pidato tanpa gugup dan gagap

• mengidentifikasi ciri-ciri kelas kata dan bentuk kata dalam bahasa Indonesia
• menulis kalimat dengan memperhatikan kelas kata
• mengungkapkan ide dalam bentuk cerita pendek


• mengidentifikasi penyusunan paragraf
• mengenali pikiran utama dan penciptaan koherensi

• mengidentifikasi ciri-ciri kalimat tanya
• mengidentifikasi jenis-jenis kalimat tanya dalam wacana tulis
• membuat kalimat tanya sesuai dengan tuntutan situasi

• Mengenal parafrasa
• Mampu mengidentifikasi ciri-ciri parafrasa
• Mampu mengungkapkan kembali puisi dan wacana dalam bentuk parafrasa

Penilaian
Tes lisan
Tes tertulis
instrumen:
Uji Mandiri
Uji Kelompok
Uji Keterampilan Berbahasa
 Tes lisan
Tes tertulis
instrumen:
Uji Mandiri
Uji Kelompok
Uji Keterampilan Berbahasa

Tes lisan
Tes tertulis
instrumen:
Uji Mandiri
Uji Kelompok
Uji Keterampilan Berbahasa

Tes lisan
Tes tertulis
instrumen:
Uji Mandiri
Uji Kelompok
Uji Keterampilan Berbahasa

Tes lisan
Tes tertulis
instrumen:
Uji Mandiri
Uji Kelompok
Uji Keterampilan Berbahasa

Tes lisan
Tes tertulis
instrumen:
Uji Mandiri
Uji Kelompok
Uji Keterampilan Berbahasa

Tes lisan
Tes tertulis
instrumen:
Uji Mandiri
Uji Kelompok
Uji Keterampilan Berbahasa

Tes lisan
Tes tertulis
instrumen:
Uji Mandiri
Uji Kelompok
Uji Keterampilan Berbahasa

Tes lisan
Tes tertulis
instrumen:
Uji Mandiri
Uji Kelompok
Uji Keterampilan Berbahasa

Tes lisan
Tes tertulis
instrumen:
Uji Mandiri
Uji Kelompok
Uji Keterampilan Berbahasa

Tes lisan
Tes tertulis
instrumen:
Uji Mandiri
Uji Kelompok
Uji Keterampilan Berbahasa

Tes lisan
Tes tertulis
instrumen:
Uji Mandiri
Uji Kelompok
Uji Keterampilan Berbahasa


Alokasi Waktu
4 pertemuan (8 × 45 menit)
4 pertemuan (8 x 45 menit)
4 pertemuan (8 x 45 menit)
4 pertemuan (8 x 45 menit)
2 pertemuan (4 x 45 menit)
3 pertemuan (6 x 45 menit)
3 pertemuan (6 x 45 menit)
3 pertemuan (6 x 45 menit)
3 pertemuan (6 x 45 menit)
3 pertemuan (6 x 45 menit)
3 pertemuan (6 x 45 menit)
3 pertemuan (6x45 menit)

Sumber/ Bahan/Alat
• Bahasa Indonesia SMK Tataran Semenjana untuk Kelas X 
• Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
• Pedoman Umum Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
• Modul Keterampilan Berbahasa oleh Djaya Tarigan terbitan Universitas Terbuka Press 1997
• Bahasa Indonesia SMK Tataran Semenjana untuk Kelas X 
• Ensiklopedia Bebas Berbahasa Indonesia
• Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
• Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003 Kompas 1 September 2007 dengan pengubahan
• Pedoman Umum Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991 

• Bahasa Indonesia SMK Tataran Semenjana untuk Kelas X  
• Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka, 2003
• Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
• Kamus- kamus istilah
• Diksi dan Gaya Bahasa karya Gorys Keraf terbitan Gramedia, 2006
• Modul Leksikologi dan Leksikografi FIB UI
• Pedoman Umum Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991 
• Bahasa Indonesia SMK Tataran Semenjana untuk Kelas X 
• Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
• Pedoman Umum Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
• Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
• Bahasa Indonesia SMK Tataran Semenjana untuk Kelas X 
• Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
• Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991 
• Bahasa Indonesia SMK Tataran Semenjana untuk Kelas X 
• Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
• Pedoman Umum Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991 
• Bahasa Indonesia SMK Tataran Semenjana untuk Kelas X 
• Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
• Pedoman Umum Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991 

• Bahasa Indonesia SMK Tataran Semenjana untuk Kelas X 
• Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
• Pedoman Umum Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991 
• Bahasa Indonesia SMK Tataran Semenjana untuk Kelas X 
• Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
• Pedoman Umum Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
• Bahasa Indonesia SMK Tataran Semenjana untuk Kelas X 
• Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003

• Bahasa Indonesia SMK Tataran Semenjana untuk Kelas X
• Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
• Pedoman Umum Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991 
• Bahasa Indonesia SMK Tataran Semenjana untuk Kelas X 
• Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
• Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991 

Itulah Sekilas yang dapat Admin tulisakan pada kesempatan kali ini, untuk lebih lengkap mengenai silabus tersebut dan silabus lainnya untuk mata pelajaran B.Indonesia Kelas X, XI, XII SMK K13 Bapak dan Ibu dapat mendownloadnya secara lengkap pada link di bawah ini.
logoblog
Klik Bagikan sebelum Download

Thanks for reading Silabus Bahasa Indonesia SMK Kelas 10, 11, 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017, Silahkan Share dulu sebelum Anda Download file lengkapnya di bawah ini!

SILAHKAN SHARE/BAGIKAN DAHULU SEBELUM MENDOWNLOAD FILE LENGKAPNYA DI BAWAH INI !
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar