Kamis, 16 November 2017

RPP Bahasa Indonesia SMK Kelas 10, 11, 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017

  Guru Kelas       Kamis, 16 November 2017
RPP Bahasa Indonesia SMK Kelas 10, 11, 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017
RPP Bahasa Indonesia SMK Kelas 10, 11, 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017 merupakan bagaian dari perangkat pembelajaran yang harus di buat oleh seorang Guru yang akan melaksankan kegiatan pemberjaran. RPP merupakan skema susunan dalam kegiatan pembelajaran yang akan dilaksankan, menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Cakup RPP yaitu satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu indikator atau beberapa indikator untuk satu kali pertemuan atau lebih sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan benar secara sistematis sesuai dengan isi dari Rencana Pelaksankan pembelajaran yang telah di buat.

File yang Admin Akses Guru bagikan ini dapat Anda jadikan sebagai Contoh RPP SMK Kelas 10, 11, 12 B.Indonesia K13 Tahun 2017 yang baik dan benar. dapat menuntun Bapak dan Ibu yang mungkin pada saat ini akan membuat Rencana Pelaksaan Pembelajaran untuk berbagai kegiatan.

Baca Juga Silabus SMK Mapel Bahasa Indonesia SMK Kelas 10, 11, 12 K13 Tahun 2017

RPP Bahasa Indonesia SMK Kurikulum 2013 Tahun 2017 Kelas 10, 11, 12 

Berikut di bawah ini akan Admin gambarkan sekilas mengenai salah satu RPP berserta link download RPP Bahasa Indonesia SMK untuk Kelas 10, 11, 12 Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kelas X (sepuluh), semester 1 (satu) Program Semua Bidang Keahlian

TEMA 1 LINGKUNGAN HIDUP
Nama sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas / Semester :
Program :
Alokasi Waktu :
Aspek Pembelajaran :
Standar Kompetensi :
Kompetensi Dasar :
Indikator :

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
• memahami dialog untuk membedakan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak berkaitan dengan lingkungan hidup
• memberikan catatan terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda dari wacana tulis berkaitan dengan lingkungan hidup
• mengenal ragam bahasa baku
• mengungkapkan pendapat secara lisan dari wacana lisan yang didengar mengenai lafal, tekanan, intonasi, dan jeda

B. Materi Pokok Pembelajaran
• Membedakan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda
• Menyimak wacana dialog
• Mencatat lafal, tekanan, intonasi, dan jeda dengan berlatih menyimak
• Mengenal ragam bahasa baku

C. Metode Pembelajaran
• Presentasi
• Diskusi kelompok
• Inquari
• Tanya jawab
• Penugasan
• Demonstrasi/pemeragaan model

D. Kegiatan Pembelajaran
TAHAP
PEMBUKA
(Apersepsi)
INTI
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

KEGIATAN PEMBELAJARAN
• Siswa ditanya tentang pelafalan, penggunaan tekanan, intonasi, dan jeda dalam pemakaian bahasa dikaitkan dengan wacana lingkungan hidup.
• Siswa diminta memahami contoh-contoh pelafalan baku, penggunaan tekanan, intonasi, dan jeda dalam kalimat yang berkaitan dengan lingkungan hidup.
• Guru mengajak siswa untuk membedakan secara cermat pelafalan, penggunaan tekanan, intonasi, dan jeda dalam kalimat yang secara umum ditemukan dalam kehidupan di sekitar siswa.
Pertemuan ke-1 (90’)
• Siswa diajak mencermati penggunaan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda dalam kalimat ragam lisan dan tulis.
• Siswa diajak mengenali lafal baku dalam ragam kalimat.
• Siswa mempraktikkan pelafalan baku, penggunaan tekanan, intonasi, dan jeda yang tepat dan bervariasi melalui latihan soal.
• Siswa menyimak rekaman wawancara atau menyimak pembacaan transkrip oleh guru atau  menyimak materi rekaman wawancara yang diperagakan oleh dua siswa.
Pertemuan ke-2 (90’)
• Siswa berlatih mencatat penggunaan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda dalam wacana HBKB di Jakarta: 100% Tak Bebas Kendaraan Bermotor.
• Siswa mengerjakan soal-soal dalam wacana tersebut mengenai lafal, tekanan, intonasi, dan jeda; pemberian komentar; dan pengungkapan kembali isi wacana dengan bahasa siswa. 
Pertemuan ke-3 (90’)
• Siswa diarahkan untuk mengenal ciri-ciri  dan fungsi ragam bahasa baku lengkap dengan contoh-contohnya.
• Siswa berlatih memberi komentar mengenai penggunaan ragam bahasa baku dan tidak baku dalam wacana HBKB di Jakarta: 100% Tak Bebas Kendaraan Bermotor dari beberapa cara/teknik membaca yang dipresentasikan teman-teman.
Pertemuan ke-4 (90’)
• Siswa memperkaya materi pembelajaran dengan mengerjakan soal-soal uji kelompok berupa kerja kelompok mengenai penulisan kembali materi yang disimaknya (rekaman berita dari radio/TV).
• Siswa menulis kembali/membuat transkrip ragam bahasa yang digunakan dalam rekaman berita.
• Siswa menganalisis penggunaan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang baku dan yang tidak yang terdapat dalam rekaman berita.
• Siswa mengerjakan uji keterampilan berbahasa sebagai pengayaan dan pendalaman konsep lafal, tekanan, intonasi, dan jeda.
• Siswa mengevaluasi dan membuat simpulan mengenai penggunaan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda.

E. Sumber Belajar
• Pustaka rujukan:
• Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK Kelas X
• Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
• Pedoman Umum Ejaan yg Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
• Modul Keterampilan Berbahasa oleh Djaya Tarigan terbitan Universitas Terbuka Press 1997
• Material (CD)
• Media cetak dan elektronik:
• Narasumber • Model peraga
• Lingkungan masyarakat sekitar siswa

F. Penilaian

Itulah sekilas yang dapat Admin tuliskan di kesempatan kali ini. Lebih lengkap untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran B.Indonesia Kelas X, XI, XII SMK K13 Revisi silahkan langsung saja Bapak dan Ibu untuk mendownload file lengkapnya pada link yang telah Admin sediakan di bawah ini.
Download RPP Bahasa Indonesia SMK Kelas 10, 11, 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017
logoblog
Klik Bagikan sebelum Download

Thanks for reading RPP Bahasa Indonesia SMK Kelas 10, 11, 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017, Silahkan Share dulu sebelum Anda Download file lengkapnya di bawah ini!

SILAHKAN SHARE/BAGIKAN DAHULU SEBELUM MENDOWNLOAD FILE LENGKAPNYA DI BAWAH INI !
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar