Senin, 20 November 2017

Silabus SMK Tahun 2017

  Guru Kelas       Senin, 20 November 2017
Silabus merupakan bagian perangkat pembelajaran yang harus di miliki oleh setiap Guru untuk pelaksanan kegiatan pemebelajaran yang baik dan benar. Silabus juga pedoman untuk pembuatan Perangkat pembelajaran lainnya untuk SMK. Silabus Tahun 2017 yang Admin bagikan pada kesempatan kali ini merupakan contoh yang benar yang terverifikasi yang Admin dapatkan file lengkapnya dari http://psmk.kemdikbud.go.id.

Silabus SMK Sekolah menengah kejuruan adalah kerangkat acuan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk setiap mata pelajaran berisi komponen identitas mata pelajaran, identitas satuan pendidikan, kompetensi inti dan kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, materi pokok, kegiatan pembelajaran, alokasi waktu, dan alternatif penilaian.
Silabus juga merupakan gambaran umum program serta target yang akan dicapai mata pelajaran, di samping sebagai dokumentasi tertulis dalam rangkat akutabilitas program pembelajaran. keberadaan silabus menjadi penting karena akan menjadi acuan dalam penyusunan RPP, pengelola media, sumber belajar, dan pengembangan sistem penilaian.
Silabus SMK Tahun 2017

Contoh Silabus SMK Tahun 2017

Nama SMK : __________________________________________________________________
Bidang Keahlian : Semua Bidang Keahlian
Program Keahlian : Semua Program Keahlian
Kompetensi Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian
Mata Pelajaran : Simulasi dan Komunikasi Digital
Durasi : 108 Jam Pelajaran (JP)
Kompetensi Inti (KI)
KI-3 (Pengetahuan) : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Simulasi dan Komunikasi Digital pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan) : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup kajian Simulasi dan Komunikasi Digital. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
  • Kompetensi Dasar
  • Indikator Pencapaian Kompetensi
  • Materi Pokok
  • JP
  • Kegiatan Pembelajaran
  • Alternatif
  • Penilaian
3.1 Menerapkan logika dan algoritma komputer
4.1 Menggunakan fungsi-fungsi perintah (Command)
3.1.1 Menjelaskan konsep logika
3.1.2 Mengurutkan prosedur fungsi-fungsi algoritma sederhana dalam kehidupan sehari-hari
4.1.1 Menggunakan perintah berdasarkan fungsi
4.1.2 Membuat permainan dengan perangkat lunak animasi
● Konsep logika dan algoritma
● Notasi flowchart
● Pembuatan permainan sederhana dengan perangkat lunak animasi
● Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang konsep logika dan algoritma menggunakan flowchart
● Mengumpulkan data tentang penggunaan fungsi-fungsi perintah perangkat lunak animasi
● Mengolah data tentang fungsi-fungsi perintah perangkat lunak animasi
● Mengomunikasikan tentang fungsi-fungsi perintah perangkat lunak animasi
Pengetahuan:
• Tes tulis
• Tes lisan
• Penugasan
• Portofolio
Keterampilan:
• Penilaian unjuk kerja
• Proyek/ penugasan
• Portofolio
3.2 Menerapkan metode peta-minda
4.2 Membuat peta-
3.2.1 Menjelaskan metode peta-minda
3.2.2 Menguraikan menu-menu perangkat lunak peta-minda
3.2.3 Menentukan alternatif solusi pemecahan masalah
4.2.1 Mengoperasikan
● Metode peta-minda untuk penguraian masalah
● Perangkat lunak peta-minda
● Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang metode peta-minda
● Mengumpulkan data tentang metode peta-minda
● Mengolah data tentang metode peta-minda
Pengetahuan:
• Tes tulis
• Tes lisan
• Penugasan
• Portofolio
Keterampilan:
• Penilaian unjuk kerja
• Proyek/ penugasan
• Portofolio

Itulah sekilas yang dapat Admin bahas dan tuliskan pada kesempatan artikel ini mengenai Silabus 2017, dan untuk lebih lengkapnya Bapak dan Ibu dapat mengunduh filenya pada link yang telah di sediakan di bawah ini dalam bentuk pdf.
logoblog
Klik Bagikan sebelum Download

Thanks for reading Silabus SMK Tahun 2017, Silahkan Share dulu sebelum Anda Download file lengkapnya di bawah ini!

SILAHKAN SHARE/BAGIKAN DAHULU SEBELUM MENDOWNLOAD FILE LENGKAPNYA DI BAWAH INI !
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar