Rabu, 01 November 2017

Soal Post Test PKB Kepala Sekolah 2017-2018

  Guru Kelas       Rabu, 01 November 2017
Soal Post Test PKB Kepala Sekolah 2017-2018
Predikasi/ contoh Soal Post Test PKB Kepala Sekolah (KS) 2017-2018 (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) akan merupakan salah satu persiapan bagi Anda Bapak dan Ibu yang telah melaksanakan kegiatan PKB di UPT masing-masing. Kegiatan PKB akan di ikuti oleh setiap Pendidik (Guru, Kepala Sekolah, Pengawas) dengan tujuan utama untuk meningkatkan kompetensi guru yang ditunjukkan dengan kenaikkan capaian nilai UKG. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini dilaksanakan berbasis komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (komunitas GTK).

Partisipasi peserta dalam Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) ini sangat penting karena dapat mengembangkan keterampilan instruksional dan pengetahuan terhadap konten pembelajaran yang bersangkutan. Melalui sumber belajar dalam berbagai bentuk dan referensi yang tersedia di sistem PKB, peserta dapat mengikuti pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan materi pembelajaran yang disajikan.

Pelaksanaan pembelajaran pada Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memiliki prinsip-prinsip sebagai berikut.
1. Mendorong komunikasi antara peserta dengan fasilitator
Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan mewajibkan peserta untuk menyelesaikan setidaknya 2 (dua) kelompok kompetensi yang nilainya paling rendah dalam satu tahun program berjalan dan atau 2 (dua) modul prioritas yang sudah ditentukan dengan moda yang ditentukan oleh penyelenggara Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan pada kurun waktu 1 (satu) tahun.
Guru yang akan mengikuti Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah guru yang:
1. Profil hasil UKG-nya menunjukkan terdapat 3 (tiga) hingga 10 (sepuluh) kelompok kompetensi yang nilainya di bawah KCM (65). Jika guru tersebut belum melakukan UKG atau telah melakukan UKG namun dengan mata pelajaran/paket keahlian/jenjang yang tidak sesuai, maka guru tersebut diwajibkan untuk melakukan tes awal dengan menggunakan sistem UKG.
2. Terdaftar di dalam Komunitas GTK pada Sistem Informasi Manajemen (SIM) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.
3. Berada di wilayah yang tersedia akses/jaringan internet (khusus untuk peserta yang mengikuti Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan moda daring dan daring kombinasi).
4. Bersedia melaksanakan pembelajaran dengan kemauan dan komitmen yang tinggi.

Soal Post Test PKB Kepala Sekolah

Setelah Anda mengikuti kegiatan PKB maka bersiapkan untuk melaksankan kegiatan Post Test yang di laksanakan dalam kegiatan UKG Online 2017-2018 sesuai dengan jadwal yang telah di berikan oleh instruktur/ tutor untuk mengikuti kegiatan Uji Kompetensi Guru. Berikut sebagai bahan untuk berlatih meningkatkan kemampuan dan Kesiapan dalam mengikuti kegiatan tersebut Admin akses guru akan membagikan soal kompetensi Pedagogik dan profesional. Berikut sekilas gambaran dari Soal Post Test PKB Kepala Sekolah.

1. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah menyebutkan bahwa dimensi kompetensi supervisi meliputi ....
a. Mengidentifikasi permasalahan, merencanakan melaksanakan dan melakukan tindak lanjut hasil supervisi
b. Merencanakan, melaksanakan dan melakukan tindak lanjut supervisi
c.  Merencanakan, mengidentifikasi permasalahan, menyusun alternatif pemecahan, melaksanakan supervisi
d. Mengidentifikasi permasalahan, menyusun alternatif pemecahan, merencanakan, melaksanakan dan melakukan tindak lanjut

2. Dalam supervisi akademik, kemampuan guru yang disasarkan dalam supervisi meliputi ....
a. Pengetahuan, keterampilan mengajar, dan komitmen guru.
b. Pengetahuan, keterampilan mengajar, sikap guru.
c.  Penguasaan materi, metode mengajar, pengelolaan kelas guru.
d. Silabus, rencana pembelajaran, penilaian guru.

3. Kepala sekolah yang melakukan supervisi dengan maksud untuk mengawasi kinerja guru dan menganggap guru sebagai bawahannya adalah bukan seorang supervisor yang baik karena ....
a. perilaku supervisi yang dilakukan kurang manusiawi
b. perilaku supervisi yang dilakukan tidak kooperatif
c. perilaku supervisi yang dilakukan tidak sesuai dengan fakta
d. perilaku supervisi yang dilakukan menyalahi ketentuan

4. Supervisi yang dirancang sebagai pendekatan dalam melakukan supervisi pengajaran terhadap calon guru yang sedang berpraktik mengajar untuk membantu calon guru memodifikasi pola-pola pengajaran yang tidak atau kurang efektif adalah ....
a. supervisi akademik
b. supervisi klinis
c. supervisi pengajaran
d. supervisi praktik mengajar

5. Tugas tim pengembang kurikulum di sekolah ialah sebagai berikut, kecuali ....
a.  menyusun dasar-dasar hukum, kerangka dasar serta program inti kurikulum
b.  memberikan alternatif konsep pendidikan dan model kurikulum yang dipandang paling sesuai dengan perkembangan zaman
c.   mengimplementasikan, menilai dan menyempurnakan kurikulum
d.  mengartikulasikan kurikulum dan melakukan koordinasi segala pengalaman belajar

6. Dimensi kepemimpinan mencakup antara lain ....
a. memprovokasi, mempengaruhi, meningkatkan dan mengembangkan   
b. mempengaruhi, menggerakkan, mengembangkan dan memberdayakan 
c. membagi peran, mendelegasikan wewenang, mengatur strategi, dan membuat keputusan 
d. memutuskan, melaksanakan, mengevaluasi, dan menindaklanjuti.

7. Hakekat pembangunan tim didasarkan atas ....
a. kerjasama fungsional dan kerja sama peran
b. pengambilan keputusan yang diambil secara partisipatif
c. kepemimpinan yang hanya percaya pada data yang benar
d. pengambilan keputusan yang aman

8. Tahapan dalam pembangunan tim antara lain ....
a. Benturan, Pembentukan, Kesepakatan, Puncak
b. Pembentukan, Kesepakatan, Benturan, Kemapanan
c. Pembentukan, Benturan, Kesepakatan, Puncak, Kemapanan
d. Benturan, Kesepakatan, Puncak, Kemapanan

9. Kewirausahaan mencakup tiga perilaku utama, yakni ....
a. kreatif, komitmen, berani mengambil resiko dari kegagalan
b. sistematis, percaya diri, tegas
c. agresif, kompetitif, egoistis
d. dinamis, inovatif, cerdas.
   
10. Cara menumbuhkan budaya mutu di lingkungan sekolah adalah dengan cara ....
a. memberikan reward kepada guru dan siswa yang berprestasi
b. peningkatan kualitas kehidupan beragama
c. memiliki target mutu yang tinggi
d. melakukan rapat evaluasi

Demikian yang dapat Admin sampaikan pada tulisan artikel ini mengenai Soal Post Test Pengembangan keprofesian berkelanjutan KS, dan untuk lebih lengkap mengenai soal tersebut Bapak dan Ibu dapat mendownloadnya secara lengkap dalam bentuk doc/ ms.word pada link di bawah ini.
Download Soal Post Test PKB Kepala Sekolah 2017-2018
logoblog
Klik Bagikan sebelum Download

Thanks for reading Soal Post Test PKB Kepala Sekolah 2017-2018, Silahkan Share dulu sebelum Anda Download file lengkapnya di bawah ini!

SILAHKAN SHARE/BAGIKAN DAHULU SEBELUM MENDOWNLOAD FILE LENGKAPNYA DI BAWAH INI !
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar