Pemilihan Guru TK Berprestasi bertujuan memilih Guru TK yang memiliki kompetensi sebagai guru yang meliputi empat kompetensi, yaitu Kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Selain itu, seorang Guru TK juga harus memiliki perilaku terpuji dan motivasi untuk meningkatkan mutu pendidikan serta mampu memberi manfaat bagi lingkungan masyarakat luas pada umumnya.
Pemilihan Guru TK Berprestasi merupakan salah satu bentuk penghargaan pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang diberikan kepada Guru TK yang berdedikasi tinggi dan berhasil meningkatkan mutu peserta didik di TK binaannya. Penghargaan tersebut diharapkan dapat lebih meningkatkan motivasi dan profesionalisme Guru TK yang berdampak pada peningkatan mutu pendidikan nasional.
Pemilihan Guru Taman Kanak – Kanak (TK) Berprestasi Tahun 2018 bertujuan untuk menciptakan budaya kompetisi, memberikan motivasi, dan menghargai dedikasi dan loyalitas serta profesionalisme Guru TK. Pemilihan Guru TK berprestasi diharapkan berdampak positif terhadap peningkatan kinerja guru yang dapat dilihat dari tingkat pencapaian perkembangan peserta didik.
Pemerintah memberikan perhatian dengan sungguh-sungguh untuk memberdayakan guru, termasuk Guru TK berprestasi. Hal ini tertuang dalam Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Pasal 36 ayat (1) yang mengamanatkan bahwa ”Guru yang berprestasi, berdedikasi luar biasa, dan/atau bertugas di daerah khusus berhak memperoleh penghargaan”. Dengan ditetapkannya undang-undang dimaksud, penghargaan kepada Guru TK berprestasi memiliki dasar legalitas yang sah dan dapat dipertanggungjawabkan. Pemberian penghargaan itu dilakukan berdasarkan tingkat, jenis, dan jenjang satuan pendidikan. Penghargaan kepada Guru TK berprestasi dapat diberikan oleh pemerintah pusat, daerah, masyarakat, organisasi profesi, dan/atau satuan pendidikan.
Penyelenggaraan Pemilihan Guru TK Berprestasi Tahun 2018 dilaksanakan secara bertingkat, mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Agar pelaksanaan Pemilihan Guru TK berprestasi makin objektif, perlu ditingkatkan secara terus menerus, mencakup aspek sosialisasi, mutu instrumen penilaian, mutu proses penilaian dan proses penentuan pemenang yang transparan dan akuntabel.
Untuk kelancaran pelaksanaan dan ketercapaian tujuan kegiatan Pemilihan Guru TK Berprestasi Tahun 2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direkorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan PAUD dan Dikmas menerbitkan Pedoman JUKNIS JUKLAK Pemilihan Guru Taman Kanak-Kanak Berprestasi Tahun 2018.
Tujuan dan harapan Pemilihan Guru TK Berprestasi 2018
Tujuan Pemilihan Guru TK BerprestasiPemilihan Guru TK Berprestasi Tahun 2018 bertujuan untuk:
a. menciptakan budaya berkompetisi di kalangan Guru TK
b. memilih Guru TK berprestasi pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.
c. memberikan penghargaan dan pengakuan kepada Guru TK yang secara nyata berprestasi dalam membina dan memfasilitasi peningkatan mutu TK.
Hasil yang Diharapkan
1. Terpilihnya Guru TK berprestasi yang berkarakter pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.
2. Meningkatnya prestasi dan kreativitas Guru TK dalam memfasilitasi peningkatan mutu pendidikan di TK;
3. Meningkatnya kebanggaan dan etos kerja di kalangan Guru TK terhadap profesinya;
4. Termotivasi dan terinspirasinya Guru TK untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ..................................................................................................... i
DAFTAR ISI ................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN ............................................................................................. 1
A. Latar Belakang ............................................................................................ 1
B. Dasar Hukum ............................................................................................... 2
C. Tujuan .......................................................................................................... 4
D. Hasil yang Diharapkan ................................................................................. 4
BAB II PENGERTIAN, PRINSIP, DAN PERSYARATAN PESERTA (Baca)......... 5
A. Pengertian .................................................................................................... 5
B. Prinsip Penyelenggaraan ............................................................................. 6
C. Peserta ......................................................................................................... 7
D. Persyaratan ................................................................................................. 7
BAB III MEKANISME PENYELENGGARAAN ......................................................... 9
A. Alur Penyelenggaraan ................................................................................. 9
B. Kepanitiaan ................................................................................................ 12
C. Jadwal Pelaksanaan .................................................................................... 13
D. Pembiayaan ................................................................................................ 14
BAB IV PENILAIAN .................................................................................................... 15
A. Aspek yang Dinilai .................................................................................... 15
B. Teknik Penilaian ........................................................................................ 16
C. Pengiriman Dokumen Bahan Penilaian ...................................................... 19
BAB V PENUTUP ......................................................................................................... 22
Lampiran 1 Portofolio Guru TK ..................................................................................... 23
Lampiran 2 Sistematika Karya Tulis .............................................................................. 30
Lampiran 3 Ketentuan Pembuatan Video Profil ............................................................ 32
Lampiran 4 Pernyataan Keaslian Karya Nyata .............................................................. 33
Itulah sekilas yang dapat Admin tuliskan pada artikel ini untuk lebih lengkapnya Bapak dan Ibu dapat download file Pedomannya dalam bentuk PDF di bawah ini.
Link Pedoman Pemilihan Guru TK Berprestasi 2018
Demikian artikel perihal Gupres TK Tahun 2018 semoga yang Admin sajikan ini dapat bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar