Minggu, 05 November 2017

RPP Kurikulum 2013 Tahun 2017 Kelas 3 (III) SD/ MI

  Guru Kelas       Minggu, 05 November 2017
RPP Kurikulum 2013 Tahun 2017 Kelas 3
RPP Kurikulum 2013 Tahun 2017 Kelas 3 (III) SD/ MI Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan bagian dari Perangkat/ Program pembelajaran yang harus di miliki dan di siapkan oleh setiap Guru dalam memenuhi salah satu tugasnya dalam Supervisi. RPP merupakan salah satu file yang harus di siapkan dan di buat oleh seorang Guru yang akan melaksanakan kegiatan pembelajaran.
File yang Admin Akses Guru bagikan ini hanya sebuah contoh RPP K13 Tahun 2017 SD Kelas 3 (III) Sekolah Dasar meskipun yang di bagikan sangatlah lengkap, tetapi sebaiknya seorang Guru membuat sendiri Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan materi, tema dan subtema yang sedang/ akan di sajikan pada pembelajaran tersebut.

RPP Kurikulum 2013 Tahun 2017 SD Kelas 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan :  .................................................... 
Kelas / Semester :  3 / 1
Tema / Topik :  Sayangi Hewan dan Tumbuhan di Sekitar
Petemuan ke :  1
Semester :  1   (satu)
Alokasi Waktu :  1 Hari


A. KOMPETENSI INTI
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yangdianutnya
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru 
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati danmenanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. KOMPETENSI DASAR
PPKn
Mengetahui perlunya sikap patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah melalui pengamatan

Bahasa Indonesia
Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah.
Membacakan doa dengan pengucapan yang baik 
Gemar menggali informasi melalui membaca dan mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu

Matematika
Menemukan sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian 

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak  dalam  berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional 
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional 
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan manipulatif yang dilandasi konsep gerak  dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional 

Seni, Budaya, dan Prakarya 
Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan

C. INDIKATOR
    PPKn
Memberikan contoh sikap patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalamkehidupan sehari-hari di rumah
Memberikan contoh sikap patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalamkehidupan sehari-hari di sekolah
Membiasakan  bersikap patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalamkehidupan sehari-hari di rumah
Membiasakan bersikap patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalamkehidupan sehari-hari di sekolah

Bahasa Indonesia
Bersikap tertib (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas
Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
Menulis pokok-pokok informasi yang diperoleh dengan tepat

Matematika
Menemukan sifat komutatif pada operasi hitung pola penjumlahan 
Menemukan sifat komutatif pada operasi hitung pola perkalian 
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Mendiskusikan  bentuk permainan kombinasi gerak dasar lokomotor, kombinasi gerak dasar  non lokomotor, kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan manipulatif
Melakukan berjalan, berlari dengan berbagai variasi.
Mengkombinasikan gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dengan berbagai variasi.
Mengkombinasikan gerak dasar melempar, menangkap, dan memukul bola dalam bentuk permainan.

Seni, Budaya, dan Prakarya 
Menjelaskan keunikan karya seni  dan karya kreatif 
Memuji karya seni dan karya kreatif  teman
Merawat karya seni dan karya kreatif  yang ada di sekolah
Menunjukkan kebanggaan terhadap karya sendiri

D. TUJUAN 
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman, dan guru
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

E. MATERI
    PPKn
Dengan mengamati kegiatan sehari-hari, siswa dapat  berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
Dengan mengamati contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari  hari di rumah, siswa dapat berperilaku patuh di sekolah.
Contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari  hari di sekolah.
Dengan mengamati kegiatan sehari-hari siswa dapat menceritakan pelaksanaan tata tertib di sekolah
Dengan menyanyikan Lagu dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air. 

Bahasa Indonesia
Sikap dan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan di rumah dan sekolah
Sikap tertib dalam mendengarkan doa
Mengucapkan doa dengan jelas dan intonasi yang sesuai
Menulis informasi yang diperoleh dengan memperhatikan ketepatan informasi

Matematika
Menemukan sifat komutatif penjumlahan dan perkalian 

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Praktik aktifitas fisik seperti membersihkan kelas dan halaman
Praktik gerak mengayun, menari, berjalan, berlari, menekuk, memutar dan melompat.

Seni, Budaya, dan Prakarya 
Menyebutkan bentuk permainan untuk menumbuhkan kebersamaan
Memperagakan kombinasi pola gerak dasar lokomotor
Memperagakan kombinasi pola gerak dasar non lokomotor.
Memperagakan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan manipulatif (misal: bermain kasti, slaghball)

F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

G. KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Pendahuluan
Inti
Penutup

Deskripsi Kegiatan
Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi 
Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan .
PPKn
Disajikan tayangan dalam bentuk gambar mengenai contoh sikap dan perilaku patuh  pada tata tertib dan aturan sesuai dengan ajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Secara berkelompok menanggapi tayangan yang telah disajikan 
Membuat kesimpulan dari hasil pengamatan dan diskusi

BHS. Indonesia
Mendengarkan pembacaan doa dengan sikap tertib (menjaga keheningan), seperti doa akan belajar, makan, melakukan suatu pekerjaan, dan lain-lain
Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri
Membaca teks doa dengan jelas dan intonasi yang sesuai
Mengucapkan doa (tanpa teks) dengan jelas dan intonasi yang sesuai
Memberikan saran perbaikan terhadap pengucapan doa yang dilakukan teman
Mencari informasi tentang hewan dan tumbuhan dari berbagai sumber informasi melalui membaca di perpustakaan, mendengarkankan radio, atau menonton televisi
Menulis pokok-pokok berbagai informasi  yang dibaca, didengar, atau dilihat/ditonton
Mendiskusikan pokok-pokok informasi yang ditulis
Membuat  ringkasan berbagai informasi yang dibaca, didengar atau dilihat/ditonton
Menyajikan ringkasan yang dibuat
Matematika
Melakukan kegiatan eksplorasi dalam kelompok melalui pengamatan pola penjumlahan menggunakan benda-benda konkrit untuk menemukan sifat komutatif penjumlahan 
Mengkomunikasikan sifat komutatif penjumlahan yang ditemukan menggunakan kata-kata sederhana sesuai dengan pemahaman siswa dan mendefinisikannya sebagai sifat komutatif penjumlahan
Melakukan kegiatan eksplorasi dalam kelompok melalui pengamatan pola perkalian menggunakan benda-benda konkrit untuk menemukan sifat komutatif perkalian
Mengkomunikasikan sifat komutatif perkalian yang ditemukan menggunakan kata-kata sederhana sesuai dengan pemahaman siswa dan mendefinisikannya sebagai sifat komutatif perkalian

Penjasorkes
Menyebutkan bentuk permainan kombinasi gerak dasar lokomotor,   non lokomotor, kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan manipulatif.
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, ( misal: berjalan zigzag, berlari melewati lintasan, kemudian melompati rintangan).
Bermain secara berpasangan dan beregu, mengkombinasikan gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dengan berbagai variasi (misal: saling menggendong berpasangan, meliukkan badan berpasangan menggunakan alat simpai, tali, ban bekas, kain, dll)
Mempraktikkan permainan yang dimodifikasi dengan gerak dasar melempar, menangkap, memukul bola (Bermain kasti, slag ball, boy/melempar tumpukan lempengan dengan bola yang dilakukan secara beregu, masing-masing regu terdiri atas 5 orang peserta didik)

Seni Budaya dan Prakarya
Mencari tahu karya seni melalui membaca buku, majalah atau media lain yang ada di sekolah
Mengamati berbagai karya seni 
Membandingkan ciri khas karya seni 
Menjelaskan perbedaan ciri khas karya seni 
Membuat karya seni dan karya kreatif serta merawatnya 
Mempresentasikan hasil karya sendiri di depan kelas

Penilaian proses:
Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas. 
Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.
Gambar-gambar untuk Example non Example 
Kelompok gambar kebersihan kelas
Gambar kegiatan menyapu kelas
Gambar kegiatan membersihkan debu
Gambar kegiatan menata buku
Membersihkan jendela kelas
   
Kelompok gambar kebersihan rumah
Gambar kegiatan menyapu rumah
Gambar kegiatan mengepel lantai
Gambar kegiatan menata tempat tidur
Gambar kegiatan  membersihkan/menyapu kebun

Kelompok  gambar kebersihan lingkungan/kerja bakti kampung
Gambar kegiatan membersihkan selokan
Gambar kegiatan membersihkan sampah di jalanan
Gambar kegiatan membuang sampah
Gambar kegiatan merawat tanaman peneduh

Keterangan:
Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan kebersihan lingkungan, ruang, kelas, rumah, sekolah akan berdampak pada kesehatan. Kegiatan membersihkan lingkungan merupakan cerminan dari kerukunan dan saling membantu, dan bekerjasama. Siswa yang sedang berdiskusi (berpikir berpasangan) akan berdampak pada kerjasama yang baik, dan hasilnya merupakan cerminan dari sikap bertanggung jawab.

Semua kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema yang sedang dipelajari.
Guru memanggil salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan konfirmasi), 
Memberi kesempatan kelompok lain untuk mendengarkan dan memberikan pendapatnya

Mengajak semua siswa berdiri dan menyanyikan lagu ” Oh Ibu dan Ayah ”  untuk mencairkan suasana dan kepenatan setelah belajar beberapa jam:
Guru mengamati sikap siswa dalam menyanyikan lagu
Memberi contoh sikap yang benar dalam menyanyi
Menilai siswa dalam menyanyikan lagu: (lafal syair lagunya, cara menyanyi, sikap menyanyi, semangatnya dsb)
Menggunakan format pengamatan
Guru mengajak bertanya jawab tentang makna lagu.  Bahwa salah satu dampak dari rumah yang tidak sehat, adalah banyak nyamuk, rumah kotor, tidak sehat, mendatangkan penyakit. Dsb

Menugaskan siswa untuk bercerita (berdasarkan gambar) (mengkomunikasikan)
Guru Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian proses)
Guru dan siswa bersama-sama siswa membuat kesimpulan tentang rumah yang bersih dan sehat
Hasil kegiatan dan pekerjaan siswa ditempel di papan yang
Dilanjutkan dengan menasehati siswa agar membiasakan hidup sehat
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan

Alokasi Waktu
10 menit
150 menit
15 menit

H. SUMBER DAN  MEDIA
Diri anak
Lingkungan keluarga
Lingkungan sekolah
Buku Tematik Kelas 3
Buku Pengembangan Diri Anak
Video/slide/gambar tentang teknik cetak sederhana dan bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel
Gambar/contoh langsung karya cetak  dengan berbagai bahan alam dan bentuk
Gambar/contoh langsung hasil karya gunting, lipat dan tempel dengan berbagai bentuk pola dan alur sederhana
Buku kirigami (seni mengunting)
Buku Pengembangan Diri Anak

I. PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)

2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
Penilaian Kinerja
Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar
Pilihan ganda
Isian singkat
Esai atau uraian

Itulah sekilas yang dapat Admin tuliskan pada kesempatan Artikel ini, dan untuk lebih lengkap mengenai RPP Kelas III Bapak dan Ibu dapat mendownloadnya secara lengkap pada link di bawah ini.
Download RPP SD KELAS 3 SEMESTER 1 - Sayangi Hewan dan Tumbuhan 
Download RPP SD KELAS 3 SEMESTER 1 - Pengalaman yang Mengesankan
Download RPP SD KELAS 3 SEMESTER 1 - Mengenal Cuaca dan Musim
Download RPP SD KELAS 3 SEMESTER 1 - Ringan Sama Dijinjing Berat 
Download RPP SD KELAS 3 SEMESTER 2 - Mari Bermain dan Berolahraga
Download RPP SD KELAS 3 SEMESTER 2 - Indahnya Persahabatan
Download RPP SD KELAS 3 SEMESTER 2 - Mari Kita Berhemat untuk Mas
Download RPP SD KELAS 3 SEMESTER 2 - Berperilaku Baik dalam Kehidupan
Download RPP SD KELAS 3 SEMESTER 2 - Menjaga Kelestarian Lingkung
logoblog
Klik Bagikan sebelum Download

Thanks for reading RPP Kurikulum 2013 Tahun 2017 Kelas 3 (III) SD/ MI, Silahkan Share dulu sebelum Anda Download file lengkapnya di bawah ini!

SILAHKAN SHARE/BAGIKAN DAHULU SEBELUM MENDOWNLOAD FILE LENGKAPNYA DI BAWAH INI !
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar