RPPH atau Rencana pelaksanaan pembelajaran harian merupakan acuan untuk mengelola kegiatan bermain dalam satu hari. RPPH disusun dan dilaksanakan oleh guru. Format RPPH tidak harus baku, tetapi memuat komponen komponen yang ditetapkan. Komponen RPPH terdiri atas: (1) identitas program, (2) materi, (3) alat dan bahan, (4) kegiatan pembukaan, (5) kegiatan inti, (6) kegiatan penutup, dan (7) rencana penilaian.
Berikut contoh RPPH Tema Keluargaku, Seb Tema Anggota Keluarga.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
Kelompok : B
Usia :5-6 Tahun
Semester/Minggu : 1/7
Tema/Sub Tema/Sub Sub Tema : Keluargaku /Anggota keluaarga/ Kebun pamanku
Hari/tanggal : Ke .....................................................
KD : 1.1, 1.2, 2.1, 2.3, 2.8, 2.10, 2.13, 2.14, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12, 3.13, 4.13, 3.15, 4.15
Indikator Pencapaian Pembelajaran
Beberapa indikator pencapaian pembelajaran pada kegiatan ini antara lain:
• Menyebutkan ciptaan tuhan
• Bercerita “Kebun Pamanku”
• Melakukan gerak dan lagu “Menanam Jagung”
• Menyanyikan lagu “Paman Datang”
• Menbuat “ Jagung Rebus”
• Memasangkan gamabar sesuai dengan tulisan
Media/Sumber Belajar
• Buku cerita, lagu “Menanam Jagung”, kardus bekas, paralon, lem Fox, gunting, jagung, kompor, mentega, kartu gamabar, panci/teplon.
I. Pembukaan ( 30 menit )
• Berdo’a, berbaris, salam
• Bercakap-cakap sesuai tema,misalnya kebun pamanku.
II. Inti ( 60 Menit )
a. Mengamati
• Anak mengamati bentuk cangkul secara langsung.
• Anak mengamati kartu gambar tentang jagung dengan alat-alat membuat jagung rebus.
b. Menanya
• Anak di dorong untuk bertanya tentang cara membuat cangkul?
c. Mengumpulkan informasi
• Guru mengumpulkan informasi tentang pertanyaan anak dan menjawab pertanyaan anak tentang kebun jagung.
KEGIATAN 1 : (memasangkan gambar sesuai dengan tulisan (kartu gambar))
• Anak mengamati kartu gambar tentang jagung dengan alat-alat membuat jagung rebus.
• Anak memasangkan kartu gambar dengan tulisan yang ada di kartu kata.
KEGIATAN 2 : (Membuat cangkul dari kardus bekas)
• Anak membawa kardus bekas.
• Anak mengamati bentuk cangkul secara langsung.
• Anak membuat cangkul dari kardus.
KEGIATAN 3 : (membuat “Jagung Rebus”)
• Guru menyiapkan jagung, parutan kelapa, gula pasir/gula jawa.
• Anak melepas biji jagung dari tongkolnya.
• Jagung yang telah dipipil dikukus ataw direbus lalu ditiriskan.
• Anak mencampur jagung dengan parutan kelapa dan gula.
• Anak menikmati masakannya.
• Anak menceritakan pengalamannya (kreasi makanan ini dapat disesuaikan dengan situasi setempat, dapat juga dibuat menjadi jagung susu atau jagung keju).
III. Istirahat ( 30 Menit )
- Cuci tangan
- Berdo’a sebelum dan sesudah makan
- Makan bersama
- Bermain bersama
IV. Penutup ( 30 Menit )
• Menyanyi lagu : “Paman Datang”
• Berdo’a, berbaris, salam
Kegiatan Pengaman : Bermain puzzle, bermain balok.
PENILAIAN HARIAN
KD Indikator Pencapaian Pembelajaran Penilaian
BB MB BSH BSB
1.1, 1.2, 2.1, 2.3, 2.8, 2.10, 2.13, 2.14, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12, 3.13, 4.13, 3.15, 4.15
• Menyebutkan ciptaan tuhan
• Bercerita “Kebun Pamanku”
• Melakukan gerak dan lagu “Menanam Jagung”
• Menyanyikan lagu “Paman Datang”
• Menbuat “ Jagung Rebus”
• Memasangkan gamabar sesuai dengan tulisan
Demikian sekilas gambaran dari salah satu RPPH Tema Keluargaku, Seb Tema Anggota Keluarga. untuk lebih lengkap semua sub sub tema Admin telah menyiapkan file lengkapnya dalam bentuk ms.word pada link di bawah download di bawah ini.
Unduh RPPH Tema Keluargaku, Sub Tema Anggota Keluarga Lengkap semua Sub sub Tema
Tidak ada komentar:
Posting Komentar