Contoh Model RPP Matematika Kelas 7, 8, 9 K13 Tahun 2017 SMP/ MTs ini mengambarkan prosedur dan pengoraginasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan telah dijabarkan dalam silabus.dengan tujuan untuk memberikan landasan pokok bagi guru dan siswa dalam mencapai kompetensi dasar dan indikator, memberi gambaran mengenai acuan kerja jangka pendek, karena disusun dengan menggunakan pendekatan sistem, memberi pengaruh terhadap pengembangan individu siswa, karena dirancang secara matang sebelum pembelajaran, berakibat terhadap nurturant effect.
Baca Juga
- RPP PJOK Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Tahun 2017
- RPP Seni Budaya Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Tahun 2017
- RPP IPS Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013 Tahun 2017
Contoh RPP Matematika Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Tahun 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANItulah sekilas yang dapat Admin paparkan pada tulisan artikel ini mengenai RPP Matematika Kelas 7 8 9 K13 Tahun 2017 SMP/ MTs Terbaru, dan untuk lebih lengkap mengenai RPP di atas dan RPP lainnya, silahkan langsung saja Bapak dan Ibu untuk mendownload filenya secara lengkap pada link di bawah ini yang telah Admin sediakan.
(RPP)
Nama Sekolah : SMP ..................Mata Pelajaran : MatematikaKelas/Semester : VII/1Materi Pokok : Bilangan Bulat dan PecahanAlokasi Waktu : 3 x 40 menitA. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian KompetensiKompetensi Dasar:1.3. menjelaskan dan menentukan representasi bilangan dalam bentuk bilanganberpangkat bulat positif dan negatif4.3. menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan dalam bentuk bilanganberpangkat bulat positif dan negatifIndikator Pencapaian Kompetensi:- Menentukan faktor, dari sebuah bilangan bulat tertentu- Menguraikan sebuah bilangan bulat tertentu berdasarkan faktor-faktor bilanganbulat pembentuknya.- Mengidentifikasi bilangan persegi.- Mengidentifikasi faktor prima dari sebuah bilangan bulat- Menentukan faktor persekutuan dari dua buah bilangan bulat tertentu- Menentukan kelipatan persekutuan dari dua buah bilangan bulat tertentu- Mengidentifikasi penemuan Fermat bahwa beberapa bilangan prima adalah jumlahdari dua buah bilangan persegi.B. Tujuan Pembelajaran- Mengembangkan pengetahuan Matematika dan dapat menggunakannya dalamketrampilan sehari-hari yang menimbulkan keberanian, kepuasan dan kesenangan- Menerapkan Matematika dalam kehidupan sehari-hari dan mengembangkanpengertiannya bahwa Matematika memainkan peranan dalam kehidupan di sekitarmereka.- Mengenali kapan dan bagaimana sebuah situasi dapat diwakili oleh Matematika,mengidentifikasikan dan menafsirkan faktor-faktor yang relevan, sehingga dapatmemilih metode Matematika yang tepat untuk penyelesaian masalah.- Mengembangkan kemampuan berpikir logis, untuk mengklasifikasi, danmenggeneralisasi, dan membuktikan.C. Materi Pembelajaran:Bilangan asli:Bilangan BulatBilangan Prima:Bilangan Persegi:Faktor Persekutuan:Kelipatan Persekutuan:- Menyatakan bilangan bulat tertentu sebagai hasil perkalian faktor-faktor prima.- Menentukan Faktor Persekutuan terbesar.- Menentukan kelipatan persekutuan terkecil.D. Metode Pembelajaran- Diskusi Kelompok- Permainan angka- DemonstrasiE. Media Pembelajaran- Nomor urut siswa; koneksi internet; kartu bertuliskan bilangan bulat tertentuF. Sumber Belajarhttp://www.mathsrevision.net/content/numbershttp://www.mathsisfun.com/irrational-numbers.htmlhttp://vimeo.com/101831240U3T (tentang pendekatan pohon faktor)CD-ROM Pemberton. Unit 1 slides 9 and 10G. Langkah-langkah PembelajaranPendahuluan:Bersama siswa mengingat kembali tentang: faktor, perkalian, bilangan persegi. (hal inidapat diberikan dalam bentuk klasikal disertai dengan pekerjaan rumah secaraindividual).Inti:- Kegiatan menyenangkan bersama siswa seluruh kelas, dengan mengalokasikannomor urut masing-masing siswa di kelas dan meminta mereka untuk berdiri jikanomor urut mereka, misalnya, "kelipatan dari 4", "faktor 18" dll. (Hal ini untukmenunjukkan fakta menarik seandainya bilangan prima maka akan ada 2 orangberdiri (perlu ditekankan bahwa bilangan 1 tidak prima); nomor urut persegi akanmemiliki banyak orang berdiri dalam jumlah yang ganjil.- Memerhatikan faktor persekutuan / kelipatan persekutuan untuk pasangan nomorurut. Hal ini bisa diperluas untuk pembelajaran FPB dan KPK.- Kegiatan tindak lanjut bagi siswa untuk mengidentifikasi nomor urut dari deskripsisifat-sifatnya. Misalnya, untuk kelas "yang jumlahnya kurang dari 50 memiliki 3dan 5 sebagai faktor dan kelipatan 9?".- Siswa diminta untuk membuat deskripsi dan uji satu sama lain. (Hal ini bisadilakukan dalam kelompok, dengan meminta mereka membawa kartu bertuliskanbilangan bulat tertentu).- Tugas lain yang menarik adalah untuk melihat penemuan Fermat bahwa beberapabilangan prima adalah jumlah dari dua bilangan persegi, misalnya 29 = 25 + 4 = 52+ 22.- Siswa diminta memerhatikan mana bilangan prima yang dapat mereka bentukdengan cara ini, dan mana yang mereka tidak dapat bentuk cara ini.- Siswa diminta untuk mencari aturan yang menguji apakah sebuah bilangan adalahbilangan prima atau bukan bilangan prima. (Hal ini dapat diberikan sebagaikegiatan individual yang menantang).- Kegiatan ini dapat dikembangkan dengan meminta mereka bagaimana menulissetiap bilangan bulat sebagai hasil perkalian dari bilangan prima. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah pendekatan pohon faktor yang dapat ditemukan secara online atau di CD matematika Esensial Pemberton.- Setelah menunjukkan, atau menampilkan presentasi, siswa diminta untuk berlatihmenggunakan metode untuk menulis nomor lain sebagai hasil perkalian daribilangan prima.- Kemudian meminta siswa untuk menemukan produk dari bilangan prima darinomor urut lain, misalnya 60, 450, 42, 315, tapi kali ini mereka dapat didoronguntuk mencari metode alternatif, misalnya dengan meneliti di internet.- Metode lain yang berguna adalah metode pembagian berulang.Penutup:Siswa merangkum pembelajaran dengan bimbingan guru tentang :- Bilangan asli- Bilangan bulat- Bilangan prima- Bilangan Persegi- Faktor prima- Kelipatan bilangan- Faktor persekutuan terbesar- Kelipatan persekutuan terkecilH. Penilaian Hasil Pembelajaran1. Perhatikan bilangan berikut ini: 5 6 7 8 9 10.Dari daftar bilangan tersebut, tentukan:a. Bilangan primab. Bilangan persegic. Sebuah faktor dari 55d. √36e. Bilangan kubik2. Tuliskan bilangan yang tepat pada setiap kotak berikut:a. 3 x = 21b. Setengah dari 25 =c. – 101 = 200d. 23 : 1000 =e. 7 + 10 : = 93. a. Tuliskan dua buah bilangan ganjil yang merupakan faktor dari 182b. Tentukan semua faktor prima dari 1824. Setahun lalu tinggi badan Ahmad 114 cm, sekarang tinggi badannya adalah 120cm. Tentukan faktor persekutuan dari tinggi badan Ahmad.5. a. Helga memikirkan sebuah bilangan, yang terdiri dari dua angka. Bilangan iniadalah faktor persekutuan dari 36 dan 48. Tuliskan bilangan yang dipikirkan olehHelgab. Maria memikirkan sebuah bilangan yang terdiri dari dua angka juga.37Bilangan ini merupakan kelipatan dari 15 dan 20. Tuliskan bilanganyang dipikirkan oleh Maria.6. a. Tuliskan faktor prima dari 90b. Tentukan kelipatan persekutuan terkecil dari 90 dan 105c. Tentukan kelipatan persekutuan terkecil dari 16, 36, dan 607. Faktor persekutuan terbesar (FPB) dari 48 dan 70 adalah …a. 2b. 16c. 30d. 2108. Bayu mempunyai beberapa bola, 24 merah, 48 biru, dan 56 hijau. Bola-bolatersebut akan dimasukkan ke dalam beberapa keranjang. Setiap keranjang berisiketiga jenis warna bola dengan jumlah yang sama. Jumlah keranjang terbanyakyang harus disediakan Bayu adalah …a. 2b. 6c. 8d. 249. Dio bermain bola setiap 6 hari sekali, Fahmi bermain bulu tangkis setiap 4 harisekali, dan Farrel bermain tenis meja setiap 12 hari sekali. Jika mereka bermainbersama pada hari Sabtu, mereka akan bermain bersama lagi pada hari …a. Seninb. Selasac. Kamisd. Jumat10. Bu Citra ingin membuat parsel buah dari 24 buah mangga, 40 buah apel, dan 72buah jeruk. Bu Citra ingin membuat parsel sebanyak-banyaknya dengan jumlahdan jenis buah yang sama di setiap keranjang. Dapatkah kamu membantumenghitung banyak keranjang yang dibutuhkan?11. Bu Ieke mendapat pesanan parsel untuk anak sekolah. Bu Ieke membeli 75 bolpoinseharga Rp60.000,00, 45 buku gambar seharga Rp72.000,00, dan 150 buku tulisseharga Rp225.000,00. Ketiga jenis barang tersebut akan dimasukkan ke dalamparsel. Setiap parsel berisi jenis dan jumlah sama. Parsel tersebut dijual denganharga Rp28.000,00 per parsel.a. Berapa banyak parsel yang dapat dibuat Bu Citra?b. Berapa rupiah keuntungan yang diperoleh Bu Citra?12. Ibu memiliki 28 kue keju dan 40 kue donat. Kue-kue tersebut akan dimasukkan kedalam kotak-kotak. Jika setiap kotak memuat jumlah kue keju dan kue donat dalamjumlah yang sama, berapa banyak kotak yang diperlukan ?13. Ibu Siska akan membagikan 27 kemeja dan 45 celana pendek kepada anak-anakyang membutuhkan. Setiap anak memperoleh jumlah kemeja dan celana pendekdalam jumlah yang sama.1. Berapa banyak anak yang memperoleh kemeja dan celana pendektersebut?2. Berapa banyak kemeja dan celana pendek yang diperoleh setiap anak?14. Seorang pedagang memiliki 42 permen rasa cokelat, 48 permen rasa jeruk, dan 60permen rasa mangga. Ia menginginkan setiap stoples memuat ketiga jenis permentersebut dalam jumlah yang sama.a. Berapa banyak stoples yang harus disediakan?b. Berapa banyak permen rasa cokelat, rasa jeruk, dan rasa manggadalam setiap stoplesnya?15. SMP “SUKA BELAJAR”” ingin mengadakan baksos dengan membagikan bahankebutuhan pokok. Bahan kebutuhan pokok itu terdiri dari beras, gula pasir, dantepung terigu. Sekolah sudah membeli beras sebanyak 10 ton; gula pasir 15 kuintal,dan tepung terigu sebanyak 25000 ons. Berapa Kupon baksos yang harus dicetaksupaya setiap penerima kupon mendapatkan gula pasir, beras, dan tepung terigusama banyak.16. Pak Made mendapat tugas ronda setiap 6 hari sekali, sedangkan Pak Janu setiap 8hari sekali. Adapun Pak Tono setiap 12 hari sekali. Tanggal 1 Juni 2012 merekabertiga tugas ronda bersama untuk kali pertama. Kapan mereka akan tugas rondasecara bersama untuk ketiga kalinya?Penyelesaian:1. a. 5,7 b. 9 c. 5 d. 6 e. 82. a. 7 b. 12,5 c. 301 d. 0,023 e.53. a. 7 dan 13 b. 2, 7, 134. 1 Tahun lalu, A 114 = 2 x 3 x 19Sekarang A 120 = 23 x 3 x 5Faktor Sekutu = 2 x 3 = 65. a. 36 = 22 x 32 ; 48 = 24 x 3 Faktor persekutuan = 22 x 3 = 12b. 15 = 3 x 5 ; 20 = 22 x 5 Faktor persekutuan = 22 x 3 x 5 = 606. a. Faktor prima dari 90 = 2, 3, dan 5b. Kelipatan persekutuan terkecil dari 90 dan 105 90 = 2 x 32 x 5;105 = 3 x 5 x 7;KPK = 2 x 32 x 5 x 7= 630c. Kelipatan persekutuan terkecil dari 16, 36, dan 60 16 = 24; 36 = 22 x 32;60 = 22 x 3 x 5 ;KPK = 24 x 32 x 5=7207. a ;8. c ;9. c ;10. 8 ;11. a. 15 ;b. (15 x 28000)- (60000+72000+225000)= 630003912. 28 = 22 x 740 = 23 x 5Jumlah kotak yang dibutuhkan 4 buah berisi 7 kue keju, dan 10 kue donat.13. 27 = 3345 = 32 x 5FPB = 32a. Banyak anak yang memperoleh kemeja dan celana pendek = 9 anakb. Banyak kemeja yang diperoleh setiap anak = 3 buahBanyak celana pendek yang diperoleh setiap anak = 5 buah14. 42 = 2 x 3 x 748 = 24 x 360 = 22 x 3 x 5FPB = 2 x 3 = 6a. Banyak stoples yang harus disediakan = 6 stoplesb. Banyak permen rasa cokelat = 7 buah ,banyak permen rasa jeruk = 8 buah, danbanyak permen rasa mangga = 10 buah dalam setiap stoplesnya15. 10.000 = 24 x 541.500 = 22 x 3 x 532.500 = 22 x 54FPB = 22 x 53 = 500Kupon baksos yang harus dicetak supaya setiap penerima kupon mendapatkangula pasir, beras, dan tepung terigu sama banyak = 500 kupon16. 6 = 2 x 38 = 2312 = 22 x 3KPK = 23 x 3Ronda I = 1 Juni 2012 ; Ronda II = 25 Juni 2012; Ronda III = 19 Juli 2012
Download RPP Matematika Kelas 7 8 9 K13 Tahun 2017 SMP/ MTs Terbaru+Silabus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar