Minggu, 12 November 2017

Contoh Soal Matematika HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS)

  Guru Kelas       Minggu, 12 November 2017
Contoh Soal Matematika HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS)
Contoh Soal Matematika HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) merupakan Keterampilan berpikir tingkat tinggi Mengingat, Memahami, Menerapkan, Menganalisis, Mengevaluasi, dan Mencipta.Urutan tingkatan berpikir (kognitif) dari tingkat rendah ke tinggi. Pada ranah kognitifnya, HOTS berada pada level analisis, sintesis dan evaluasi. HOTS pertama kali dimunculkan pada tahun 1990 dan direvisi tahun 1990 agar lebih relevan digunakan oleh dunia pendidikan abad ke-21. HOTS versi lama berupa kata benda yaitu: Pengetahuan, Pemahaman, Terapan, Analisis, Sintesis, Evaluasi. 

Berpikir adalah aktifitas mencurahkan daya pikir untuk maksud tertentu. Berpikir adalah identitas yang memisahkan status kemanusiaan manusia dengan lainnya. Karenanya sejauhmana manusia pantas disebut manusia dapat dibedakan dengan sejauhmana pula ia menggunakan pikirannya.

Adapun karakteristik-karakteristik dari HOTS:

  • Evaluasi dengan kriteria
  • Menunjukkan skeptisme
  • Keputusan yang menggantung
  • Menggunakan analisa logis
  • Sistematis
Soal HOTS pada mata pelajaran matematika dapat di buat seperti Pilihan ganda, Menjodohkan, Isian singkat, Esai, Unjuk kerja dan Portofolio. 
Nah pada kesempatan ini Admin Akses Guru akan membagikan Contoh Soal Matematika HOTS sebagai bahan referensi bagi Anda dalam membuat soal yang sama dengan baik dan benar atau soal ini pun dapat Anda jadikan sebagai bahan latihan bagi siswa.

Soal Matematika HOTS

Berikut Admin gambarkan salah satu soal HOTS Matematika, dan untuk lebih lengkap mengenai soal tersebut Bapak dan Ibu dapat mendownloadnya secara lengkap pada akhir artikel ini.

Kompetensi Dasar:
3.8 Memprediksi pola barisan dan deret aritmetika dan geometri atau barisan lainnya melalui pengamatan dan memberikan alasannya.
Materi : Pola Barisan
Indikator: Diberikan data barisan tempat duduk dalam suatu ruangan pertunjukan yang terdiri dari 6 baris dan harga tiket:
(1)  menentukan banyaknya tempat duduk yang tersedia, jika diketahui banyaknya kursi pada empat baris pertama, di mana selisih banyaknya tempat duduk antara 2 baris yang berurutan adalah berbeda-beda
(2) menentukan harga tiket untuk suatu baris tertentu, jika diketahui pemasukan total yang diinginkan dari penjualan seluruh tiket.
Soal:
OSIS suatu sekolah mengadakan pentas seni untuk amal yang terbuka untuk masyarakat umum. Hasil penjualan tiket acara tersebut akan disumbangkan untuk korban bencana alam. Panitia memilih tempat berupa gedung pertunjukan yang tempat duduk penontonnya berbentuk sektor lingkaran terdiri dari enam baris.

Banyaknya kursi penonton pada masing-masing baris membentuk pola barisan tertentu.
1) Jika pada baris pertama terdapat 25 kursi, baris kedua 35 kursi, baris ketiga 50 kursi,  baris keempat 70 kursi, dan seterusnya. Tentukanlah banyaknya seluruh tempat duduk pada gedung pertunjukan itu.
Tuliskanlah langkah penyelesaiannya.
2) Apabila harga tiket baris pertama adalah paling mahal dan selisih harga tiket antara dua baris yang berdekatan adalah Rp10.000,00, dengan asumsi seluruh kursi penonton terisi penuh,tentukanlah harga tiket yang paling murah agar panitia memperoleh pemasukan sebesar Rp22.500.000,00
Tuliskanlah langkah penyelesaiannya.
Jawab:
Baris:  1 2 3 4 5 6
Kursi:  25____35____50____70___95____125
Selisih:         10          15       20         25         30
(1) Kapasitas total = 25 + 35 + 50 +70 + 95 + 125
                                = 400 tempat duduk
(2) Misal:
tiket termurah = x (dalam ribuan)
125x + 95 (x + 10) + 70 (x + 20) + 50 (x + 30) + 35 (x + 40) + 25 (x + 50) = 22.500
                    400x + 950 + 1.400 + 1.500 + 1.400 + 1.250 = 22.500
                                           400x + 6.500 =22.500
                                              400x          = 16.000
                                              x         =        40
Jadi, harga tiket termurah adalah: Rp40.000,00
Penskoran:
Langkah benar, hasil akhir benar, kode = 2
Langkah benar, hasil akhir salah, kode = 1
Menjawab salah dengan langkah dan tanpa langkah, kode = 0
Tidak menjawab, kode = 9
Itulah sekilas gambaran yang dapat Admin Akses Guru sampaikan pada kesempatan artikel ini mengenai Soal HOTS, dan untuk lebih lengkap dan jelas mengenai soal yang lainnya Bapak dan Ibu dapat mendownloadnya pada link di bawah ini.
logoblog
Klik Bagikan sebelum Download

Thanks for reading Contoh Soal Matematika HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS), Silahkan Share dulu sebelum Anda Download file lengkapnya di bawah ini!

SILAHKAN SHARE/BAGIKAN DAHULU SEBELUM MENDOWNLOAD FILE LENGKAPNYA DI BAWAH INI !
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar