Rabu, 30 Agustus 2017

RPP IPA Kelas 7 (VII) Kurikulum 2013 Revisi 2016 Semester 1 dan 2

  Guru Kelas       Rabu, 30 Agustus 2017
Download RPP Prota Promes SKL KI KD dan Silabus IPA Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Semester 1 dan 2 merupakan perangkat pembelajaran yang harus di miliki dan di buat oleh setiap Guru. Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.

Selanjutnya menurut Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, tahapan pertama dalam pembelajaran menurut standar proses adalah perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan peyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu mengacu pada silabus. Setiap pendidik pada suatu pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema dan dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
Baca Juga
RPP IPA Kelas 7 (VII) Kurikulum 2013 Revisi 2016 Semester 1 dan 2

Contoh RPP IPA Kelas 7 Kurikulum 2013

Satuan Pendidikan  SMP Negeri 1 Bakongan
Mata Pelajaran  IPA 
Kelas/Semester  VII / 1 
Topik                  :  Objek IPA dan Pengamatannya
Sub Topik          :  Pengukuran 
Alokasi Waktu  1 x 5 Jam Pelajaran

A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. KOMPETENSI DASAR 
3.1. Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran.

INDIKATOR
3.1.1.   Menggunakan Satuan Internasional sesuai dengan besaran yang diukur dalam pengukuran
     dengan   Ketelitian (carefulness).
3.1.2.    Mengkonversi satuan panjang, massa dan waktu terhadap hasil pengukuran
4.1. Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan
  lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku.   

 INDIKATOR 
4.1.1.   Memecahkan masalah yang berkaitan dengan besaran pokok dan besaran turunan 
dalam kehidupan sehari-hari.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN 
1. Melalui kajian LKS, siswa dapat mengidentifikasi alat-alat ukur panjang dan masssa benda untuk percobaan pengukuran besaran dasar 
2. Siswa dapat Mengembangkan keterampilan mengukur besaran dasar (panjang dan masssa benda)
3. Siswa dapat menjelaskan melalui diskusi data hasil percobaan
4. Siswa dapat menjelaskan pemanfaatan pengukuran dalam kehidupan sehari-hari melalui diskusi kelompok
5. Mengembangkan perilaku rasa ingin tahu, teliti, jujur, tekun, tanggung jawab, saling menghargai pendapat melalui kegiatan praktikum dan diskusi kelompok

D. MATERI 
Besaran berdasarkan cara memperolehnya dapat dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu :
1. Besaran Fisika yaitu besaran yang diperoleh dari pengukuran. Karena diperoleh dari pengukuran maka harus ada alat ukurnya. Sebagai contoh adalah massa. Massa merupakan besaran fisika karena massa dapat diukur dengan menggunakan neraca.
2. Besaran non Fisika yaitu besaran yang diperoleh dari penghitungan. Dalam hal ini tidak diperlukan alat ukur tetapi alat hitung sebagai misal kalkulator. Contoh besaran non fisika adalah Jumlah. 

Besaran Fisika sendiri dibagi menjadi 2
1. Besaran Pokok adalah besaran yang ditentukan lebih dulu berdasarkan kesepatan para ahli fisika. Besaran pokok yang paling umum ada 7 macam yaitu Panjang (m), Massa (kg), Waktu (s), Suhu (K), Kuat Arus Listrik (A), Intensitas Cahaya (cd), dan Jumlah Zat (mol). Besaran pokok mempunyai ciri khusus antara lain diperoleh dari pengukuran langsung, mempunyai satu satuan (tidak satuan ganda), dan ditetapkan terlebih dahulu.
2. Besaran Turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok. Besaran ini ada banyak macamnya sebagai contoh gaya (N) diturunkan dari besaran pokok massa, panjang dan waktu. Volume (meter kubik) diturunkan dari besaran pokok panjang, dan lain-lain. Besaran turunan mempunyai ciri khusus antara lain : diperoleh dari pengukuran langsung dan tidak langsung, mempunyai satuan lebih dari satu dan diturunkan dari besaran pokok.
Saat membahas bab Besaran dan Satuan maka kita tidak akan lepas dari satu kegiatan yaitu pengukuran. Pengukuran merupakan kegiatan membandingkan suatu besaran dengan besaran sejenis yang ditetapkan sebagai satuan.
Besaran adalah sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka. Pengukuran adalah membandingkan suatu besaran dengan satuan yang dijadikan sebagai patokan. Dalam fisika pengukuran merupakan sesuatu yang sangat vital. Suatu pengamatan terhadap besaran fisis harus melalui pengukuran. Pengukuran-pengukuran yang sangat teliti diperlukan dalam fisika, agar gejala-gejala peristiwa yang akan terjadi dapat diprediksi dengan kuat.
       
E. PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN 
1. Pendekatan : Scientific 
2. Metode : Diskusi dan Eksperimen 
3. Model : Discovery and Cooperative Learning

Lebih lengkap dan jelas mengenai RPP IPA Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 7 silahkan untuk langsung saja Bapak dan Ibu mendownlaod filenya yang telah di sediakan dibawah ini sesuai dengan kebutuhannya mengenai Topik dan Sub topik pada link berikut.

Download RPP IPA SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 7 (VII) Semester 1

RPP IPA Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 7 (VII) Semester 1 Ke-1.doc
RPP IPA Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 7 (VII) Semester 1 Ke-2.docx
RPP IPA Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 7 (VII) Semester 1 Ke-3.docx
RPP IPA Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 7 (VII) Semester 1 Ke-4.doc
RPP IPA Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 7 (VII) Semester 1 Ke-6.docx
RPP IPA Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 7 (VII) Semester 1 Ke-7.docx
RPP IPA Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 7 (VII) Semester 1 Ke-8.docx
RPP IPA Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 7 (VII) Semester 1 Ke-9.docx
RPP IPA Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 7 (VII) Semester 1 Ke-5.docx
RPP IPA Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 7 (VII) Semester 1 Ke-10.docx
RPP IPA Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 7 (VII) Semester 1 Ke-11.docx
RPP IPA Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 7 (VII) Semester 1 Ke-12.doc
RPP IPA Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 7 (VII) Semester 1 Ke-13.docx
RPP IPA Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 7 (VII) Semester 1 Ke-14.docx
RPP IPA Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 7 (VII) Semester 1 Ke-15.docx

Download RPP IPA SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 7 (VII) Semester 2

RPP IPA Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 7 (VII) Semester 2 Ke-1.doc
RPP IPA Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 7 (VII) Semester 2 Ke-2.doc
RPP IPA Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 7 (VII) Semester 2 Ke-3.docx
RPP IPA Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 7 (VII) Semester 2 Ke-4.doc
RPP IPA Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 7 (VII) Semester 2 Ke-5.docx
RPP IPA Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 7 (VII) Semester 2 Ke-6.doc
logoblog
Klik Bagikan sebelum Download

Thanks for reading RPP IPA Kelas 7 (VII) Kurikulum 2013 Revisi 2016 Semester 1 dan 2, Silahkan Share dulu sebelum Anda Download file lengkapnya di bawah ini!

SILAHKAN SHARE/BAGIKAN DAHULU SEBELUM MENDOWNLOAD FILE LENGKAPNYA DI BAWAH INI !
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar