Selasa, 17 Oktober 2017

Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Bahasa Inggris Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Tahun 2017

  Guru Kelas       Selasa, 17 Oktober 2017
Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Bahasa Inggris Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Tahun 2017
Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Bahasa Inggris Kelas 7 8 9 (VII, VIII dan IX) Kurikulum 2013 Tahun 2017 merupakan bagikan Perangkat/ Program pembelajaran yang harus di miliki dan di siapkan oleh seorang Guru yang akan melaksankan kegiatan pembelajaran K13. Dalam pembuat RPP seorang Guru harus membuatnya secara sistematis sehingga perkiraan atau proyeksi mengenai tindakan apa yang akan dilakukan pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran. RPP mengambarkan prosedur dan pengoraginasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan telah dijabarkan dalam silabus.dengan tujuan untuk memberikan landasan pokok bagi guru dan siswa dalam mencapai kompetensi dasar dan indikator, memberi gambaran mengenai acuan kerja jangka pendek, karena disusun dengan menggunakan pendekatan sistem, memberi pengaruh terhadap pengembangan individu siswa, karena dirancang secara matang sebelum pembelajaran, berakibat terhadap nurturant effect.

Maka dari itu dalam pembuat RPP K13 Bahasa Inggris Kelas 7 8 9 Revisi Tahun 2017 Bapak dan Ibu haruslah memahami apa saja ketentuan terbaru dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran yang baik dan benar. Maka dari itu berikut akan Admin bagikan Contoh RPP Bahasa Inggris Kelas VII, VIII dan IX kurikulum 2013 Tahun 2017.
Baca Juga

RPP Bahasa Inggris Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Tahun 2017

Berikut gambaran sekilas untuk RPP Bahasa Inggris Kelas 7 K13 Tahun 2017.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah SMP ....
Mata pelajaran BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester VII/ 2
Materi Pokok Teks Deskriptif
Alokasi Waktu 10 X 40 MENIT (5 Pertemuan @ 40’)
a. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
3.7 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda, sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.7. Teks Deskriptif
4.7.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda
4.7.2 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
Indikator Pencapaian Kompetensi
Siswa dapat mengomunikasikan secara terintegrasi lisan dan tulis tentang deskripsi orang (termasuk diri sendiri), tokoh, untuk tujuan membanggakan/mempromosikan/mengenalkan/mengambil teladan, secara kontekstual, terkait ketiga aspek teks berikut ini:
Fungsi Sosial
Menentukan (menyebutkan/memilih) secara lisan dan tulis:
- tujuan dari beberapa teks pendek dan sederhana tentang orang/ tokoh yang berbeda,
- fokus yang dibicarakan dalam masing-masing deskripsi,
- pembaca yang akan tertarik membaca masing-masing deskripsi,
- manfaat yang dapat dipetik dari masing-masing deskripsi.
Struktur teks
menentukan (menyebutkan/menyalin/membacakan) secara lisan dan tulis:
- nama orang/tokoh, pekerjaan/jabatan/perannya, serta orang-orang lain yang terkait serta pekerjaan/jabatan/perannya,
- karakteristik fisik/psikis/personal lainnya dari masing-masing orang/tokoh,
- kebiasaan/pekerjaan/kegiatan rutin/tertentu yang menjadi penciri masing-masing orang/tokoh,
- aspek lain yang dipaparkan untuk mendeskripsikan masing-masing orang/tokoh
Unsur kebahasaan
menentukan (menyebutkan/menyalin/membacakan) secara lisan dan tulis unsur-unsur kebahasaan yang mendukung cara pendeskripsian orang/tokoh:
- makna kata dan ungkapan tertentu (verba, nomina, adjectiva, adverbia, frasa),
- tata bahasa (kalimat, klausa, verba, nomina, konjungsi, dll.),
- ucapan, tekanan kata, dan intonasi yang benar,
- ejaan dan tanda baca yang benar,
- tulisan tangan yang rapih dan benar.
b. Tujuan Pembelajaran
Melalui serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa dapat mengomunikasikan secara terintegrasi lisan dan tulis tentang deskripsi orang (termasuk diri sendiri) dan tokoh, untuk tujuan membanggakan/mempromosikan/ mengenalkan/mengambil teladan, secara kontekstual dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat.
c. Materi Pembelajaran
Beberapa teks deskriptif tentang orang/tokoh yang berbeda, dalam tiga aspek teks berikut ini, secara kontekstual, terintegrasi secara lisan dan tulis:
Fungsi sosial
Tindakan komunikatif menentukan (menyebutkan/memilih):
- tujuan dari beberapa teks pendek dan sederhana tentang orang/ tokoh yang
berbeda,
- fokus yang dibicarakan dalam masing-masing deskripsi,
- pembaca yang akan tertarik membaca masing-masing deskripsi,
- manfaat yang dapat dipetik dari masing-masing deskripsi.
Struktur teks
Tindakan komunikatif menentukan (menyebutkan/memilih):
- nama orang/tokoh, pekerjaan/jabatan/perannya, serta orang-orang lain yang terkait serta pekerjaan/jabatan/perannya,
- karakteristik fisik/psikis/personal lainnya dari masing-masing orang/tokoh,
- kebiasaan/pekerjaan/kegiatan rutin/tertentu yang menjadi penciri masing-masing orang/tokoh,
- aspek lain yang dipaparkan untuk mendeskripsikan masing-masing orang/tokoh
Unsur kebahasaan
Tindakan menggunakan unsur-unsur kebahasaan dalam melaksanakan tindakantindakan komunikatif tersebut di atas:
- makna kata dan ungkapan tertentu (verba, nomina, adjectiva, adverbia, frasa),
- tata bahasa (kalimat, klausa, verba, nomina, konjungsi, dll.),
- ucapan, tekanan kata, dan intonasi yang benar,
- ejaan dan tanda baca yang benar,
- tulisan tangan yang rapih dan benar
d. Metode Pembelajaran
5 M (Mengamati, Menanya, Mengumpulkan informasi, Mengasosiasi dan
Mengomunikasikan)
e. Media/alat dan Bahan
Media/Alat : Video, laptop, LCD, realia, gambar
Teks: autentik atau mendekati autentik
f. Sumber Belajar
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Bahasa Inggris, When English Rings The Bell, SMP/Mts Kelas VII, hal 146 sd 163, dan sumber lain yang sesuai
g. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama: (2JP)
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup
2. Pertemuan kedua: (2 JP)
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup
3. Pertemuan ketiga: (2 JP)
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup
4. Pertemuan keempat: (2 JP)
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup
5. Pertemuan kelima: (2 JP)

  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup
Demikian yang dapat Admin tuliskan untuk Contoh RPP Bahasa Inggris Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Tahun 2017 lebih lengkap mengenai RPP tersebut dan RPP lainnya, Bapak dan Ibu dapat mendownloadnya secara lengkap pada link yang telah Admin sediakan untuk semuat kelas SMP/ MTs di bawah ini.
logoblog
Klik Bagikan sebelum Download

Thanks for reading Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Bahasa Inggris Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Tahun 2017, Silahkan Share dulu sebelum Anda Download file lengkapnya di bawah ini!

SILAHKAN SHARE/BAGIKAN DAHULU SEBELUM MENDOWNLOAD FILE LENGKAPNYA DI BAWAH INI !
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar